Pengadaan Taman Baca Masyarakat Sebagai Learning Resources Center di Desa Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Maghfiroh Izzania Maulania STAI Ki Ageng Pekalongan
  • Nelli Murodah STAI Ki Ageng Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v2i1.592

Keywords:

Taman Baca Masyarakat, Learning Resources Center, dukungan, kendala

Abstract

Dalam mewujudkan masyarakat gemar belajar dan menumbuhkan budaya literasi, Taman Baca Masyarakat (TBM) mempunyai peranan strategis. Pasalnya, Taman Baca Masyarakat berdiri oleh, untuk, dan berada di tengah masyarakat. Sebagaimana yang disampaikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bahwa Taman Baca Masyarakat adalah sebuah tempat atau wadah yang didirikan dan dikelola baik oleh masyarakat maupun pemerintah yang memberikan akses layanan bahan bacaan. Pendirian Taman Baca Masyarakat ini didasarkan pada potensi yang ada di Desa Kemasan melalui metode penelitian dan observasi. Tujuan khsususnya adalah sebagai pusat belajar masyarakat (Learning Resources Center) yang nyaman dan menarik. Lebih lanjut, bahwa pendirian Taman Baca Masyarakat di Desa Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian dosen kolaborasi dengan mahasiswa kepada masyarakat didukung oleh pemerintah desa setempat khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dukungan tersebut berupa respon yang baik, diberikan fasilitas tempat dan perlengkapan lainnya. Namun, meski terdapat dukungan, ada pula beberapa kendala yang dialami dalam pendirian Taman Baca Masyarakat yaitu dalam hal pendanaan atau anggaran. Adapun, keberhasilan pendirian Taman Baca Masyarakat di Desa Kemasan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan dapat dilihat dari manfaat yang diterima oleh masyarakat khususnya anak-anak dan remaja sebagai sasarannya, yaitu termotivasi untuk cinta membaca, pengarahan pemanfaatan gadget sebagai media belajar, serta memberikan tempat belajar dan bermain yang asik bagi masyarakat

Downloads

Published

2022-05-15