Peranan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah Dalam Mempererat Kesatuan Bangsa

Authors

  • Muhammad Sakir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mursalim UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ahmad Syafi'i UIN Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i1.1176

Keywords:

Role of Family, Sakinah Mawaddah Wa Rahmah, National Unity

Abstract

Indonesia's failing educational output is an inescapable reality of life. The high failure rate is caused by inappropriate family education. This research aims to emphasize that the role of a sakinah, mawaddah, wa rahmah family through character education can strengthen national unity. Comprehensively, this paper examines; (1) What is the role of the family in character building? (2) Why can the existence of the family be said to be a pillar in society? and (3) What is the form of a family that is sakinah, mawaddah and wa rahmah? Through the library research method using a descriptive approach, this research shows that the family acts as an agent of national character building through fostering children at home, the family is also a pillar in society for the benefit of the people, and a good family is a family that is sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter Berbasis Al-Qur’an: Konstruksivisme dan VCT sebagai Inovasi pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Adlini, Miza Nina, dkk. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022).

Al-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir. Jakarta: Gema Insani, 2001.

Chaniago, Rendy Iskandar. “Fitrah Manusia: Studi Perbandingan Antara Kajian Hubungan Internasional dan Kajian Al-Qur’an”. Tesis. Pascasarjana, Institut PTIQ Jakarta, 2023.

Dawud, Abu. Sunan Abu Dawud. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Fajarwati, Fajarwati. “Membangun Keluarga Qur’ani di Era Digital, Antara Harapan dan Tantangan”. Jurnal Tahqiqa: Jurnal Ilmiah Pemikiran Hukum Islam 17, no. 2 (2023).

Hafid, Abd. “Integrasi Nilai Agama dan Budaya sebagai Basis Pendidikan Karakter Berwawasan Kebangsaan”. Jurnal Arriyadhah 19, no. 2 (2022).

Hasbi, M. Fikri dan Dede Apandi. “Pernikahan dalam Perspektif Al-Qur’an”. Hikami-Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir 3, no. 1 (2022).

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Hidaya, Nurman dan Yasipin Aisna. “Pendidikan karakter anak usia dini sebagai upaya peningkatan karakter bangsa: Literature Review”. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak 2, no. 1 (2020).

Kasandra, Adelina, dkk. “Peran Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter”. Journal of Education on Social Issues 2, no. 3 (2023).

Khayattun, Nisa. “Permainan Tradisional dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini di Kelurahan Beringan Jaya Kecamatan Kemiling”. Skripsi (Lampung: UIN Raden Intan, 2023).

Magdalena, Ina, dkk. “Evaluasi Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”. Yasin 3, no. 5 (2023).

Marampa, Elieser R. “Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik”. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021).

Maulidya, Difa dan Ani Cahyadi. “Pembiasaan Kegiatan Keagamaan untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Perspektif Empirisme”. El-Buhuth 5, no. 2 (2023).

Muslim, Imam. Sahih Muslim. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2011.

Namang, Raimundus Bulet. “Negara dan Warga Negara Perspektif Aristoteles”. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 4, no. 2 (2020).

Nasional, Departemen Pendidikan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Nasution, Toni. Studi Masyarakat Sosial. Sumatera Barat: Azka Pustaka, 2023.

Nerizka, Dea, dkk. “Faktor Hereditas Dan Lingkungan Dalam Membentuk Karakter”. Jurnal Pendidikan Karakter 11, no. 1 (2021).

Pujiono, Slamet. “Membangun Integritas Pendidikan Etika Dalam Konsep Islam”. Jurnal Al-Hikmah 1, no. 1 (2020).

RI, Departemen Agama. Al-Jumanatul ‘Ali: Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: J-Art, 2004.

Rufaedah, Evi Aeni. “Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak”. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam 1, no. 1 (2020).

Shibah, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.

Yaumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Kencana, 2014.

Zubaidi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplkasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2011.

Downloads

Published

2024-04-16

How to Cite

Muhammad Sakir, Mursalim, & Ahmad Syafi’i. (2024). Peranan Keluarga Sakinah Mawaddah Wa Rahmah Dalam Mempererat Kesatuan Bangsa. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 16(1), 54–69. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v16i1.1176