Paradigma qurani

Authors

  • Retha Dianita Uinfas
  • Yelmi Novita Piqriani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i2.1083

Keywords:

Paradigma qurani

Abstract

Bagi umat Muslim, menjadikan Al-Qur’an sebagai inspirasi sekaligus paradigma dalam mewujudkan atau mendesain pendidikan bukanlah hal yang bersifat utopis dan berlebihan justru merupakan suatu keniscayaan mengingat Al-Qur’an merupakan sumber utama sekaligus menjadi basis referensi dalam perumusan hukum Islam. Sebagai sebuah paradigma, maka hal tersebut akan terwujud dalam kerangka yang menjadi tolak ukur sejauh mana semangat dan pesan Al-Qur’an direalisasikan dalam mengupayakan pendidikan Islam.

Al-Qur’an sebagai petunjuk umat manusia memiliki nilai yang universal dan eternal.Keuniversalan al-Qur’an ini berarti tidak mengenal batas teritorial dan sekat-sekat kemanusiaan. Sedang eternalitasnya membuatnya mampu berjalan seiring dengan semangat zaman yang melingkupinya. Oleh karena itu, dengan kedua sifat tersebut prinsip-prinsip umum yang diemban oleh al-Qur’an akan selalu dirasakan manfaatnya oleh umat manusia, asal mereka mau melakukan pengkajian-pengkajian yang seksama dan komprehensif terhadap ayat-ayatnya yang tersebar dalam 114 surat itu. Upaya memahami pesan-pesan al-Qur’an dalam sebaran ayat-ayatnya itulah hakikat tafsir, sehingga dari seni dapat dimengerti betapa urgennya tafsir al-Qur’an itu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussalam, Aam. 2011. Paradigma Tauhid: Kajian Paradigma Alternatif Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 9 No. 2

Al-Qusyairi, Abu Qasim. 2000. Lata’if al-Isyarat: Tafsir Sufi al-kamil li al-Qur’an al-Karim, Vol. 3. Cairo: al-Hay’ah al-Misriyyah al-‘Ammah li al-Kitab.

Hidayatullah, Syarif. Februari 2014. Epistemologi Pemikiran Sir Muhammad Iqbal, Jurnal Filsafat Vol. 24, No. 1

Izutsu, Toshihiko. 2003. Konsep-konsep Etika Religius dalam Al-Quran. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Madjid, Nurcholis. 2008. Islam Kemoderenan dan Keindonesiaan. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Marsyam, Abdul Waris. Desember 2021. Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan Vol 3 No. 2

Mudlofir, Ali. November 2011. Tafsir Tarbawi Sebagai Paradigma Qur’ani Dalam Reformulasi Pendidikan Islam, Al-Tahrir Vol.11, No. 2

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Dianita, R., & Novita Piqriani, Y. (2023). Paradigma qurani. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 15(2), 223–247. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i2.1083