Peran BPJS Kesehatan Kc Sorong Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Rumah Sakit Melalui Visit Harian Peserta Ke Setiap Rumah Sakit Daerah Kota Dan Kabupaten Sorong

Authors

  • Nandya Rahmawati Hidayah Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Nuringsih Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Darnanegsih Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v2i1.1449

Keywords:

Peningkatan, mutu layanan, BPJS Kesehatan

Abstract

Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang didalamnya terdapat jaminan kesehatan nasional (JKN) merupakan bentuk komitmen pemerintah terhadap pelaksanaan jaminan kesehatan masyarakat di Indonesia. BUMN yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan tersebut adalah BPJS Kesehatan. Apabila pelayanan kesehatan yang diberikan baik maka akan semakin banyak peserta BPJS Kesehatan yang memanfaatkan pelayanan kesehatan tersebut, namun dapat terjadi sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan pelayanan BPJS Kesehatan di Indonesia. Selanjutnya dilakukan penapisan terhadap judul dan abstrak dengan Pemanfaatan pelayanan BPJS Kesehatan dapat diasumsikan cukup memadai. Namun diperlukan beberapa peningkatakan pelayanan agar tercapai peningkatan kepuasan masyarakat serta peningkatan pemanfaatan pelayanan kesehatan.

References

BPJS kesehatan, 2018. Peraturan presiden no 82 tahun 2018 tentang jaminan kesehatan. Sorong

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Nurjaman, K., Mustajam, A., Syaifuddin, S., Lubis, Y., & Abadi, Y. (2020). Meningkatkan Kinerja Perusahaan Dengan Menerapkan Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik Dalam Menyongsong Persaingan Global. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10403

Arip Ambulan Panjaitan, 2020. pemanfaatan pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial (bpjs) kesehatan di Indonesia. Vol 1 no1.

Downloads

Published

2022-05-12