Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Negeri 21 Usaha Jaya

Authors

  • Abdul Rahmat Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Evie Syalviana Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Fitrah Ariyani Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v2i1.1450

Keywords:

Minat Baca, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif upaya meningkatkan minat baca siswa. Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar menjadi tanggung jawab bersama, antara siswa itu sendiri, orang tua, sekolah, dan pemerintah. Namun rendahnya minat baca siswa di sekolah dasar menjadi salah satu halangan, kurangnya kemauan dan keinginan dari siswa itu sendiri, guru juga belum mengharuskan siswa untuk membaca buku saat pembelajaran yang diajarkan kepada siswa. Dalam Upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah sebaiknya siswa diberi dukungan agar minat baca itu muncul dari diri siswadan dikenalkan dengan bahan bacaan agar siswa tersebut terbiasa membaca. Maka dari itu kebiasaan membaca siswa dimasa duduk dibangku sekolah dasar akan menumbuhkan minat baca yang tinggi hingga siswa tumbuh dewasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.

References

Ajat Rukajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Anggraini, N., & Agussalim, A. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Gonda Kota Baubau. Penuh Asa: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-7.

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). RENDAHNYA MINAT BACA ANAK SEKOLAH DASAR. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22-30.

Hery Widodo. Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa. Semarang: Mutiara Aksara, 2019.

Marimbun, M. (2019). Minat membaca dan implementasinya dalam bimbingan dan konseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 74-84.

Meliyawati. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish, 2016.

Siti Rochajati. Melahirkan Duta Baca Strategi Peningkatan Minat Baca Untuk Anak SD. Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2020.

Sugiarto. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2022.

Suryana, F. I. F., Lahera, T., & Windayana, H. (2022). Pengelolaan Layanan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1310-1317.

Syarqawi, A., Fahira, A., Khalid, H. I., Kharismaylinda, J., & Nurhidayah, N. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2148-2153.

Waningyun, P. P., Riandini, D., & Wahyuni, S. (2023). Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa Kelas 5 MI Islamiyah Prembun. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 12-17.

Downloads

Published

2022-05-19