PERAN ORANG TUA DAN LEMBAGA PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS KEPESANTRENAN BAGI ANAK DI MASA AWAL USIA SEKOLAH

Authors

  • Rofia Masrifah UIN ALAUDDIN MAKASSAR

DOI:

https://doi.org/10.47945/transformasi.v4i2.396

Keywords:

Keyword : PAUD, Pendidikan Akhlak, Kepesantrenan.

Abstract

Orang tua merupakan madrasah pertama bagi anak. Peran kedua orang tua yang dapat diteladani oleh anak bisa memainkan peran vital dalam setiap tahap pendidikan seorang anak. PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak (Golden Age) mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Kebanyakan para orang tua dalam memulai proses masuk ke lembaga pendidikan untuk anaknya, mengabaikan pendidikan anak usia dini. Padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak, pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan. Pendidikan akhlak adalah pembentukan perilaku baik yang menumbuhkan nilai moral kepada manusia yang akan mempengaruhi tingkah laku manusia tersebut. Didalam era 4.0 ini sangat penting dibentuknya akhlak-akhlak mulia mulai dari anak usia dini karena tidak dapat kita pungkiri pada saat ini telah banyak kasus-kasus yang diperankan anak usia dini seperti halnya, terpengaruhnya kepada dunia gadget , membangkang kepada orang tua, bullying hingga kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak usia dini. Kasus seperti ini perlu kita amati dan segera ditumpaskan karena mereka adalah generasi bangsa Indonesia.

 

 

 

References

El-Khuluqo, I. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2015,
Haedani, H. Amin M.Pd dkk, Panorama, Pesantren Dalam Cakrawala Modern. Jakarta: Diva Pustaka, 2004.
Haryanto. Pengertian Pendidikan Karakter dalam http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-karakter/, 2012
https://arifsulistyo.wordpress.com/jurusan-pls/pengertian-paud/, diakses 6 September 2017
Iskandar, Iis. Sistem Pembinaan Akhlak Siswa di Islamic Boarding School. UMJ: Tidak dipublikasikan. 2008.
Khamdiyah. Skripsi : Sistem Boarding School dalam Pendidikan Karakter siswa kelas VII MTS Nurul Ummah Kotagede Jogjakarta. UIN Sunan Kalijaga : Tidak dipublikasikan. 2013.
Madjid, Nurcholish. Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: P3M, 1985.
Mulyasa. Manajemen Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014.
Nata, Abudin. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga – Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT Grafindo persada, 2001.
Noor, Mahpuddin. Potret Dunia Pesantren. Bandung: Humaniora, 2006.
Soenarko, Bambang. Konsep pendidikan karakter. Kediri: universitas nusantara. 2010.
Suryadi dan Ulfah, M. Konsep Dasar Paud. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2015.
Zuhairini. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Downloads

Published

2021-06-11

How to Cite

Masrifah, R. (2021). PERAN ORANG TUA DAN LEMBAGA PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS KEPESANTRENAN BAGI ANAK DI MASA AWAL USIA SEKOLAH. Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam, 4(2), 30–41. https://doi.org/10.47945/transformasi.v4i2.396