Penguatan Literasi Sains Masyarakat Melalui Talkshow Kemitraan Taman Baca dan Perpustakaan Kota Sorong

Authors

  • Rabiudin Rabiudin

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v3i2.1273

Keywords:

Science literacy, Community Literacy, Sorong City Literacy

Abstract

Pengetahuan masyarakat mengenai konsep dan ilmu alam masih cukup terbatas pada cakupan konsep yang diajarkan oleh sekolah formal dan tuturan turunan dari orang tua yang belum dipastikan kebenarannya. Sementara masyarakat menjalani semua aktivitasnya dengan memanfaatkan semua ilmu alam baik fisika, kimia maupun biologi. Sehingga aspek pengetahuan masyarakat terhadap ilmu sains mendesak untuk dioptimalkan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimaksudkan untuk menguatkan minat baca dan belajar masyarakat terhadap ilmu alam atau ilmu sains dengan memanfaatkan konsep literasi sains postmodern. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk talkshow atau sharing session dengan peserta di mana narasumber menyampaikan materi singkat hingga selesai yang diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi. Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta yang diprakarsai oleh perpustakaan daerah Kota Sorong. Penulis dalam kegiatan ini berlaku sebagai Narasumber yang diundang untuk membawakan materi yang disertai dengan surat tugas dari pimpinan. Hasil penting kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat mulai memahami konsep dan strategi literasi sains postmodern dan penggunaannya dalam aktivitas membaca. Peserta telah mengikuti kegiatan secara antusias hingga akhir kegiatan. Peserta juga  mengalami penguatan minat membaca buku ilmu alam dari 12% menjadi 17,5% peserta berkeinginan untuk menggeluti ilmu sains dengan menggunakan literasi sains postmodern. 

References

Agnesa, O. S., Afifi, E. H. N., & Rahmadana, A. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 88-102.

Amaria, K. H., & Hafidz, N. (2021). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Oleh Rumah Kreatif Wadas Kelir Melalui Penguatan Literasi. Jurnal AKRAB, 12(2), 12–19. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v12i2.405

Baloiloi, O. (2017). Everyday literacy practices in remote rural communities in PNG: a case study of Fergusson Island. https://doi.org/10.4225/03/58AE5E385AEF3

BPS, P. B. (2023). Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Papua Barat. 19, xiv+ 190.

Budiarti, I. S., & Tanta, T. (2021). Analysis On Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/JPSI.V9I1.18470

Carmila, F. R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Literasi Membaca dalam Pembelajaran di Kelas 5B Pasca Covid-19 di SD Negeri 141 Pekanbaru. Journal on Education, 5(4), 12948–12954. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2283

Chrystomo, L. Y., Wanimbo, E., & Sujarta, P. (2020). Peningkatan kemampuan literasi pemuda elelim di distrik elelim kabupaten yalimo papua. 4(2), 63–67. https://doi.org/10.31957/.V4I2.1268

Dewi, N. E. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Daya Minat Literasi Membaca dan Menulis Siswa, melalui Dongeng dan Cerpen. https://doi.org/10.31219/osf.io/p46x7

Fauzi, A. A. (2023). Penguatan masyarakat literasi melalui komunitas literasi “karsa” dengan pendekatan community based participatory research (cbpr). As-Sidanah : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 163–176. https://doi.org/10.35316/assidanah.v5i1.163-176

Ghani, N. F. A. A., Jamian, A. R., & Jobar, N. A. (2022). Environmental Impact of Reading Literacy Development. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities, 7(4), e001425–e001425. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i4.1425

Handayani Setyaningsih, W., & Kharismawati, M. (2020). The Existence of The Reading Community and Its Effect in Improving Human Resources Quality. KnE Social Sciences, 470–483–470–483. https://doi.org/10.18502/kss.v4i12.7620

Haque, O., Hoyer, S., Huynh, S., & Uppili, S. (2022). An investigation into the socioeconomic factors correlated with PISA reading scores. STEM Fellowship Journal, 1–5. https://doi.org/10.17975/sfj-2022-012

Misnati, M., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2022). Reading Literacy Improves Student’s Intelligence. KnE Social Sciences, 409–420. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11244

Muti’ah, R., Ritonga, M., Bangun, B., Harimansyah, H., Febrianto, D., & Sulaiman, S. (2023). Efforts To Increase Community Literacy. Abdi Dosen : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 237. https://doi.org/10.32832/abdidos.v7i1.1572

Nur, A., & Abdullah, M. S. (2022). Barru Literacy Community as the Alternative Literacy Movement: A Study on Cultivating Reading Literacy toward Society in Barru Regency, South Sulawesi Province. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 2(1), 11–25. https://doi.org/10.55480/saluscultura.v2i1.41

Oxenham, J. (2017). Literacy: Writing, reading and social organisation. Literacy: Writing, Reading and Social Organisation, 16, 1–141. https://doi.org/10.4324/9781351236508

Pekkolay, S. (2022). The Importance of Literacy. Scholars Journal of Arts, Humanities and Social Sciences, 10(1), 6–8. https://doi.org/10.36347/sjahss.2022.v10i01.002

Rabiudin, R. (2023). PENGUATAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS POST MODERN BAGI TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1760-1771.

Silaen, Y., & Hasfera, D. (2018). Membangun Generasi Literat Masyarakat Pesisir Pantai: Gerakan Literasi “Tanah Ombak.” Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(2), 103–118. https://doi.org/10.15548/SHAUT.V10I2.77

Susilo, H. (2017). The Impact of Basic Literacy Program to Create a Learning Society. 52–55. https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.9

Sutomonaio, T. (2023). Literasi Papua Barat Selalu di Level Terendah di Indonesia Berdasarkan Indeks Alibaca. Tribun Papua Barat, 1. https://papuabarat.tribunnews.com/2023/07/11/

Wijaya, A. W. A., Indasari, S. R., Samosir, F., & Petrus, S. (2020). The Roles of Parents and Community in Supporting Children’s Literacy Development. 27–31. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.005

Yawan, H. (2022). Yo Si Puedo: a Cuban Literacy Program To Strengthen Literacy Level in West Papua, Indonesia. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 6(1), 82–92. https://doi.org/10.24071/ijiet.v6i1.4269

Yektiningtyas, W., & Modouw, J. (2023). Bringing Books to Life: Engaging Papuan Children to Read. Bookbird: A Journal of International Children’s Literature, 61(1), 58–63. https://doi.org/10.1353/bkb.2023.0007

Downloads

Published

2023-11-29