Pengaruh Nilai Taksiran, Promosi, dan Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Barang Gadai Emas (Rahn) dan Pelayanan pada Bank Syariah Mandiri

Authors

  • Ilham Ilham Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47945/at-thariqah.v1i1.299

Keywords:

estimated value, promotion, ijarah, customer decision, pawning

Abstract

This research is a descriptive quantitative study. Primary data is obtained through data collection in the form of questionnaires that have been distributed to related informants. The respondents of this study were 30 customers who were going to and were already using Sharia pawning services at Bank Syariah Mandiri KC Makassar using purposive sampling technique. And analysis using SPSS.23 with multiple linear regression analysis tools. The research result obtained is the value of estimation and ijarah which has no effect on customer decisions. However, promotion of customer decisions has a positive effect on using gold pawning (Rahn) at Bank Syariah Mandiri KC Makassar.

References

Maimunah. (2018). Pengaruh Nilai Taksiran, Promosi, dan Pelayanan Pegadaian Terhadap Pengembalian Pembiayaan Barang Gadai Emas di Unit Semarang, Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Univ Islam Negeri Walisongo Semarang.

Semawati dan Asmarani. (2017). Urgensi Nilai Taksiran Terhadap Motivasi Nasabah Dalam Transaksi Gadai Emas. Jurnal Ilmilah Al Tsarwah.

Damanhur. (2014) Pengaruh niai taksiran dan pinjaman terhadap laba bersih pada perum pegadaian syariah kota Lhoukseumauwe. Jurnal aplikasi manajemen, No 2 Vol 4.

Iqtishodia. (2018). Pengaruh Nilai Taksir, Biaya Biaya , dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah di Pegadaian Syariah Unit Bunul Kota Malang. Jurnal Ekonomi Syariah, Vol 3 No.3.

Siti hadijah. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan jasa pegadaian syariah kantor cabang pegadaian syariah Denpasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol 15 No. 1.

Zahara Dan Mutia. (2016). Pengaruh Nilai Taksir Terhadap Jumlah Pembiayaan Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Jambi Tahun 2014-2016. Jurnal IJIEB. Vol.1, No 1.

Afriana, Arifah. (2016). Pengaruh Nilai Taksiran Dan Biaya Ijarah Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Abdullah Dg Sirua Makassa, Skripsi UIN Alauddin Makassar.

R. Rama Riyan Jazulia. (2018). Analisis Dampak Nilai Taksir, Biaya Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah (Studi Kasus di Pegadaian Syariah Unit Bunul Kota Malang), Jurnal Ekonomi Syariah. Vol. 3 No.2.

Nurmah Ashari. (2018). Pengaruh Lokasi, promosi dan harga terhadap keputusan nasabah dalam pembiayaan barang gadai emas. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam, Univ Islam Negeri.

Jamaluddin Ritonga ,http://www.annursolo.com/hukum-seputar-sewa-menyewa-ijarah/ (diakses pada hari senin, 11 Mei 2020 pukul 13.20 WITA).

Manshur bin Yusus. Syarah muntahi al-iradat. Madinah, Maktabah, Salafiyah, tt. vol 2.

Fatwa Dewan Syariah Nasional No.26/ DSN-MUI/III/2002 tentang Rahn Emas.

Mananeka Oroh. (2018). Pengaruh citra, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembiayaan Barang Gadai Emas. Jurnal Ekonomi. Vol. 12. No. 2.

Emba. (2013). Promotion Dan Kualitas Pelayanan. Jakarta: Rajawali Pers.

Afzahur Rahman. (2017). Kualitas Gadai Emas dan Ijrah. Jurnal Ekonomi. Vol 9, No. 2.

Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI nomor 09/DSN-MUI/VI/2000 Tentang pembiayaan Ijarah.

Angga Ekadhesti. (2017). Keputusan Nasabah dalam pembiayaan Gadai emas, promosi. Jurnal Ekonomi. Vol. 12, No. 2.

Adrian Sutedi. (2011). Hukum Gadai Syariah. Jakarta. Alfabeta.

Anshori. (2011). Gadai dalam Perbankan Syariah. Jakarta. Jakarta Pers.

Downloads

Published

2021-05-04