STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MEMBENTUK KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN FAKFAK PAPUA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.47945/transformasi.v7i2.1555Keywords:
Learning Strategy, Spiritual Intelligence, MI Muhammadiyah FakfakAbstract
The objectives of this scientific research are: 1) To describe teachers' teaching strategies in building students' spiritual intelligence at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah, Fakfak Regency, West Papua. 2) To describe the supporting and inhibiting factors in implementing teachers’ teaching strategies in building students' spiritual intelligence at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Fakfak Regency, West Papua. 3) To describe the impact of teachers' teaching strategies in forming students' spiritual intelligence at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah, Fakfak Regency, West Papua. This research applied descriptive a qualitative method. Primary data sources are class teachers, Islamic Education teachers, and Tahfiz Qur'an teachers for grades V and VI. Data collection methods are observation, interviews, and documentation. The data were processed and analyzed through reduction, presentation, and conclusion. The results show that: 1) Teacher teaching strategies in building students' spiritual intelligence are: a) Learning methods, b) Memorizing (Tahfiz) al-Qur'an, c) Islamic education methods, d) Extracurricular activities, e) Action social fundraising and joint prayer for Palestine.
References
Nuzli, Muhammad, dkk., Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.
Ansori, Miksan. Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Kediri: Iaifa Press 2019.
Zubaedi, “Reformulasi Pendidikan Islam Secara Integralistik Dalam Merespons Globalisasi,” Madania: Jurnal Kajian Keislaman 15, no. 1 (2023): 9.
Darmadi, Kecerdasan Spiritual. Jakarta: Guepedia, 2018.
Subakri “Peran Guru Dalam Pandangan Al-Ghazali,”. Jurnal Pendidikan Guru 1, No. 2 (2020): 66.
Arfandi, “Persfektif Islam Tentang Kedudukan Dan Peranan Guru Dalam Pendidikan.” Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam 11. no. 2 (2020): 355.
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Tajdwid dan Terjemah. Jakarta: Dharma Art, 2015.
Roqib, Moh. dan Nurfuad. Kepribadian Guru, Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru yang Sehat di Masa Depan. Yogyakarta: CV. Cinta Buku, 2020.
Mundiri, Akmal dan Afidatul Bariro, “Amplifikasi Profesi Guru Dalam Proses Pendidikan Transformatif Perspektif Al-Ghazali,” Jurnal Ilmiah Islam Futura 18, no. 1 (2019): 165.
Johar, Rahmah dan Latifah Hanum, Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.
Amrozi, Shoni Rahmatullah, “Pemikiran Daniel Goleman Dalam Bingkai Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia (Kontribusi Pemikiran Daniel Goleman Dalam Buku Emotional Intelligence Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indoonesia),” Al’Adalah 22, no. 2 (2019): 106.
Fithriyyah, Intan et al. “Implementasi Metode Tazkiyatun Nafs Imam Al-Ghazali Perspektif Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 1 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no.1 (2023): 5728-5729.
Akrim, Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Medan: Umsu Press, 2022.
Dewi Restiana, dkk., Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Selat Media Partners, 2023.
Octavia, Shilphy A. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Hikmat, Kamal. “Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 14 no.1 (2018): 20.
Matondang, Mulkeis. Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Kurun Waktu 2003-2022. Yogyakarta: Deepublish Digital, 2023
Syahnaz, Assya et al., “Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar,” Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 9, no. 2 (2023): 871.
Sapriadi, “Strategi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri di Ma Madinatul Ulum Nw Mumbang”. Tesis. Mataram: Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Mataram, 2021.
Busthomi, Yazidul. etc al., “Pendidikan Kecerdasan Spiritual dalam al-Qur’an Surat al-Luqman,” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1, no. 2 (2020): 167-168.
Lestari, Tri Yuniwati. “Pentingnya Kecerdasan Spiritual bagi Tumbuh Kembang Anak” klikdokter.com, 04 Mei 2022, https://www.klikdokter.com/ibu-anak/tips-parenting/pentingnya-kecerdasan-spiritual-bagi-tumbuhkembang -anak, diakses tgl 14/02/2023.
Wekke, Ismail Suardi dkk. Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif, Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gawe Buku, 2019.
Sari, Ifit Novita, dkk,. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Unisma Press, 2022.
Murdiyanto, Eko. Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press, 2020.
Murlia, et al. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri,” Al asma: Journal of Islamic Education 2, no.1 (2020): 144.
Junita dan Marlina Siregar. “Penerapan metode pembelajaran diskusi dalam peningkatan prestasi belajar pada kompetensi dasar menjelaskan makna kedaulatan rakyat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015,” Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic) 4, no. 1 (2018): 38.
Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap, 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM Universitas Islam 45 Bekasi: Bekasi, 2022.
Amirudin, Metode-Metode Mengajar Perspektif Al-Qur'an Hadist Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran PAI. Sleman: Deepublis, 2023.
Umam, Chotibul. Inovasi Pendidikan Islam: Strategi dan Metode Pembelajaran PAI di Sekolah Umum. Riau: CV. Dotplus Publisher, 2020.
Mukharomah, Rimandani, et al. “Pembiasaan Kegiatan Infak Jumat Dalam Membentuk Karakter Religius di SD Negeri Wonosari Kabupaten Purworejo,” ILUMINASI: Journal of Research in Education 1, no.1 (2023): 91.
Oktaviana, Anita, et al. “Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 5301
Nasution, Mulyadi Hermanto, “Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam,” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman 5, no. 1 (2020): 60.
Mustofa, Ali. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam,” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 5, no.1 (2019): 24.
Nurwijayanti, Winda. et al. “Nilai-Nilai Pendidikan dari Al-Qur’an Surat An-Nisa Ayat 29-31 tentang Targhib dan Tarhib.” Bandung Conference Series: Islamic Education 4, no. 1. (2024): 231.
Andriyadi, “Pelaksanaan Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa (MABIT) Pada Kelas Atas (III, IV, dan V) di SDIT Darul Ihsan Pontianak Tahun Pelajaran 2019/2020,” Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2021): 54.
Ibrahim, Anwar et al. “Implementasi Metode Pembiasaan Shalat Tahajud dan Puasa Senin-Kamis Pada Pembentukan Akhlak Karimah di Sekolah Unggulan Islami (Suis) Leuwiliang Bogor,” Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, (2019): 136.
Efendi, Sumardi, et al. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Program Pesantren Kilat Gampong Rambong Cut Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya,” Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (2023): 46.
Syahdal, Alifarose dan Riska Mavaza Putri, “Konsep Sedekah: Kontekstualisasi Pembagian Takjil Dalam Memahami Hadis Sunan At-Tirmidzi Nomor 807,” Academia.edu: 1-2.
Amreta, Midya Yuli. “Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Era Digital,” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 3, no.1 (2018): 29.