Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Perspektif Orang Tua Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Nelli Murodah STAI Ki Ageng Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i1.380

Keywords:

distance learning, parents, madrasah ibtidaiyah

Abstract

This study is qualitative research that aims to analyze the policy of distance learning in the perspective of parents in madrasah ibtidaiyah. The data was collected with in-depth interviews, participatory observations, and documentation studies. Data analysis using interactive analysis models put forward by Miles and Hubermen. The results showed that parents' perception of the application of distance learning policy in madrasah ibtidaiyah can be said to be different. Some say agree, some disagree, and others disagree. Those who agree say that distance learning is effective, while those who disagree state that distance learning is less effective, not even effective to do.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi & M. Arifin. 2013. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Husaini, Usman. 2003. Metodoligi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Margolang, Darwis. dkk.. Diunduh 15 Januari 2021. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 (Kajian Persepsi Orang Tua tentang Efektivitas Pembelajaran Berbasis Online di Mis Al Fajar Sei Mencirim)”. Jurnal. Al- Ulum Pendidikan Islam. Vol. 1. No. 3. 2020. DOI: 10.30596/al-ulum.v%vi%i.87.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ni’mah, Faiqotul Izzatin. Diunduh 24 Agustus 2020. “Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling Sekolah Dolan”. Jurnal. Manajemen Pendidikan. Volume 25, Nomor 1, Maret 2016.

Nindiati, Dina Sri. Diunduh 24 Agustus 2020. “Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya pada Pelayanan Pendidikan”. Jurnal. Journal of Education and Instruction (JOEAI). Volume 3, Nomor 1, Juni 2020, e-ISSN:2614-8617, p-ISS:2620-7346, DOI:https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243.

Prawiyogi, Anggy Giri. dkk.. Diunduh 24 Agustus 2020. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta”. Jurnal. Pendidikan Dasar (JPD). P-ISSN:2086-7433, E-ISSN:2549-5801, DOI:doi.org/10.21009/JPD.011.10.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wawancara:

Hasanudin, Ahmad. 13 Oktober 2020. Orang Tua Murid Kelas II MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Kusniyanti, Ely. 13 Oktober 2020. Orang Tua Murid Kelas I MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Maryati, Sri. 13 Oktober 2020. Orang Tua Murid Kelas III MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Rochimah, Tutur. 25 Oktober 2020. Orang Tua Murid Kelas III MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Rosalia. 9 September 2020. Orang Tua Murid Kelas I MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Sela, Nur. 6 September 2020. Orang Tua Murid Kelas III MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Supinah. 25 Oktober 2020. Orang Tua Murid Kelas I MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Wastini. 12 September 2020. Orang Tua Murid Kelas II MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Zuhroh. 3 September 2020. Orang Tua Murid Kelas II MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Murodah, N. (2021). Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Perspektif Orang Tua Di Madrasah Ibtidaiyah. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 13(1), 157–172. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i1.380