Konsep Jiwa menurut Ibnu Sina dan Aristoteles
DOI:
https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492Keywords:
Ibnu Sina, Jiwa, kekal, Aristoteles, YunaniAbstract
Kajian tentang Jiwa menurut Ibnu Sina menjadi perhatian karena menjadi rujukan bagi beberapa muslim lainnya, Banyak para tokoh menguraikan keberadaannya. Namun dalam kajian, anggapan para filosof Muslim dalam menguraikan masalah hanya menyalin ulang dari para filosof Yunani Aristoteles.Hal ini dinegasikan oleh salah satu tokoh filosof Muslim, yaitu Ibnu Sina. Ia menegaskan dalam filsafat Islam yang berasaskan wahyu berbeda dengan Yunaniyang berasaskan rasio. Berangkat dari uraian tersebut makalah ini akan mengkaji konsep jiwa menurut Ibnu Sina. Kajian ini studi literatur dengan menggunakan metode diskriptif-analisis. Dalam pembahasan ini penulis menghasilkan tiga kesimpulan penting. Yakni Konsep Tuhan Ibnu Sina berbeda dengan Yunani (Aristoteles). Kemudian, Asal-usul jiwa berasal dari pancaran (emanasi) dari akal kesepuluh dan dibawah planet kesembilan yang darinya melimpahkan jiwa-jiwa bumi; Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Terakhir, Jiwa Manusia bersifat kekal dan tidak ikut hancur bersama hancurnya badan. Kekekalan jiwa karena dekat dengan akal dan dikekalkan oleh Tuhan
Downloads
References
Abdullah Nur. “Ibnu Sina: Pemikiran Fisafatnya Tentang Al-Fayd, Al-Nafs, Al-Nubuwwah, Dan Al-Wujûd.” Jurnal Hunafa Vol. 6, No (2009): 110.
Abu Hamid Al-Ghazali. Maarij Al-Quds Fi Madarij Ma’rifat an-Nafs, Cet II. Beirut: Dar al-Falaq al-Jadidah, 1975.
Ahmad Poerwantara. Seluk Beluk Filsafat Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.
Al-Farabi. Fushush Al-Hikam, Ditahkik Oleh M. Hasan Ali Yasin. Baghdad: Ma’arif, 1976.
Amos Bertolacci. The Reception of Aristotle‟s Metaphysics in Avicenna‟s Kitab Al-Syifa’. Leiden and Boston: Brill, 2005.
Aristoteles. De Anima III, Beare, J: Theories of Elementary Cognition. Greek: Oxford, 1906.
———. De Generatione et Corruptione In J. Barnes Complete Works of Aristotle, Vol. 2. Princeton, NJ: Princeton University Press, 1995.
———. Metaphsic Trans C.D.C Reeve, Book Lambda XII. Cambridge: Hackett Publishing Company, 2016.
———. On the Soul Book 1 Translated by J.A Smith Ebooks@adelaide. South Australia: University of Adelaide Library, 2007.
———. Physics In J. Barnes Complete Works of Aristotle, Vol. 2. Princeton, NJ: Princeton University Press, 1995.
Avicenna. The Metaphsics of Healing A Parallel English Arabic Text Translated, Introduced, and Annotated by Michael E. Marmura. Provo, Utah: Brigham Young University Press, 2005.
Franz Magnis-Suseno. Menjadi Manusia: Belajar Dari Aristoteles. Yogyakarta: Kanisius, 2009.
Ibnu Sina. Ahwal An-Nafs, Ditahkik Oleh Ahmad Fu‘ad Al-Ahwani. Kairo: Dar Ihya Al-kutub Al- Arabiyah, 1952.
———. Akhwal An-Nafs Risalah Fi an-Nafs Baqoiha Wa Ma‟adiha, Terj.Psikologi Ibnu Sina. Bandung: Pustaka Hidayah, 2009.
———. Al-Qanun Fi Al-Thib Juz 1. Roma, n.d.
———. Asy-Syifa Ath Thabiyyat an-Nafs. Kairo: Haiah Misrhriyah al-Ammah lil Kitabah, 1975.
———. Kitab Al-Najah Fi Al-Hikmah Al-Mantiqiyah Wa Al-Tabi‟yah Wa Al-Illahiyah. Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, 1982.
———. Kitab Al-Najah Fi Al-Hikmah Al-Mantiqiyah Wa Al-Tabiyah Wa Al-Illahiyat. Beirut: Dar al-Afaq al-Jadidah, n.d.
———. Kitab Al-Najat Fi Al-Mantiq Wa Al-Ilahiyyat Bagian 1, 2-3. Beirut: Dar al-Afaq aladidah, 1938.
Ibrahim Madzkur. Fi Al-Falsafah Al Islamiyah Minhaj Wa Tatbiquhum Juz 1. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1976.
Jawasun. Falsafah Ibnu Sina: Wa At Saruhuma Fi Uruwiyah Khilali Al-Quruni Al-Wusto. Kairo: Darul Ilmi, 1995.
Leksono, Amin Setyo. Sejarah Kehidupan: Perspektif Evolusi Dan Kreasi, Cet.1. Malang: UB Press, 2012.
M.M Syarif. A History of Muslim Philosophy. Jerman: Wiesbadan, 1963.
Muhammad Utsman Najati. Jiwa Dalam Pandangan Para Filosof Muslim Cet.1. Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.
Nasution, Harun. Filsafat Agama. Jakarta: Bulan Bintang, 1983.
———. Filsafat Dan Mistisme Dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1973.
Raghib as-sirjani. Madza Qoddama Muslimuna Lil Alam:Ishamatu Al-Muslimin Fi Al-Hadharah Al-Insaniyah. Terj : Sumbangan Peradaban Islam Pada Dunia. Jakarta: Putaka al-Kautsar, 2011.
Ruslan Effendi. Filsafat Kebahagiaan Dari Plato, Aristoteles, Al-Ghazali, Al-Farabi. Jogjakarta: Depublish, 2017.
Seyyed Hossein Nasr. An Introduction to Islamic Cosmological Doctrines. Lahore: Suhail Academy, 2007.
———. Three Muslim Sage: Avicenna-Suhrawardi-Ibn Arabi. New York: Caravan Books, 1976.
Sirajuddin Zar. Filsafat Islam I. Padang: IAIN Imam Bonjol, 1999.
Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Prolegomena to the Methaphsics of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1995.