Penerapan Belajar Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Di Smp Filial Usaha Jaya Smpn.4 Raja Ampat
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i1.1440Keywords:
Bahasa Inggris, Raja Ampat, BelajarAbstract
Program PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang di laksanakan oleh Mahasiswa yang mencakup, latihan mengajar maupun tugas-tugas kependidikan diluar mengajar secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan. Kegiatan PPL yang dilaksanakan adalah mengajar Bahasa inggris tepatnya pada SMP Filial Usaha Jaya SMPN.4 Raja Ampat. Hal tersebut dilakukan Sebagai bentuk pengalaman belajar di lapangan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya. Program PPL ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2023 sampai dengan tanggal 27 Desember 2023
Penerapan belajar bahasa inggris yang di lakukan pada SMP Filial Usaha Jaya SMPN.4 Raja Ampat menggunakan modern metode tujuannya agar mempermudah murid-murid membiasakan diri dalam belajar bahasa inggris yang sebelumnya belum mengenal pelajaran bahasa inggris sebab kondisi yang masih perkampungan. Upaya yang di lakukan untuk membantu murid-murid agar terbiasa dengan huruf- huruf hingga ejaan bahasa inggris yang belum pernah di lafalkan sebelumnya dengan mengikuti beberapa tahapan belajar bahasa inggris yaitu, Listening (Mendengar), Speaking (berbicara), Reading (membaca), dan writing (menulis).
References
Alviani Saridevita, Asep Suhendar, Najib Hasan. 2022. Analisis Kesulitan Pelafalan Kosakata Bahasa
Inggris Siswa Kelas V SDN Pondok Makmur, Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol.2 No.4. Hasyim Hasanah. 2017. Teknik-Teknik Observasi, Jurnal At-Taqaddum, Vol.8 No.1.
Mika Andika, Nova Mardiana. 2023. Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris di Era Globalisasi, Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.4 No.1.
Muhammad Ali Salman. 2022. Pembelajaran Partisipatif Sebagai Mode dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol.6 No.1.
Suaibatul Aslamiah. 2020. Kesulitan Belajar Bahasa Inggris dalam Perspektif Pendidikan, Jurnal
Kajian Pendidikan Dasar Anak Usia Dini, Vol.6 No.3.
Tiara Nur Fitria. 2022. Mastering English Grammar For Learnes (Menguasai Tatat Bahasa Inggris
Dasar Untuk Pembelajar), (Cet.1, Jawa Tengah, Eureka Media Aksara.