Author Guidlines

Komponen Naskah

Naskah yang dikirimkan kepada PUBLIK: Publikasi Layanan Bimbingan dan Konseling Islam harus mengikuti sistematika penulisan yang ada (dapat diunduh pada template yang disediakan). Adapun komposisi naskah diantaranya mencakup:
1. Judul: Menggunakan diksi yang Singkat, Efektif, Spesifik, dan Jelas. Ditulis maksimal 15 kata dengan model Capitalize Each Word (font 17)
2. Penulis: Penulis dituliskan berurutan, dimulai dari penulis pertama, kedua, ketiga dan seterusnya (font 11). Dibawah penulis, dibubuhkan afiliasi, provinsi dan negara serta email penulis dan korespondensi (font 9)
3. Abstrak: Melengkapi dan mendeskripsikan inti dari sebuah artikel dengan cakupan tujuan, metode/ pendekatan, hasil dan diskusi (temuan penting) dan ditulis dengan bahasa inggris (font 10, 1 spasi).
4. Kata kunci: Mendeskripsikan konsep esensial sebuah artikel, maksimal 3-5 kata (font 10)
5. Pendahuluan: Up-to-date, orisinalitas, relevansi Topik, kesesuaian alasan penting objek penelitian. Mengandung aspek kesenjangan (gap analysis), kajian literatur singkat (memunculkan novelty dan state of the art), dan tujuan penelitian (font 11 dan 1,5 spasi)
6. Metode: Menekankan pada prosedur dan analisis data untuk studi empiris. Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis (font 11, 1,5 spasi)
7. Hasil: Ketepatan analisis yang ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, histogram, atau yang lain secara proporsional. Kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif atau formula statistik yang relevan dan terukur (font 11, 1,5 spasi)
8. Pembahasan: Temuan terkini, relevansi dengan peneliti terdahulu dan teori yang saling terkait, dan pengaruh kontribusi ilmiah dari temuan / gagasan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan (font 11, 1,5 spasi)
9. Penutup: Penutup berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/ atau tujuan penelitian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut (font 11, 1,5 spasi)
10. Referensi: Tingkat up-to-date dan referensi ke sumber buku utama. Aturan: minimal 90% jurnal atau peneliti ilmiah terbaru (min. 5 tahun sebelum penelitian) dan jumlah sumber buku minimal 10%. Penulisan referensi menggunakan format APA 6th Edition (American Psychological Association) dan direkomendasikan menggunakan perangkat lunak manajemen referensi Mendeley. Detail penulisan dapat dilihat pada template artikel yang telah disediakan.
Contoh: Rokhman, W. (2013). The Effect of Islamic Microfinance on Poverty Alleviation: Study in Indonesia. Economic Review: Journal of Economics and Business Vol. 11 (2). 21-30 Pustaka yang berupa judul buku: Rokhman, W. (2016). Islamic Management Practices in Islamic Microfinance: An Empirical Study. Idea Press, Yogyakarta

Proses Review Lengkap Naskah
1. Penulisan: Apakah naskah mudah diikuti, yaitu memiliki perkembangan yang logis dan pengaturan yang jelas?
2. Apakah naskah itu ringkas dan mudah dimengerti? Setiap bagian yang tidak perlu harus dikurangi,
3. Dieliminasi / diperluas / ditambahkan?
4. Catat jika ada masalah besar dengan mekanika: tata bahasa, tanda baca, ejaan. (Jika hanya ada beberapa tempat yang tidak ditulis dengan baik atau benar, buat catatan untuk memberi tahu penulis tempat-tempat tertentu. Jika ada masalah yang konsisten, berikan hanya satu atau dua contoh jika perlu, jangan semuanya).
5. Singkatan: Digunakan dengan bijaksana dan disusun sedemikian rupa sehingga pembaca tidak akan kesulitan mengingat apa yang dimaksud oleh singkatan.
6. Mengikuti gaya, format dan aturan jurnal lainnya.
7. Kutipan diberikan saat memberikan informasi berbasis bukti dari sumber luar.

Kategori Keputusan
• Dipublikasikan: Tidak Perlu Revisi
• Kecil: Revisi dapat dilakukan oleh Pemimpin Redaksi atau mereka yang membantu
• Sedang: Revisi hanya dapat dilakukan oleh penulis
• Ditolak: Tidak ilmiah atau terlalu banyak revisi

Pedoman Revisi
Naskah yang telah direview, diharapkan segera direvisi untuk menyesuaikan saran dan pertanyaan yang ada pada hasil review. Penulis diberi waktu paling lama 15 hari untuk merevisi makalahnya, terhitung sejak penyerahan hasil review. Jika pada saat itu penulis tidak mengupload makalah yang telah direvisi, maka makalah tersebut akan ditolak untuk diterbitkan (reject). Perpanjangan waktu dapat diberikan jika ada permintaan dan alasan yang kuat dari penulis. Makalah hasil revisi selanjutnya diupload ke website Jurnal dan juga dikirim melalui email jurnalpublik.bpi@gmail.com. Berikut ketentuan revisi makalah di Jurnal:
1. Ketika reviewer memberikan komentar di atas kertas (di kotak komentar), penulis diminta untuk langsung membalas di kotak komentar tersebut. Jawaban dari penulis dapat berupa Informasi yang telah dilakukan revisi atau alasan / argumentasi. Jika penulis tidak bersedia merevisi karena suatu alasan (mohon dapat disampaikan pada kolom komentar yang sudah tersedia secara singkat dan detail).
2. Revisi di atas kertas atau bahan tambahan / kalimat harap blok stabilo kuning.

Melampirkan contoh makalah proses revisi pada Jurnal untuk memudahkan proses revisi oleh penulis.