Paradigma Keilmuan Dalam Al-Qur’an dan Penerapannya Pada Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Kontemporer

Authors

  • Candra Wesnedi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Syukri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Badarussyamsi Badarussyamsi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i2.403

Keywords:

Paradigma, Al-Qur’an, Lembaga Pendidikan Islam, Kontemporer

Abstract

Di era kontemporer ini, lembaga pendidikan Islam sebagian besar masih mengikuti platform keilmuan klasik. tradisi itu mengalami kesenjangan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah sangat kuat mempengaruhi peradaban umat manusia. Oleh karena itu, paradigma keilmuan berdasarkan al-Qur'an harus dibangun dengan menjadikan lembaga pendidikan Islam sebagai pilar-pilar yang menyusunnya. Penelitian ini bersumber dari kepustakaan, sedangkan analisis data yang dilakukan, mengingat penelitian ini bersifat kualitatif, maka peneliti akan menggunakan metode analisis interaktif. Hasilnya adalah bahwa paradigma keilmuan ini adalah ilmu dalam konsep sekuler hanya sekedar diorientasikan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan sehari-hari dalam kehidupan seseorang. Namun lain halnya dengan paradigma keilmuan dalam Islam yang selain untuk menyelesaikan persoalan hidup, juga sebagai realisasi ibadah kepada Allah, yaitu tauhid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Mohamad, “Telaah Kritis Filsafat Ilmu atas Paradigma Interkoneksitas Ilmu”, Tesis, Yogyakarta: UGM, 2009

Attas, Syed Muhammad Naquib al-, Konsep Pendidikan dalam Islam, Bandung: Mizan, 1984

..........................................................., Prolegomena to the Metaphysics of Islam, Kuala Lumpur: ISTAC, 2001

Hidayat, Fahri, “Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV(2), 2015

Kuhn, Thomas S., Structure of Scientific Revolution, Chicago: The University of Chicago Press, 1970

Lorens Bagus, Kamus Filsafat, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2002

Miles, Mathew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press, 1992

Mufid, Ahmad Syafi’i, “Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Agama,” dalam Menuju Peneltian Keagamaan: Dalam Perspektif Penelitian Sosial, ed. Affandi Muhtar, Cirebon: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Jati, 1996

Raharjo, M. Dawam, Ensiklopedi Al Qur`an, Ulumul Qur`an, Vol. 1(4), 1990

Rahim, Husni, Horizon Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press, 2004

Rahman, Fazlur, Al Qur`an Sumber Ilmu Pengetahuan, terj. H.M. Arifin, Jakarta: Bina Aksara, 1989

Riyadi, Ahmad Ali, Dekonstruksi Tradisi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2006

Salim, Agus, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006

Satriawan, Iwan, “Al-Qur’an dan Konstitusi Modern.” Dalam Media Indonesia, 8 Nopember 2002.

Shihab, M. Quraish, Wawasan al-Qur’an, Bandung: Mizan, 2006

Sugiyono, Memahami Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alphabeta, 2005

Suharno, Berpikir Islami, Al Jami`ah, Dirasah Islamiyah, Yogyakarta: t.p., 1990.

Suriasumantri, Jujun S, Ilmu dalam Pesrpektif, Sebuah Pengantar, Jakarta: Gramedia, 1985

Sutrisno, “Modernisasi Pendidikan Islam Fazlur Rahman: Telaah Epistemologi”, Disertasi, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2005

Syafi`ie, Imam, Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Al Qur`an, (Yogyakarta: UII Press, 2000

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Wesnedi, C., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Paradigma Keilmuan Dalam Al-Qur’an dan Penerapannya Pada Lembaga Pendidikan Islam Perspektif Kontemporer. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 13(2), 293–314. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v13i2.403