PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PENERAPAN KOSAKATA BAHASA ARAB

Authors

  • Baso Hilmy STAI Al-Gazali Soppeng

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v7i2.1494

Keywords:

Media Quizizz, Vocabulary

Abstract

Technological advances currently in the industry 4.0 era require educators to be more active and creative in choosing learning media. This research aims to describe the use of quizizz as an alternative media in applying Arabic vocabulary. This research was carried out using a qualitative descriptive approach through the literature study method.  The research results show that quizizz is a very easy, effective and interesting medium to use in online-based Arabic language evaluation and learning activities. This application can be implemented directly or as an assignment. The features available in this application can be used for Arabic language evaluation and learning activities, such as applying Arabic vocabulary. This research contributes to the development of Arabic language learning media, especially in Madrasas and religious universities. 

References

Albantani, Azkia Muharom, “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelaja-ran

Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah,” Arabiyat: Jurnal Pendidikan Ba-hasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, No. 2, 2015

Amany, A. 2020. Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol. 2 (2): 1-11.

Arief, S. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2019)

Dewi, H. 2019. “Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika Berbantuan Evaluasi Quizizz di Sekolah Bersistem Kredit Semester”. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1298-1313.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hamid, Abdul. dkk., (2008). Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Cet. 1; Malang: UIN Malang Press.

Irwan. 2019. Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia: Jurnal Pendidikan 1.8.

Kusuma, Yoselia Alvi. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring (Online) Fisika Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X MIPA Di SMA Masehi Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020.” Sanata Dharma University, 2020.

Luqman, Hakim Muhammad. dkk., (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIIII SMP IT al-Huda Wonogiri, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Geotik.

Muhammad Dwi Triyono, Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kampung Arab Kebumen, 2017. http://digilib.uin-suka.ac.id/28950/1/1520411065_BAB-I_IVatau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2021.

Nanda, Siti Reski, Nurdevi Bte Abdul, and Herlina Daddi. “The Use Of Quizizz Application In Improving Students’ Reading Comprehension Skill At SMKN 3 Takalar.” An Experimental Research 1, no. 2 (2018).

Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. 2(1), 12.

Purba, L.S.L. 2019. Pengingkatan Konsentrasi Belajar mahapeserta Didik Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Fisika Kimia I. Journal of Dinamika Pendidikan. Vol. 12 (1).

Pujiasih, E. 2020. Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Cocid-19. Jurnal of Karya Ilmiah Guru. Vol. 5 (1).

Sa`diyah, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Maha-siswa Melalui Grup Whatsapp. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 149. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.119

Salsabila, Unik Hanifah, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah, Nur Asih Istiqomah, and Salsabila Difany. “Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Di-tengah Pandemi Pada Siswa SMA.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi| JIITUJ| 4, no. 2 (2020): 163–73.

Sarwono, Jonathan. Mixed Methods Cara Menggabung Riset Kuantitatif Dan Riset. Elex Me-dia Komputindo, 2013.

Sherly, Ferlinna Vera. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Diam dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS Ma’arif Mandiraja Banjarnegara Jawa Tenggah Tahun Ajaran 2014/2015, skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Suharsono, A, 2020. Pembelajaran Daring Latsar CPNS From Home dalam Masa Pan-demiCovid-19. SAP: Susunan Artikel Pendidikan. Vol. 5 (1).

Downloads

Published

2024-06-05

How to Cite

Hilmy, B. (2024). PENGGUNAAN MEDIA QUIZIZZ DALAM PENERAPAN KOSAKATA BAHASA ARAB. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.47945/transformasi.v7i2.1494