Pelatihan Life Mapping: Membekali Mahasiswa Penerima Beasiswa Menghadapi Tantangan Globalisasi

Authors

  • Kaslam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1375

Keywords:

Life Mapping, Pemahaman Diri, Perencanaan Karier, Globalisasi

Abstract

Pelatihan Life Mapping bertujuan untuk membekali mahasiswa penerima beasiswa di Makassar dalam menghadapi tantangan globalisasi. Pelatihan diadakan dalam bentuk sesi interaktif dan reflektif yang membantu peserta meningkatkan pemahamannya tentang konsep Life Mapping dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman peserta tentang Life Mapping, serta penguatan pemahaman diri dan tujuan hidup. Peserta dapat merumuskan visi, misi, dan tujuan hidup yang konkret dan terukur, yang sesuai dengan nilai-nilai dan aspirasi pribadinya. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil mengembangkan keterampilan perencanaan karier peserta. Mereka mendapatkan wawasan tentang tren pasar kerja global, kebutuhan industri, dan perkembangan teknologi. Pengetahuan ini digunakan peserta untuk merancang rencana karier yang relevan dengan dinamika global saat ini. Peningkatan keterampilan hardskill dan softskill yang diberikan juga membantu peserta dalam meningkatkan daya saing di pasar kerja. Secara keseluruhan, pelatihan Life Mapping ini memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis yang bermanfaat, membantu peserta dalam mengembangkan diri mereka secara holistik, dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi era globalisasi dengan keyakinan dan ketegasan.

References

Ariep, Z. L. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Life Skill pada Pelatihan Penyiapan Kehidupan Remaja bagi Pendidik Sebaya di Balai Diklat Kependudukan Keluarga Berencana (KKB) Garut. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 127-135.

Ashoumi, H., Chotimah, C., Zulfah, M., Rahmawati, R., & Lailatul M., I. (2020). Pelatihan Metode Pembelajaran Mind Mapping Bagi Guru Mata Pelajaran MI Darul Ma'arif. Jumat: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, 1(1), 1-6.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(2), 121-136.

Nurlina , N., Yunus, M., Bisono, R. M., & Irawan, D. (2021). Pelatihan Mind Mapping K3 di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Kota Kediri dalam Rangka Mencegah Penularan Covid-19. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 255-264.

Prasetyo, I., Tohani, E., & Sumarno. (2013). Pengembangan Model Pendidikan Life Skills Berbasis Kewirausahaan melalui Experiental Learning. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 8(2), 94-103.

Rahmanita, L., & Hastuti, R. (2024). Pelatihan Mind Mapping sebagai Sarana Mencatat Siswa Kelas 5 SD dalam melatih Critical Thinking. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(1), 62-71.

Saliruddin, H., & Jaya, H. (2019). Pengembangan Aplikasi Mind Mapping dalam Menyiapkan Topik Penelitian Mahasiswa Fakultas Teknik UNM Program DIploma dan Sarjana dalam Rangka Percepatan Studi. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, 25-34.

Saputra, M. R., Noprianto, R., Erdianza, N., & Prasetya, A. (2020). Pelatihan Career Planning untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Merumuskan Rencana Karier. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 11(1), 24-34.

Ulfa, M. (2021). Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli: Jenis, Dampak & Contohnya. From Tirto.id: https://tirto.id/pengertian-globalisasi-menurut-para-ahli-jenis-dampak-contohnya-glte#:~:text=Globalisasi%20adalah%20proses%20meningkatnya%20interdependensi%20antara%20aktor%20negara,hubungan%20sosial%20yang%20lebih%20luas%20pada%20skala%20dunia.

Wiyanto. (2020). Pelatihan Membangun The Road Map Career Sejak di Bangku Sekolah bagi Siswa SMK YPUI Parung-Bogor. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 330-338.

Downloads

Published

2024-05-30