Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakteristik Siswa-Siswi Di SDIT Daarul Fikri Cendekia Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v2i2.1454Keywords:
Pendidikan, Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam, Pembentukan karakteristik siswaAbstract
Penulisan artikel ilmmiah ini bertujuan untuk menceritakan dan menggambarkan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakteristik siswa-siswi di SDIT Daarul Fikri Cendekia Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan teknik penulisan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian yaitu warga sekolah diantaranya kepala sekolah, guru wali kelas, dan siswa-siswi di SDIT Daarul Fikri Cendekia Kota Sorong. Teknik pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan hasil dari data observasi lapangan, wawancara, dan dokumetasi. Hasil penelitian ini menggambarkan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan karakter Islam dengan melihat upaya pembentukan karakteristik kepada siswa-siswi oleh guru yang memiliki didedikasi tinggi terhadap komitmen yang dibangun oleh kepala sekolah sehingga tujuan dalam pengimplementasian pendidikan karakter Islam terhadap siswa-siswi terjalin dengan baik dan tepat sasaran. Komitmen inilah yang kemudian dapat mengimplementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan karakteristik siswa-sisiwi melalui rutinitas kegiatan harian siswa-siswi di sekolah seperti sholat berjamaah yang dipimpin langsung oleh teman sebaya dengan bantuan berupa pengawasan guru, kajian jum’at pagi yang dibawakan oleh guru dengan tema yang berkaitan dengan pembangunan karakter seorang muslim yang sedang menuntut ilmu, hafalan Al-Qur’an, berdo’a sebelum dan sesudah belajar, pengecekan kuku di hari jum’at. Disamping pengimplementasian nilai-nilai pendidikan Islam
References
Daud, Firdaus, ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19.2 (2012), 243–55
Faiz, Aiman, Anis Pratama, and Imas Kurniawaty, ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1’, Jurnal Basicedu, 6.2 (2022), 2846–53
Ichsan, Fauqa Nuri, ‘Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum’, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13.2 (2021), 281–300
Maryani, Kristiana, ‘Penilaian Dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran Di Rumah Di Masa Pendemi Covid-19’, Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.2 (2020), 41–52
Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani, ‘Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud’, Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3.2 (2019), 50–57
Mulyadi, Mulyadi, ‘Hakikat Manusia Dalam Pandangan Islam’, Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3.1 (2017), 29–38
Nugraha, Dadan, Meida Arriwani Wulandari, Epa Yuningsih, and Novi Setiani, ‘Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Program Kewirausahaan Di Sekolah Dasa’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 6754–62
Rafsanjani, Toni Ardi, and Muhammad Abdur Razaq, ‘Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara’, Profetika: Jurnal Studi Islam, 2019, 16–29