ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI AL-HIDAYAH KOTA SORONG TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Sukman S Dosen Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Sorong
  • Dwi Jayanti Dosen Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Sorong
  • Wirjaza Putri Dosen Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i2.322

Keywords:

Kesulitan Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa kelas V A MI Sains Al-Hidayah pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2019/2020 serta untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan keselitan belajar matematika di kelas V A MI Sains Al-Hidayah tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas V A MI Sains Al-Hidayah yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpuan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 18 siswa tidak paham ketika guru menyampaikan materi dan hampir semua siswa meyatakan bahwa metode yang diterapkan oleh guru mata pelajaran tidak menyenangkan. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas V A MI Sains Al-Hidayah adalah faktor internal yaitu siswa tidak menyukai mata pelajaran tersebut sehingga mensugeti pikiran mereka bahwa pelajaran matematika itu sulit. Faktor eksternalnya adalah guru kurang menggunakan alat peraga dan metode yang diterapkan tidak menarik perhatian siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VA MI Sains AlHidayah Kota Sorong masih kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran matematika.

References

Anggito Albi.2018. Metodolog Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Budiarto Eko.2002. Bio Statistika Untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Fatihudin Didin. 2015. Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. Sidoarjo: Zitama Publisher.

Hakim Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta. Ningga Swadaya

Jumrotun. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Iisan Kerucut Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together Pada Siswa Kelas XI MIPA1. Surakarta. Dwija Utama, vol.9

Mashuri sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Kristanto. 2018. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: Deepublish

Liriwati Fahrina Yustisari. 2018. Keberadaan Masyarakat Ekonomi Asen (MEAN) Dalam Mendorong Sinergitas Kontribusi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) Menuju Generasi Indononesia Emas 2045. Indragiry Journal, vol.1. No.4 (e-ISSN 2549-0478), hal.42

Miles, M dan Huberman, M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia: Jakarta.

Muchson.2017. Buku Ajar Metode Riset Akuntansi. Bogor: Guepedia.

Novidiantoko Dwi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deeepublish

Setiawan Andi. 2017 . Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Sriyanti Ika. 2019.Evaluasi Pembelajaran Matematika. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suarjana Ketut. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: CV Andi Offset

Subandrio Bonifasius. 2014. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Materi Trigonometri dengan Pendekatan Konstruktifis Pada Siswa Kelas X/3 SMA Negeri 1 Weru. Konvergeensi Jurnal, Vol.5, (ISSN: 2301-90

Downloads

Published

2019-06-11

How to Cite

S, S., Jayanti, D., & Putri, W. (2019). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V MI AL-HIDAYAH KOTA SORONG TAHUN AJARAN 2019/2020. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.47945/transformasi.v2i2.322