PERAN GURU TAHFIDZ DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MURAJA’AH HAFALAN AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IX SMP ISLAM TERPADU (IT) AS-SALAM FAKFAK

Authors

  • Amna Rahanyamtel Rahanyamtel Madrasah Tsanawiyah Negeri Fakfak
  • Bambang Sunatar Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v8i1.1639

Keywords:

The Role of Tahfidz Teachers and Parents, Muraja'ah Motivation, Learners/Students, Peran Guru Tahfidz dan Orang Tua, Motivasi Muraja’ah, Peserta Didik

Abstract

The objectives of this scientific research are: 1. To analyze the relevance of the contributions of Tahfidz teachers and parents in selecting and implementing the muraja'ah (review) methods for Qur'an memorization for the 9 grade students at SMP IT As-Salam Fakfak. 2. To analyze the impact of the collaboration between Tahfidz teachers and parents in providing various methods for Qur'an memorization review to the 9 grade students at SMP IT As-Salam Fakfak. 3. To analyze the supporting and inhibiting factors in motivating the Qur'an memorization review for the 9 grade students at SMP IT As-Salam Fakfak.

This research employs qualitative field research with a descriptive analytical approach, using primary and secondary data sources. In this study, primary data sources were obtained through observations at students' homes as well as at the school, such as during Qur'an memorization programs or activities. Data collection methods used include observation, interviews, and documentation. The research instruments consist of the researcher as the key instrument, complemented by observation sheets, interview guidelines, writing tools, a camera, and a mobile phone (HP). Data processing and analysis techniques involve three steps: data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results show that the Qur'an memorization learning method, particularly the muraja'ah method, significantly contributes to enhancing student motivation. Supporting factors for its implementation include adequate educational funding, while inhibiting factors include student character, intelligence, interest, talent, motivation, as well as the lack of motivation and involvement from parents, insufficient facilities and infrastructure, and the community environment.

Tujuan penelitian ilmiah ini adalah 1. Untuk menganalisis relevansi kontribusi Guru Tahfidz dan orang tua dalam memilih dan mengimplentasikan metode muraja’ah hafalan al-Qur’an siswa/i SMP IT As-Salam Fakfak kelas IX. 2. Untuk menganalisis dampak kolaborasi antara Guru Tahfidz dan Orang Tua dalam memberikan berbagai metode muraja’ah hafalan al-Qur’an pada siswa/i SMP IT As-Salam Fakfak kelas IX. 3. Menganalisis factor pendukung dan penghambat dalam memotivasi muraja’ah hafalan al-Qur’an pada siswa/i SMP IT As-Salam Fakfak kelas IX.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif analisis sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam penelitian ini, sumber data primer peneliti peroleh dari hasil observasi di rumah siswa dan juga hasil observasi di sekolah itu sendiri seperti kegiatan atau progaram hafalan Al-Qur’an. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti selaku instrumen kunci dan pelengkap instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, alat tulis, kamera dan handphone (HP). Teknik pengolahan data dan analisis data dengan menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran menghafal Al-Qur’an, metode muraja’ah, yang diterapkan sangat berkontribusi dalam meningkatkan motivasi siswa. Faktor pendukung dalam penerapan ini meliputi biaya pendidikan yang memadai, sementara faktor penghambatnya mencakup karakter, kecerdasan, minat, bakat, dan motivasi peserta didik, serta kurangnya motivasi dan peran serta orang tua, sarana dan prasarana yang tidak memadai, dan lingkungan masyarakat.

References

Abdul Aziz dan Abdul Rauf, Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah, (Bandung: Syaamil Cipta Media, 2004), cet. 4. h. 55

Ahmaf Farid Aliyah, (25 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Ahmaf Farid Aliyah, (25 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Ahmaf Farid Aliyah, (25 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Alo Liliweri, Komunikasi antarpersonal, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015), h. 6

Awal Woretma, ( 60 tahun), Orang Tua siswa kelas IX SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam Fakfak, wawancara, Fakfak. 30 April 2024

Aziz, S.Pd, (54 Tahun), , Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Dawir, S.Pd. (58 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Dawir, S.Pd. (58 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Diana Sari. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. …h. 42

Farif Faidzan Mahubessy, (56 Tahun) Orang Tua siswa kelas IX SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam Fakfak, wawancara, fakfak. 30 April 2024

Hamid Darmadi, Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional, Pendidikan 13, no. 2 (2016), h. 161

Iman Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik, Ed.1 Cet.4, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016), h. 80

Kementerian Agama RI, al Qur’an dan Terjemahannya ..h.262

Kementrian Agama RI, al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: CV Darus Sunnah, 2015), h. 529

Lia Minhatul Fauziah, Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Menghafal al-Qur’an Juz 30 Kelas VI di MI PUI Pasar Salasa Ciampea Bogor, (Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu al-Qur’an, Jakarta, 2017), h. 7

Lukman Ali Ahda,S.Pd.I, (45 Tahun), Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Lukman Ali Ahda,S.Pd.I, (45 Tahun),, Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Muhammad Yasir dan Ade Jamaruddin, Studi al-Qur’an, (Riau: CV. Asa Riau, 2016), h.4

Onong Uchjana Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, Cet 18, 2004), h. 9

Rahmawati Tusiek,S.Pd, (32 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Rusdin Pohan, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta: Ar-RijalInstitute, 2007), h. 42-43.

Suardi Sampulawa, ST, (50 Tahun) Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Sukmawati Sanuddin, S.Ap, (55 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Wandi, S.Pd, (45 Tahun), Guru SMP Islam Terpadu (IT) As-Salam fakfak, Wawancara, Fakfak, 29 April 2024

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Rahanyamtel, A. R., & Sunatar, B. (2024). PERAN GURU TAHFIDZ DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MURAJA’AH HAFALAN AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS IX SMP ISLAM TERPADU (IT) AS-SALAM FAKFAK. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 8(1), 85–100. https://doi.org/10.47945/transformasi.v8i1.1639