PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL AIMAS KABUPATEN SORONG

Authors

  • Muhammad Rusdi Rasyid Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i1.313

Keywords:

Pengembangan, Pendidikan Islam, Nonformal, Transmigran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan keilmuan berupa sosiologis dan historis. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk menemukan dan mendeskripsikan motivasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan Islam nonformal, 2) mendeskripsikan dan menganalisis bentuk pengembangan pendidikan Islam nonformal di Aimas Kabupaten Sorong. Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh masyarakat, para pembina, pembimbing, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tahap selanjutnya adalah teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penting yang menjadi motivasi pengembangan pendidikan Islam nonformal pada masyarakat transmigran Aimas Kabupaten Sorong, yaitu: 1) rendahnya pemahaman keagamaan, 2) ekonomi. Bentuk pengembangan pendidikan Islam nonformal ada tiga, yaitu melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), Madrasah Diniyah (Madin), dan Majelis Taklim (MT).

References

Abbas, Syamsuddin. Memperkuat Kelembagaan Masjid, Madrasah, dan Koperasi. Jakarta: Yayasan Amal Saleh Akkajeng, 2000.

al-Abrasyi, Athiyah. al-Tarbiyah al-Isla>miyah wa Fala>sifatuha>. Mesir: Isa alBaby al-Hilaby wa Syurakauh, 1395 H/1975. Dikutip dalam Abuddin Nata. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2010.

--------. al-Tarbiyah al-Isla>miyah wa Fala>sifatuha>. Mesir: Isa al-Baby alHilaby wa Syurakauh, 1395 H/1975. Dikutip dalam Muljono Damopolii.

Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

--------. Prinsip-prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

al-Ahwaniy, Ahmad Fuad. al-Tarbiyah fi al-Isla>m. Mesir: Da>r al-Ma„a>rif. alAsfaha>ni>. Al-Ra>ghib. Mu„jam Mufrada>t Alfa>z} al-Qur‟an. Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyah, 2008.

al-Attas, Syed Muhammad Naquib. Aims and Objectives of Islamic Education. Jed-dah: King Abdul Aziz University, 1979. Dikutip dalam Muljono Damopolii. Pesantren Modern IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Downloads

Published

2018-12-07

How to Cite

Rasyid, M. R. (2018). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL AIMAS KABUPATEN SORONG. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 2(1), 36–56. https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i1.313