Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47945/at-thariqah.v5i2.2344Keywords:
Competence, Work Environment, Employee PerformanceAbstract
This study aims to analyze the influence of competency and work environment on employee performance at the Ministry of Religious Affairs Office in Sorong City. This study employed a quantitative approach with an associative approach. The population comprised all 75 employees at the Ministry of Religious Affairs Office in Sorong City. The sampling technique used purposive sampling, with 65 respondents. Data collection was conducted through observation, questionnaires, and documentation. Data analysis was performed using SPSS version 27, using validity and reliability tests, multiple linear regression, t-tests, F-tests, and determination (R²) tests. The results indicate that competency variables partially have a positive and significant effect on employee performance, and that work environment variables also have a positive and significant effect on employee performance. Simultaneously, these two variables significantly contribute to improving employee performance at the Ministry of Religious Affairs Office in Sorong City. These findings emphasize the importance of improving competency and creating a conducive work environment in encouraging optimal employee performance.
References
Aprileny, I. I. I, & Jayanti A. E. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Rumah Di Grand Nusa Indah Blok J, Cileungsi Pada Pt. Kentanix Supra Internasional), Jurnal Ikraith-Ekonomika 3(4). 247
Apriliana & Sukaris, (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara, Jurnal Maneksi 11(2). 500
Aryani, E., et al., (2022). Analisis Perkembangan Coffe Shop Sebagai Salah Satu Peranan UMKM Di Kota Metro (Study Kasus Pada Coffe Shop Janji Jiwa Dan Coffe Et Bien). Jurnal Akuntansi 3(2) 140.
Azizah, N. F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di AR Coffe Beverage, Skripsi. Semarang: Prodi Ekonomi Syariah. 6.
Basuki, Agus Tri, “Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi Spss & Eviews, (Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2016)
Daud, Z. U. (208). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi TerhadapKeputusan Pembelian Rumah Pada Green Avian Birem Puntong Langsa Baro”, Jurnal Manajemen dan Keuangan 7(2). 176
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi dan Analisis Data Dengan SPSS, Cet. 1; Yogyakarta: Penerbit Depublish. 6
Effendi & Singarimbun, (1989), dari Anastasia (1974), h.100-1004, dikutip dalam Prof Ma’ruf Abdullah, “Metode Penelitian Kuantitatif”, (Cet I; Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015), h. 258
Fadillah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Dealer Yamaha Suryanata Amuntai. Jurnal Inovatif 5( 2). 2
Faruq, M. l. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, itra Merek, Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café 67 Kecamatan Kencong Kabupaten Jember Journal of Business, Management and Accounting 4(1). 108.
Fathoni, A. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Terhadap Tingkat Penjualan Usaha Jasa Mikro Di Kabupaten Lamongan”, Jurnal Ilmu Penelitian Manajemen 1(1). 24
Firdaus, Fachri, dkk., (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. 25
Gunarsih, C. M., et al. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang, Jurnal Productivity 2(1). 70
Hajjar, S., et al., (2022). Pengaruh Marketing Mix Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Percetakan {aberta Jaya Padang, Jurnal Matua 5(1). 64.
Hamidah, N. S. & Reihan J. H. (2023). Peran Sosial Media Atas Pelaku Komunitif Bagi Ibu Rumah Tangga di Desa Lebaksari Kecamatan Parakan Salak. Jurnal Riset Ilmiah 2(3), , 685
Hardiansyah, F., et al. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis 3(1). 92
Hendryani & Suryani (2019). Metode Riset Kuantitaif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam, Cet. 1; Jakarta Pranada Media Group. 131
Hernita, N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Haga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PT Rudi Karya Stone Majalengka), Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi 5(2). 155



