PENGARUH PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERCAKAPAN SEHARI-HARI SISWA MA. SULTAN HASANUDDIN, KECAMATAN BAJENG, KABUPATEN GOWA

Authors

  • Fardan Abdillah IAIN Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v3i1.340

Keywords:

Penggunaan Metode, Meningkatkan Keterampilan,, Percakapan Sehari-Hari Siswa.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan percakapan sehari-hari siswa MA. Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab berpengaruh pada peningkatan keterampilan percakapan seharihari siswa di MA. Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, hal ini dilihat dari hasil post test dan mengalami peningkatkan jika dibandingkan dengan pre test. Kemudian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode langsung berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan percakapan sehari-hari siswa MA Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Secara rinci keterampilan percakapan sehari-hari siswa di MA Sultan Hasanuddin. Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, sebelum menerapkan metode tersebut berada pada kualifikasi "baik", sedangkan setelah menerapkan metode tersebut berada pada kualifikasi “sangat baik”. Oleh karena itu, penerapan metode langsung berpengaruh pada peningkatan keterampilan percakapan sehari-ha

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Cet. VII; Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

________________. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 1998.

Arsyad, Azhar. Bahasa dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran). Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Cet. III; Malang: Misykat, 2005.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2007.

Gerson, Tanwey Ratumanan dan Theresia. Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabay: Unesa University Press, 2003

Hadi, Sutrisno. Statistik 2. Jakarta: Andi Offset, 1980.

Hidayat, Dudung Rahmat. “Pendekatan CTL Sebagai Model Kontemporer Pembelajaran Bahasa.” Makalah yang disajikan pada Seminar Internasional di Kenari Hotel, Makassar, 8-10 September 2005.

Kasim, Amrah. Bahasa Arab Ditengah-tengah Bahasa Dunia; Yogyakarta: Kota Kembang, 2009.

Sudjono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2008.

_______, Metode Penelitian Administrasi. Cet. XIV; Bandung: Alpabeta, 2006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. VII; Bandung: CV. Alfabeta, 2008.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompotensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2003.

Tiro, Muhammad Arif. Dasar-dasar Statistik. Cet. IV; Makassar: UNM, 2003.

UU RI No. 14 Tahun 2005. Undang-undang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

UU RI No. 20 Tahun 2003. Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

Warsito, Herman. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Downloads

Published

2019-12-13

How to Cite

Abdillah, F. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERCAKAPAN SEHARI-HARI SISWA MA. SULTAN HASANUDDIN, KECAMATAN BAJENG, KABUPATEN GOWA. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 3(1), 73–94. https://doi.org/10.47945/transformasi.v3i1.340