OPTIMALISASI PENDIDIKAN REGULASI PRANIKAH PADA KUA BAROMBONG
DOI:
https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i1.316Keywords:
Pendidikan, Regulasi Pranikah, Kua BarombongAbstract
Tujuan penelitian ini mengungkap optimalisasi pendidikan regulasi pranikah pada kua barombong, Gowa. penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi untuk memperkaya pengetahuan tentang regulasi yang memberikan potret pada masyarakat. Tentunya yang akan dihasilkan dalam penelitian ini sangat berguna untuk menjadi perbandingan pemahaman terhadap pemahaman yang lain terhadap pendidikan pranikah. Penelitian ini merupakan enelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Penelitian akan berinteraksi secara intens peserta pendidikan pra nikah dan kepada kepala KUA Barombong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala KUA Barombong memberikan pelatihan atau kursus pranikah kepada setiap calon pengantin dilingkungan KUA Barombong. Dalam kursus calon pengantin tersebut di jelaskan beberapa hal, termasuk penjelasan tentang regulasi baik sebelum menikah maupun setelah menikah.
References
A. Bryman,Quantity and Quality in Social Recearch. London: Unwin Hyman, 1988.
Ahcmadi, Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2005.
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta: 1991.
Al-Jauharī, Muhammad & Hakim Khayyāl. Membangun Keluarga Qur’ani,
Badan Penasihatan, Pembinanaan dan Pelsetarian Perkawinan, Hasil MUNAS BP4/2004 dan Pemeilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Nasional, Jakarta 14-17 Agustus 2004.
Bahan Penyuluhan hukum, Departemen Agama RI ,Direktorat Jenderal Pembinaan kelembagaan Agama Islam, Jakarta: 2001.
BP4, Panduan Keluarga Muslim, Badan penasihatan pembinaan dan Pelestarian Perkawinan(BP4), Kantor wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Tengah,2007, hlm13
Brannen, Julia. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
C. Robert Bogdan. Qualitative Research For education: An Introduction to Theory and Methods. USA: Sari Knopp Biklen, 19829.
Daradjat, Zakiyah, Dkk. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, Cet. Ke3, 1996.
Daradjat, Zakiyah. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: IAIN Syarif Hidayatullah, 1983.
Darajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara: Jakarta, 2006.
Dekdipbud, Kamus Besar Bahasa Indonesi. Jakarta:PN. BAlai Pustaka, 1989.
Djazuli & Nurol Aen, Usul Fiqh Metodologi Hukum Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2000.
E.M.Mufti H. Sulajee, Sunah sehari 24 jam Bersama Rasulullah, Bandung, Pustaka Ramadhan, 2003,h. 98-101
Harsja W. Bahctiar "Pengamatan Sebagai suatuMetode Penelitian", dalam koentjaraningrat, metode metodepenelitian Masyarakat. Get. V; Jakarta: Gramedia,1993.
http://perludiketahui.wordpress.com/dampak-kekerasan-terhadap-anak. Tanggal asks 23 Oktober 2018 pukul 20.56 WIT
https://tirto.id/tingkat-percera ian-di-indonesia-6?gclid=EAIaIQobC hMI7JWIxcXU3 AI VhCy9C h1XzQWm EAAYAS AAEgLhnfD_BwE, di akses pada Tgl. 21 Agustus 2018
Kanwil Dep.Agama Lampung, Pedoman Keluarga bahagia Sejahtera (Bandar Lampung: Proyek Peningkatan Pemahaman Pengamalan Agama Lampung, 2003), h. 4
Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 881 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan.
Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 881 Tahun 2017 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan.
Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam
Kementerian Agama Nomor Dj.Ii/542 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah.
Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam
Kementerian Agama Nomor Dj.Ii/542 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah.
Lembaga IKiP Malang, Dasar-dasar Metodologi Pendidikan. Malang: Lembaga Pendidikan IKIP, 1997.
Lihat Lampiran Peraturan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Nomor Dj.Ii/542 Tahun 2013 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Kursus Pra Nikah.
Majid Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : PT Al Ma’arif, tth), h. 16
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Cet. XXXI; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013