Penguatan Literasi Sains Masyarakat Melalui Talkshow Kemitraan Taman Baca dan Perpustakaan Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v3i2.1273Keywords:
Science literacy, Community Literacy, Sorong City LiteracyAbstract
Pengetahuan masyarakat mengenai konsep dan ilmu alam masih cukup terbatas pada cakupan konsep yang diajarkan oleh sekolah formal dan tuturan turunan dari orang tua yang belum dipastikan kebenarannya. Sementara masyarakat menjalani semua aktivitasnya dengan memanfaatkan semua ilmu alam baik fisika, kimia maupun biologi. Sehingga aspek pengetahuan masyarakat terhadap ilmu sains mendesak untuk dioptimalkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk menguatkan minat baca dan belajar masyarakat terhadap ilmu alam atau ilmu sains dengan memanfaatkan konsep literasi sains postmodern. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk talkshow atau sharing session dengan peserta di mana narasumber menyampaikan materi singkat hingga selesai yang diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi. Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta yang diprakarsai oleh perpustakaan daerah Kota Sorong. Penulis dalam kegiatan ini berlaku sebagai Narasumber yang diundang untuk membawakan materi yang disertai dengan surat tugas dari pimpinan. Hasil penting kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat mulai memahami konsep dan strategi literasi sains postmodern dan penggunaannya dalam aktivitas membaca. Peserta telah mengikuti kegiatan secara antusias hingga akhir kegiatan. Peserta juga mengalami penguatan minat membaca buku ilmu alam dari 12% menjadi 17,5% peserta berkeinginan untuk menggeluti ilmu sains dengan menggunakan literasi sains postmodern.
References
Agnesa, O. S., Afifi, E. H. N., & Rahmadana, A. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 88-102.
Amaria, K. H., & Hafidz, N. (2021). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Oleh Rumah Kreatif Wadas Kelir Melalui Penguatan Literasi. Jurnal AKRAB, 12(2), 12–19. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v12i2.405
Baloiloi, O. (2017). Everyday literacy practices in remote rural communities in PNG: a case study of Fergusson Island. https://doi.org/10.4225/03/58AE5E385AEF3
BPS, P. B. (2023). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Papua Barat. 19, xiv+ 190.
Budiarti, I. S., & Tanta, T. (2021). Analysis On Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/JPSI.V9I1.18470
Carmila, F. R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Literasi Membaca dalam Pembelajaran di Kelas 5B Pasca Covid-19 di SD Negeri 141 Pekanbaru. Journal on Education, 5(4), 12948–12954. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2283
Chrystomo, L. Y., Wanimbo, E., & Sujarta, P. (2020). Peningkatan kemampuan literasi pemuda elelim di distrik elelim kabupaten yalimo papua. 4(2), 63–67. https://doi.org/10.31957/.V4I2.1268
Dewi, N. E. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Daya Minat Literasi Membaca dan Menulis Siswa, melalui Dongeng dan Cerpen. https://doi.org/10.31219/osf.io/p46x7
Fauzi, A. A. (2023). Penguatan masyarakat literasi melalui komunitas literasi “karsa” dengan pendekatan community based participatory research (cbpr). As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 163–176. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.163-176
Ghani, N. F. A. A., Jamian, A. R., & Jobar, N. A. (2022). Environmental Impact of Reading Literacy Development. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities, 7(4), e001425–e001425. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i4.1425
Handayani Setyaningsih, W., & Kharismawati, M. (2020). The Existence of The Reading Community and Its Effect in Improving Human Resources Quality. KnE Social Sciences, 470–483–470–483. https://doi.org/10.18502/kss.v4i12.7620
Haque, O., Hoyer, S., Huynh, S., & Uppili, S. (2022). An investigation into the socioeconomic factors correlated with PISA reading scores. STEM Fellowship Journal, 1–5. https://doi.org/10.17975/sfj-2022-012
Misnati, M., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2022). Reading Literacy Improves Student’s Intelligence. KnE Social Sciences, 409–420. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11244
Muti’ah, R., Ritonga, M., Bangun, B., Harimansyah, H., Febrianto, D., & Sulaiman, S. (2023). Efforts To Increase Community Literacy. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 237. https://doi.org/10.32832/abdidos.v7i1.1572
Nur, A., & Abdullah, M. S. (2022). Barru Literacy Community as the Alternative Literacy Movement: A Study on Cultivating Reading Literacy toward Society in Barru Regency, South Sulawesi Province. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2(1), 11–25. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v2i1.41
Oxenham, J. (2017). Literacy: Writing, reading and social organisation. Literacy: Writing, Reading and Social Organisation, 16, 1–141. https://doi.org/10.4324/9781351236508
Pekkolay, S. (2022). The Importance of Literacy. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 10(1), 6–8. https://doi.org/10.36347/sjahss.2022.v10i01.002
Rabiudin, R. (2023). PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS POST MODERN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1760-1771.
Silaen, Y., & Hasfera, D. (2018). Membangun Generasi Literat Masyarakat Pesisir Pantai: Gerakan Literasi “Tanah Ombak.” Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(2), 103–118. https://doi.org/10.15548/SHAUT.V10I2.77
Susilo, H. (2017). The Impact of Basic Literacy Program to Create a Learning Society. 52–55. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.9
Sutomonaio, T. (2023). Literasi Papua Barat Selalu di Level Terendah di Indonesia Berdasarkan Indeks Alibaca. Tribun Papua Barat, 1. https://papuabarat.tribunnews.com/2023/07/11/
Wijaya, A. W. A., Indasari, S. R., Samosir, F., & Petrus, S. (2020). The Roles of Parents and Community in Supporting Children’s Literacy Development. 27–31. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.005
Yawan, H. (2022). Yo Si Puedo: a Cuban Literacy Program To Strengthen Literacy Level in West Papua, Indonesia. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 6(1), 82–92. https://doi.org/10.24071/ijiet.v6i1.4269
Yektiningtyas, W., & Modouw, J. (2023). Bringing Books to Life: Engaging Papuan Children to Read. Bookbird: A Journal of International Children’s Literature, 61(1), 58–63. https://doi.org/10.1353/bkb.2023.0007