Problem Kebebasan Beragama dalam Praktik Amar Ma’ruf Nahi Mungkar
DOI:
https://doi.org/10.47945/tasamuh.v15i1.851Keywords:
kebebasan, ma’ruf, nahi, munkarAbstract
Hingga saat ini, isu kebebasan beragama terus bergulir. Sejumlah tokoh dan lembaga tiada henti mengampanyekan kebebasan beragama ke setiap lapisan masyarakat dan pemerintahan. Upaya ini muncul setelah hak kebebasan beragama dinilai tercederai oleh sikap yang dianggap intoleran dan tidak menghargai perbedaan. Dilansir dari Kompas.com pada 06/04/2021, Direktur Riset Setara Institute, Halili Hasan menyebut, tindakan intoleransi terhadap kebebasan beragama banyak dilakukan oleh aktor non-negara, seperti kelompok warga, individu, ormas keagamaan, hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI). Soal kebebasan beragama atau berkeyakinan sebetulnya telah dilindungi undang-undang seperti yang tertuang dalam Bab XA tentang Hak Asasi Manusia pasal 28E ayat 1 dan 2 tahun 1945. Makalah ini menggunakan metode deskriptif dan analisis,hasilnya Berdakwah dan menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar merupakan kewajiban bagi segenap Muslim, dan telah dipraktikkan oleh para nabi. Mereka mengajak umat manusia agar mengikutinya dalam kebenaran.
Downloads
References
REFERENSI
A.A.A Nanda Saraswati. Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan. Malang: Intrans Publishing, 2020.
Abd. Moqsith Ghazali. Argumen Pluralisme Agama Membangun Toleransi Berbasis Al-Quran. Depok: Kata Kita, 2009.
Abdul Rohman, Amir Reza Kusuma, Muhammad Ari Firdausi. “The Essence of ’Aql as Kamāl Al-Awwal in the view of Ibnu Sīnā and its Relation to Education.” Jurnal Dialogia 20, no. 1 (2022): 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533.
Abdullah al-Khalidi. Mukâsyafatul-Qulûb al-Muqarrib ilâ ‘Allâmil-Ghuyûb. Beirut: Muassasah al-Kutub ats-Tsaqafiyyah, 2002.
Abdurrahman bin Muhammad bin Husain bin Umar Ba’alawi. Bughyatul-Mustarsyidîn. Beirut: Dar al-Fikr, 1994.
Abdurrahman Hasan Habannakah al-Maidani. Fiqhud-Da’wah ilallâh. Damaskus: Dar al-Qalam, 1996.
———. Kawâsyifu Zuyûf fî al-Madzâhib al-Fikriyyah al-Mu`âshirah. Damaskus: Dar al-Qalam, 1991.
Abu al-Fadhl Ahmad bin Ali bin Hajar al-‘Asqalani. Fathul-Bâri Syarah Shahîh al-Bukhâri. X. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 1379.
Abu al-Hasan Ali bin Muhammad al-Mawardi. Al-Ahkâm as-Sulthâniyyah. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2006.
Abu Bakar bin Ahmad al-Husain al-Baihaqi. Syu’abu al-Îmân. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1988.
Abu Jakfar Muhammad bin Jarir at-Thabari. Jâmiul-Bayân ‘an Takwîli âyil-Qurân. IV. Beirut: Dar al-Fikr, 2005.
Abul Fida’ Ismail bin Umar bin Katsir ad-Dimasyqi. Tafsîrul-Qurân al-‘Adzîm. Beirut: Dar al-Fikr, 2005.
Ahmad Ahmad Ghalwusy. Da’wah al-Rusuli ‘Alaihim al-Salâm. Kairo: Muassasah ar-Risalah, 2002.
Ahmad bin Muhammad al-Maliki as-Shawi. Syarh as-Shâwi ‘alâ Jauharatit-Tauhîd. Beirut: Dar Ibnu Katsir, 1999.
Ahmad Warson Munawwir. al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. XIV. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.
Amir Reza, Kusuma. “Konsep Hulul Menurut Al-Hallaj Dan Penempatan Posisi Tasawuf.” Jurnal Penelitian Medan Agama 12, no. 1 (2022): 45–55.
Atabik, Said, Muhammad Ghozali, dan Amir Reza Kusuma. “Analisis Penerapan Akad Wakalah Bil-Ujrah pada layanan Go-Mart (Studi Analisis)” 8, no. 3 (t.t.): 3317. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6800.
Budhy Munawar-Rachman (Ed). Membela Kebebasan Beragama: Percakapan tentang Sekularisme, Liberalisme, dan Pluralisme. I. Jakarta: Democracy Project, 2011.
Fakhruddin Muhammad bin Umar bin al-Husain at-Tamimi ar-Razi. Mafâtihul-Ghaib. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2005.
Habib Zain bin Ibrahim bin Sumaith al-Husaini. Al-Manhaju as-Sawi. Jeddah: Dar al-Fathi, 2013.
Hammad bin Nashir bin Abdurrahman. Al-Da’wah. Riyadh: Dar Kunuz, 2004.
Ibn Atsir Majduddin bin Muhammad al-Syaibani al-Jazari. An-Nihâyah Fî Gharîbil-Hadîts wal-Atsar. V. Beirut: Maktabah Ilmiyyah, 1979.
Ihsan, Nur Hadi, Fachri Khoerudin, dan Amir Reza Kusuma. “Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme.” Journal for Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323.
Ihsan, Nur Hadi, Amir Reza Kusuma, Djaya Aji Bima Sakti, dan Alif Rahmadi. “WORLDVIEW SEBAGAI LANDASAN SAINS DAN FILSAFAT: PERSPEKTIF BARAT DAN ISLAM,” t.t., 31. https://doi.org/DOI: 10.28944/reflektika.v17i1.445.
Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali. Ihyâ’ ‘Ulûmiddîn. II. Beirut: Dar al-Qalam, t.t.
Isaiah Berlin. Liberty: Incorporating Four Essays on Liberty. Disunting oleh Henry Hardy. Newyork: Oxford University Press, 2002.
Kubro, Syaikhul, Harda Armayanto, dan Amir Reza Kusuma. “TELAAH KRITIS KONSEP TUHAN DALAM AGAMA BAHA’I: SEBUAH TREN BARU PLURALISME AGAMA” 18, no. 2 (2022). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06.
Kusuma, Amir Reza. “Konsep Jiwa Menurut Ibnu Sina dan Aristoteles.” Tasamuh: Jurnal Studi Islam 14, no. 1 (2022): 30. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v14i1.492.
———. “Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas,” 2022, 15. https://doi.org/DOI : 10.15548/alqalb.v13i2.4386.
———. “PROBLEM KONSEP KOMUNIKASI BARAT (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi).” Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi 5, no. 2 (21 Desember 2021): 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622.
Latief, Mohamad, Amal Fathullah Zarkasyi, dan Amir Reza Kusuma. “PROBLEM SEKULER HUBUNGAN AGAMA DAN NEGARA MENURUT ALI ABDUL RAZIQ” 7 (2022).
Latief, Mohammad, Cep Gilang Fikri Ash-Shufi, Amir Reza Kusuma, dan Fajrin Dzul Fadhlil. “Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy” 7, no. 1 (t.t.): 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095.
Muhammad Abdurrauf al-Munawi. Faidhu al-Qadîr. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1990.
Muhammad Ahmad al-‘Adawi. Da’wah al-Rusuli Ilallâhi Ta’alâ. Kairo: Al-Ashriyyah, 2020.
Muhammad al-Ghazali. Huqûq al-Insân. Kairo: Nahdlah Misr, 2005.
Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Qurasyi. Ma’âlimul-Qurbah fî Ahkâmil-Hisbah. Kairo: Maktab al-A’lam al-Islami, 1408.
Muhammad bin Sa’ad bin Mani’ az-Zuhri. Al-Thabaqât al-Kabîr. Kairo: Maktabah al-Khanji, 2001.
Muhammad bin Salim bin Said Babashil. Is`âdu al-Rafîq wa Bughyatu al-Shadîq. Surabaya: Al-Haramain, 2005.
Muhammad bin Umar Nawawi al-Bantani. Mirqâtu Su’ûdit-Tashdîq. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2010.
Muhammad Mahdi al-Musawi al-Khalkhali. Al-Hâkimiyyah fil-Islâm. Qum: Majma’a al-Fikriyyah al-Islami, 1420.
Muhammad Syifa’urrahman dan Amir Reza Kusuma. “قضية صفات الله عند المعتزلة وأبي الحسن الأشعري وابن تيمية.” Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat 18, no. 1 (10 Agustus 2022): 153–88. https://doi.org/10.24239/rsy.v18i1.876.
Muslih, Mohammad, Ryan Arief Rahman, Amir Reza Kusuma, Abdul Rohman, dan Adib Fattah Suntoro. “Mengurai Disrupsi Paham Keislaman Indonesia Dalam Perspektif Tipologi Epistimologi Abid Al- Jabiri” 6, no. 2 (2021): 16. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v6i2.14028.
Peneliti Komnas HAM. Jurnal HAM. Jakarta: Komnas HAM, 2014.
Rahman, Ryan Arief. “DISKURSUS FENOMENOLOGI AGAMA DALAM STUDI AGAMA-AGAMA,” t.t., 32.
Saleh, Sujiat Zubaidi, Abdul Rohman, Amir Hidayatullah, dan Amir Reza Kusuma. “IKHBĀR AL-QUR’ĀN ‘AN AL-MAZĀYĀ WA AL-KHAṢAIṢ FĪ ‘ĀLAM AL-NAML: Dirāsah ‘alā al-I’jāz al-‘Ilmī fī sūrat an-Naml.” QOF 5, no. 1 (15 Juni 2017): 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583.
Sayid Ahmad bin Hasan al-‘Aththas. Tadzkîrun-Nâs. tt: Maktabah al-Makruf, t.t.
Sayid Muhammad bin Muhammad al-Husaini al-Murtadha az-Zabidi. Ithâfus-Sâdah al-Muttaqîn. VII. Beirut: Muassisah at-Tarikh al-Arabi, 1994.
Syekh Abdul Hamid asy-Syarwani. Hawâsyi asy-Syarwânî wa Ibni Qâsimi al-‘Abâdî ‘alâ Tuhfatil-Muhtâj bi Syarhil-Minhâj. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2003.
Syekh Abdul Qadir Jailani bin Abi Shalih al-Jailani. Al-Ghunyah li Thâlibî Tharîqil-Haqqi ‘Azza wa Jalla. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1997.
Syekh Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi. Marâhu Labîd Likasyfi Ma’nal-Qurân al-Majîd. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2017.
Syekh Nuh Ali Salman al-Qudhah. Al-Mukhtashar al-Mufîd fî Syarhi Jauharatit-Tauhîd. Oman: Dar ar-Razi, 1999.
Tim Penyusun Bahasa Arab. al-Mu’jam al-Washîth. Kairo: Maktabah as-Syuruq ad-Dauliyyah, 2005.
Tim Penyusun Setara Institute. Negara Menyangkal. Jakarta: Pustaka Masyarakat Setara, 2011.
Tim Penyusun The Wahid Insitute. “Laporan Tahunan Kebebasan Beragama/Berkeyakinan dan Intoleransi.” Jakarta, 2014.
Umar Sulaiman al-Asyqar. Al-Rusulu wa al-Risâlah. Yordania: Dar an-Nafais, 1995.
W.J.S Poerwadarminta. Kamus Umum Bahasa Indonesia. III. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
.