TikTok sebagai Media Komunikasi dan Edukasi dalam Upaya Pelestarian Lingkungan di Kalangan Anak Muda

Studi dalam Akun Tiktok @pandawara_group

Authors

  • Nurul Khairunnisa Rustam Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-hikmah.v4i1.1732

Keywords:

TikTok, Education, Persuasive Communication

Abstract

The results of this research show that in educating TikTok social media users, @pandawara_group uses persuasive communication models, including association techniques, integrity techniques, and organization techniques. This research shows three indicators of Pandawara's success in carrying out the persuasive communication process, including credibility, identification and similarity. The theory used in examining netizen responses to this account uses the Strong Impact theory. The form of response given by netizens shows support, requests, constructive questions, and the emergence of accounts similar to the @pandawara_group account.
The implication of this research, namely the understanding that TikTok is only for entertainment, can be refuted by this research which shows concrete facts about TikTok as a medium of communication and education

References

Abdhul, Yusuf. “Pengertian Edukasi adalah: Macam dan Contoh”, https://deepublishstore.com/.

Agustina, Anita. “Perspektif Hadis Nabi Saw. Mengenai Kebersihan Lingkungan,” Penelitian Ilmu Ushuluddin 1, no. 2 (2021): h. 100

Amira, Dhia. Arti Edukasi: Pengertian Secara Umu Hingga Menurut Para Ahli, beserta Jenis dan Manfaatnya, https://plus.kapanlagi.com/.

Ardan, Farrel. “Pengertian, Jenis-Jenis, serta Fungsi Media”, https://mediaindonesia.com/.

Aza, “Ini Dia 3 Indikator Keberhasilan Komunikasi Persuasif,” Humas Indonesia. 19 Mei 2023. https://www.humasindonesia.id/.

Azizah, Ainul. “Studi Kepustakaan mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Naratif,” Mahasiswa (2017): 3.

Basarah, Finy Fitrya. “Studi Tanda atas Makna Pelestarian Lingkungan sebagai Isu Utama Konten Kreatif Media Sosial,” Communication 10, no. 2 (2019): h. 206

Chairunisa, Media: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Manfaatnya, https://dailysocial.id/.

Farisatuddiniyah, Thamia. “Pahami Apa itu Media Komunikasi untuk Memperlancar Bisnis Anda”, https://www.hashmicro.com/. di akses pada 31 Oktober 2022

Farrel dan Kenny, Normalitas Baru Bersama Covid-19. Semarang: Jl. Pawiyatan, 2020.

Husin, Alfiansyah. “Komunikasi Persuasif (Dakwah Quraish Shihab dalam Channel Youtube Najwa Shihab),” Mukammil 5, no. 1 (2022): h. 52

Ilyas, Muhtarom. “Lingkungan Hidup dalam Pandangan Islam,” Sosial Humaniora 1, no. 2 (2008): h. 155

Izza. “Pengertian Konten dan Jenisnya untuk Media Sosial Bisnis Anda”, BIGEVO. 28 April 2022. https://bigevo.com/blog/detail/konten. Di akses tgl 9 Juli 2024

Kristina, “Istilah Kerusakan yang Disebut dalam Surat Ar-Rum ayat 41” detikHikmah. 5 Oktober 2023. https://www.detik.com/hikmah/khazanah/ .

Kusumawati, Tri Indah. “Komunikasi Verbal dan Nonverbal,” Al-Irsyad 6, No. 2 (2016): h. 84

Latifah, Widiana dan Nani Nurani Muksin, “Konstribusi Metode Coaching dalam Komunikasi Persuasif Pegawai di RSUD R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi,” Sebatik (2020): h. 215

Liliweri, Alo. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana, 2011.

Mardatila, Ani. Pengertian Pelestarian Lingkungan Beserta Tujuannya, https://www.merdeka.com/.

Mirawati, Ira. “Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif pada Penelitian E-Commerce di Era Digital,” Medium 9, no. 1 (2021): h. 66

Moleong dan Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Mubarok, Andika. “Kelestarian Lingkungan dalam Al-Qur’an: Analisis Pemikiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah,” Hikmah 19, no. 2 (2022): h. 233

Muhammad, Fahmi Fauzy. “Profil dan Awal Terbentuknya Pandawara Group”, detikjabar. 7 Oktober 2023. https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/. Diakses tgl 1 Juli 2024

Nasution, Nur Shadrina dkk, “Edukasi Pencegahan Covid-19 dalam Media Sosial: Gambaran Konten Video TikTok,” Kesehatan Masyarakat 9, no. 2 (2021): h. 180

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa. Depok: Rajawali Pers, 2019.

Oktavia, Wahyu dan Diyan Zuliyandari, “Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual dalam Naskah Drama Bunga Rumah Makan Karya Utuy Tatang Sontani,” Lingua 15, no. 2 (2019): 226.

Pangerang, Dewi Utami Putri. “Bahasan Kiasan dalam Puisi – Puisi Karya Robert Burns,” Fakultas Ilmu Budaya Manado, (2017): h. 2

Prasetyo, Donny dan Irwansyah, “Memahami Masyarakat dan Perspektifnya,” JMPIS 1, no. 1 (2020): h. 164

Putri, Vanya Karunia Mulia. “Komunikasi Massa: Pengertian menurut Para Ahli dan Cirinya”, https://www.kompas.com/. di akses pada 4 Desember 2021

Putri, Vanya Karunia Mulia. “Komunikasi Massa: Pengertian menurut Para Ahli dan Cirinya,” Kompas. 4 Desember 2021. https://www.kompas.com/. Diakses pada tgl 9 Juli 2024

Rakhmawati, Istina. “Perkembangan Media sebagai Sarana Dakwah,” At-Tabsyir 4, no. 1 (2016): h. 53

Rasdin, Rafika, dkk, “Fenomena TikTok sebagai Media Komunikasi Edukasi,” Riksa Bahasa 15, no. 27 (2021): h. 229

Rizaty, Monavia Ayu. “Per April 2023, Pengguna TikTok Indonesia Terbanyak Kedua Dunia”, https://dataindonesia.id/.

Sa’ban, Azhar dkk, “Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan,” Dinamisia 5, no. 1 (2021): h. 10

Saputra, Meidi. “Pembinaan Kesadaran Lingkungan melalui Habituasi Berbasis Media Sosial Guna Menumbuhkan Kebajikan Moral terhadap Pelestarian Lingkungan,” Moral Kemasyarakatan 2, no. 1 (2017): h. 15

Shoelhi, Mohammad. Komunikasi Internasional Perspektif Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009.

Subiakto, Henry dan Rachmah Ida, Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta: Kencana, 2014.

Tamara, Riana Monalisa. “Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur,” Gea 16, no. 1 (2016): h. 44

Utomo, Gigin W. “Profil Bisnis TikTok: Sejarah, Data Pengguna, dan Sumber Pendapatan”, https://swa.co.id/.

Valentina, Elvi dan Wulan Purnama Sari, “Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Langends : Bang Bang,” Koneksi 2, no. 2 (2018): h. 305

Vivian, John. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana, 2008.

Wahid, Abdul dan Halilurrahman, “Keluarga Institusi Awal dalam Membentuk Masyarakat Berperadaban,” Bawean 5, no. 1 (2019): h. 107

Webmaster, Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Masyarakat, https://dlh.semarangkota.go.id/.

Zain, Nisful Laily. “Strategi Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Nomosleca 3, no. 2 (2017): h. 598

Zulmi, Febrina. “Keberpihakan Media terhadap Isu Pelestarian Lingkungan Hidup,” Kata 1, no. 11 (2017): h. 101

Downloads

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles