IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ORGANISASI ROHANI ISLAM DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH IMAM ADIL RAJA AMPAT

Authors

  • Husnul Khotimah Indah Labagu Madrasah Aliyah Imam Adil Raja Ampat

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v8i2.1867

Keywords:

Implementation, Islamic Education Values, Islamic Spirit

Abstract

The aim of this research is First; revealing the implementation of Islamic educational values ​​in the Islamic Spiritual organization at Madrasah Aliyah Imam Adil Raja Ampat. Second; analyzing the contribution of the Rohani Islam organization in implementing educational values. This research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques from observation, interviews and documentation with the spiritist supervisor, spiritist administrator, school principal, deputy head of curriculum and two parents and guardians. The research results show that the implementation of Islamic educational values ​​through Islamic Spiritual Organizations is a forum for students to express or hone their abilities, especially in the religious field. The Islamic Spiritual Organization carries out work programs that can be a means of implementing the values ​​of Islamic education, namely the values ​​of worship, moral values ​​and Aqidah values. The Rohis organization contributes to increase understanding of the value of Islamic education which has an impact on students' better morals and becomes a role model in the Imam Adil Raja Ampat Madrasah Aliyah environment. For this reason, it is hoped that future researchers will be able to explore the development of religious character in schools, in order to obtain more competent strategies.

References

Abdul Wahab, Solichin. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara. 2004.

Agus Malimun dan Zainul Fitri, Madrasah Unggulan Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, (Malang: UN MALIKI PRESS, 2010.

Aditama, Alif Januar, Upaya Meningkatkan Spiritualitas Peserta Didik Melalui Kegiatan Rohani Islam ROHIS) di SMK Negeri 2 Purwokerto, skripsi Purwokerto: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2015.

Ambarwati, Arie. Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative, 2018.

Aminuddin, Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama

Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Amirin Tatang M, Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada, 1995

Amru Khalid, Semua Aklaq Nabi, Surabaya: Kencana Jaya, 2002.

Astuti, Ririn, Peran Organisasi Kerohanian IslamROHIS) Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa di SMA Negeri 1 Godean Sleman Yogyakarta, Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2010

Asmaran, Pengantar Studi Akhlak Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2002.

Adz-Dzaky Handani Bajtan, Konseling Dan Psikoterapi Islam, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru: 2002

Daradjat Zakiah, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara,2016.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anil Karim Robbani,( Jakarta: Surya Prisma Sinergi, 2013)

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’anil Karim Robbani,( Jakarta: Surya Prisma Sinergi, 2013.

Ermis Suryana.. ”Guru Agama Dalam Mengembangkan Religius Pada Peserta Didik di SLTP Negeri Kota Palembang”,2005 h. 112 Suryana Ermis, ”Guru Agama Dalam Mengembangkan Religius Pada Peserta Didik di SLTP Negeri Kota Palembang”, 2005

Eva Yulianti. Implementasi Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik di SMP Islam Brawijaya Kota Mojokerto. Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020 melalui scholar.google.co.id

Faqih Ainur Rohim, Bimbingan Dan Konseling Islam, (Yogyakarta: UII Press, 2001)

Ernawati Sri. “Peran Kerohanian Islam Terhadap Pembentukkan Akhlak dan Kesadaran Beragama Peserta Didik”. Skripsi UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: t.d 2017

Hafidah, Pengembangan Wawasan Keagamaan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa di MA Salu Makarra Kab.Luwu “Skri si” (Palopo: Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2014

Hanifah Ummu. “Pengaruh Keikutsertaan Siswa Dalam Organisasi Kerohanian Islam Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa”. Skripsi UIN. Semarang: t.d 2015

Hadjar, Ibnu, Dasar-dasar metodologi Penelitian, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.

Hartati, Yuni. Efektivitas Kegiatan Rohis dalam Menanamkan Nilai-nilai

Karakter Islam Siswa SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Kabupaten Kaur. Jurnal Al-Bahtsu Vol.1 No.2 Th 2016. Diakses pada tanggal 1 Desember 2020 melalui scholar.google.co.id.

Hamidi Yurlan Pengaruh Ekstrakurikuler Rohani Islam Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SMA Negeri 4 Seluma. 2014

Hasan Muhammad Tholhah, Dinamika Pemikiran tentang Pendidikan Islam, (Jakarta: Lantabora Press, 2012)

Huberman Michael A dan Matthew B. Miles, Analisis Data Kualitatif, penerjemah: Rohendi Rohidi, (Jakarta: UI Press, 1993)

Jaelani Abdul Kadir, Pentingnya Bimbingan Agama Terhadap Peningkatan Kualitas Ibadah Siswa MIS.DDI Cendana Hijau Kec.Wotu Kab.Luwu Timur “ Skripsi” (Palopo: Program Studi Agama Islam, 2011), h. 8.

KBBI Daring. Kbbi.kemedikbud.go.id. Badan Pengembangan dan Pembianaan

Bahasa: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2016

Kementrian Agama RI, Panduan Ekstrakulikuler ROHIS (Rohani Islam) SMA SMK, (Jakarta: Direktorat PAI, 15)

Khalil, Munawwar, Akhlak dan Pembelajarannya, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2010.

Koesmarwanti, Dakwah Sekolah di Era baru, Surabaya: Kencana Jaya,2002.

Lathifah, Fathim.“Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Islam (PAI) Dan Ekstrakulikuler Kerohanian Islam (Rohis) Terhadap Akhlak Siswa SMA Negeri 1 Pomorogo Tahun Pembelajaran 2017/2018” (Skripsi, Ponorogo, IAIN Ponorogo, 2018), 117.

Mooney, Kiat-kiat Belajar Berorganisasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Marini, Arita. Building Student‟s Character Through Extracurriculer Actibities.

Jurnal ASSEHR. Diakses pada tanggal 1 Desember 2020 melalui

scholar.google.co.id.

Mahmudah, Nur. “Resepsi Aktivis Rohani Islam (Rohis) Terhadap Bahan Bacaan Keagamaan di SMAN 48 Jakarta Timur dan SMA Labschool Jakarta Timur,” Journal of Social Science and Religion, Vol. 22 No. 01 Juni 2015.

Muhaimin, Dimensi-dimensi studi Islam ( Surabaya: Karya Abditama, 1994

Muhaimin, Nuansa baru Pendidikan islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya mengidentifikasi pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Muhaimin, dkk, Kawasan dan Wawasan studi Islam, (Jakarta: Prenada Media, 2005)

Muliawan Jasa Unggul, Pendidikan Islam Integratif Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotom Ilmu dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Munandar Dede. “Program Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Rohani Islam”. Tesis UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: t.d 2018

Mulyana Rohmat, Mengartikulasi Pendidikan Nilai, (Bandung: Alfabeta, 2004)

Masur Muslich, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multimensional, Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2011),

Maulana Said Akhmad, Pembentukan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Rohis Di SMA Negeri 1 Mendo Barat,” Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2020)

Narita, Desi. “Peranan Organisasi Rohani Islam dalam Meningkatkan Nilai Religius dan Kejujuran Siswa di Sma Negeri 1 Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2015/2016”, Skripsi, Lampung: Universitas Lampung, 2016.

Nugraha, Heru Aji, Peran Pengurus Kerohanian Islam ROHIS) Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa Di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, skripsi Bandar Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung, 2017.

Noor, Ali. Upaya Ekstrakurikuler Rohis dalam Meningkatkan Sikap

Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taumiyah Pekan Baru. Jurnal At-

Tahriqah Vol.2 No. 1 Th. 2017. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020

melalui scholar.google.co.id.

Nuraini, Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan

Ekstrakurikuler Rohis dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMA

Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Tesis

pada UIN Sumatera Utara. Diakses pada tanggal 2 Desember 2020

melalui scholar.google.co.id.Noer Ali, Syahraini Tambak dan Harun Rahman. 2017. “Upaya Ektrakurikuler Kerohanian Islam (Rohis) Dalam Meningkatkan Sikap Keberlanjutan Siswa”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol 2, No 1: 22.

Nata Abuddin. Perspektif Islam tentang Pendidikan Kedokteran. Jakarta; UIN Jakarta Press. 2014

Novan Wiyani Ardy, Pendidikan karakter berbasis iman dan taqwa, (Yogyakarta: Teras, 2012),

Razak, Yusron dan Tohirin, Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi dan umum Jakarta: Uhamka Press, 2011.

Rohman MS, Moch Yasyakur dan Wartono. 2019. “Peranan Ekstrakurikuler Rohani Islam Dalam mengembangkan Sikap Beragama Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2, No 1: 38

Rodliyatun Mushbihah, “Peranan Pembina Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) Dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaansiswa Di SMK Salatiga”,

Downloads

Published

2025-06-12

How to Cite

Labagu, H. K. I. (2025). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ORGANISASI ROHANI ISLAM DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH IMAM ADIL RAJA AMPAT. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 8(2), 1–22. https://doi.org/10.47945/transformasi.v8i2.1867