TRANSFORMASI KELEMBAGAAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MANAJEMEN KELEMBAGAAN

Authors

  • Ahmad Zaenuri Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan KeguruanInstitut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i1.312

Keywords:

Transformasi, PTAI, Manajemen Lembaga

Abstract

Perubahan status lembaga Pendidikan Tinggi Agama Islam dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) membawa dampak pada sejumlah bidang, diantaranya; bertambahnya program studi, penambahan dosen, anggaran dan sejumlah fasilitas lainnya. Perubahan tersebut diharapkan dapat menjadikan lembaga pendidikan tinggi Islam akan semakin lebih baik. Perubahan bentuk kelembagaan turut merubah manajemen kelembagaan yang cukup mendasar. Beberapa universitas Islam negeri mampu melewati ini, namun beberapa universitas Islam yang baru sangat membutuhkan manajemen kelembagaan yang lebih baik guna mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini hendak menggungkap pengaruh transformasi kelembagaan pendidikan tinggi Islam terhadap manajemen lembaga pendidikan dengan pendekatan fenomenologis. Bahasannya diulas secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa transformasi kelembangan PTAI membawa dampak pada perubahan manajemen bidang kemahasiswaan, dosen, kurikulum, sarana prasarana dan pengelola.

References

Abdullah Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010

_____________, dkk, Kerangka Dasar Keilmuan dan Pengembangan

Kurikulum: Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2004

Ali Nizar & Syatibi Ibi, Manajemen Pendidikan Islam: Ikhtiar Menata Kelembagaan Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Isfahan, 2009

Arikunto Suharsimi, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2008

Departemen Agama RI, Himpunan Peraturan Perundang-undangan: Petunjuk Teknis Ketenagaan PTAI, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005

Esha Muhammad In‟am, Institutional Transformation: Reformasi dan Modernisasi Pendidikan Tinggi Islam, Malang: UIN Malang Press,2009

Fathurrohman Muhammad & Sulityorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Praktik dan Teoritik), Yogyakarta: Teras, 2012

M. Alfatih Suryadilaga & Facruddin Faiz (ed), Profil Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta: 1951-2004, Yogyakarta: Suka Press, 2004

Qomar Mujamil, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007

Suprayogo Imam & Rasmianto, Perubahan Pendidikan Tinggi Islam: Refleksi Perubahan IAIN/STAIN Menjadi UIN, Malang: UIN Malang Press, 2008

________________, Universitas Islam Unggul: Refleksi Pemikiran

Pengembangan Kelembagaan dan Reformulasi Paradigma Keilmuan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2009

Suwito & Nata Abuddin, Proses Perubahan IAIN menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Rekaman Media Massa, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2002

UIN Sunan Kalijaga, Kumpulan Peraturan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta: Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi, 2000

www.webometrics.info. Diakses pada tanggal 21 November 2017.

Downloads

Published

2018-12-06

How to Cite

Zaenuri, A. (2018). TRANSFORMASI KELEMBAGAAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MANAJEMEN KELEMBAGAAN. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 2(1), 17–35. https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i1.312