Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam Di Smp Negeri 4 Kelas Jauh Usaha Jaya, Misool Timur, Kabupaten Raja Ampat

Authors

  • Syarifah Esa Alhamid Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Evie Syalviana Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1429

Keywords:

Pembelajaran, Motivasi, Pendidikan Agama

Abstract

Pendidikan agama Islam sangat penting ditanamkan di setiap bangku persekolahan seperti halnya pada penelitian ini yang mengambil objek penelitian di SMP Negeri 4 Kelas Jauh Usaha Jaya, Misool Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana dalam pengambilan data menggunakan metode observasi. Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini bahwasanya keberadaan mahasiswa PPL memberikan dampak yang positif terhadap motivasi belajar di SMP Negeri 4 Kelas Jauh Usaha Jaya. Dengan adanya mahasiswa PPL diharapkan siswa/I lebih termotivasi dalam menambah wawasan terkait pendidikan agama di bangku sekolah.

References

Abdurrahman, H.(2016) Pengelolaan Pengajaran. Cet. IV : Ujung Pandang : PT. Bintang Selatan .

Ali, Muhammad (2017) Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. 8; Bandung: Sinar Baru Algesindo.

AM, Sardiman (2017) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Arifin, H.M (2015) Hubungan Timbal Balik Pendidikan di Lingkungan sekolah dan keluarga. Jakarta PT Bulan Bintang.

Deparmatemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2010). Kamus BesarBahasa Indonesia. Jakarta: Balai PustakaHamalik,

Oemar. (2014). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Sinar Baru AleksindoPeraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Lembaga Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika,.

Rustam, Tabrani (2017) Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Karya,. Sabrani, Ahmad (2016) Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Ciputat. Ciputat Press Group. Slameto (2018) Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : PT. Bina Aksara.

Downloads

Published

2024-05-16