Evaluation Model of Islamic Religious Education Learning Program at Madrasah 'Aliyah Level in East Java
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v16i2.1482Keywords:
Program Evaluation Model, Evaluation Principles, Islamic Education, Madrasah 'Aliyah, Jawa TimurAbstract
Evaluasi program pembelajaran Pendidikan Agama Islam di madrasah merupakan komponen penting untuk menjamin mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan. Akan tetapi, praktik evaluasi program Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah seringkali bersifat parsial dan terbatas pada penilaian capaian pembelajaran peserta didik. Padahal, terdapat berbagai model evaluasi program yang dapat diterapkan untuk menghasilkan suatu evaluasi yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi model evaluasi program pembelajaran PAI yang dapat diterapkan di Madrasah Aliyah, menganalisis kesesuaiannya dan implementasinya untuk meningkatkan mutu pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan mengkaji program pembelajaran PAI di beberapa Madrasah Aliyah di Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini mengidentifikasi beberapa model evaluasi program pembelajaran PAI yang dapat diterapkan di Madrasah Aliyah, dengan fokus pada evaluasi berbasis tujuan, evaluasi berbasis pemangku kepentingan, dan evaluasi responsif. Model-model tersebut dievaluasi berdasarkan kesesuaiannya dengan konteks, ruang lingkup, dan ketersediaan sumber daya.
Downloads
References
Achmadin, Balya Ziaulhaq, Benny Afwadzi, U I N Maulana, and Malik Ibrahim. “Synchronization the Merdeka Curriculum at Madrasah ’ Aliyah Learning Akidah Akhlak : Facing The Challenges of Moral Degradation in the Era of Society 5 . 0.” JRTIE (Journal of Research and Thought on Islamic Education 7, no. 1 (2024): 61–90.
Achmadin, Balya Ziaulhaq, Abdul Fattah, and Marno Marno. “Metode Dan Strategi Pengajaran Pendidikan Islam Terhadap Generasi Milenial.” Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE) 5, no. 2 (2022): 102–29. https://doi.org/10.24260/jrtie.v5i2.2315.
Akhmad, Junaidi. “Evaluasi Program Measurement Model.” Pendidikan, Dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2023): 81–90.
Alimni, Alimni, Alfauzan Amin, and Dwi Agus Kurniawan. “The Role of Islamic Education Teachers in Fostering Students’ Emotional Intelligence.” International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) 11, no. 4 (December 1, 2022): 1881. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22116.
Belloni, A. “Program Evaluation and Causal Inference With High-Dimensional Data.” Econometrica 85, no. 1 (2017): 233–98. https://doi.org/10.3982/ECTA12723.
Dahlan, Ahmad. “Integrating Local Wisdom Values in Elementary School To Strengthen Students ’ Caring Character Amaliyah Ulfah Universitas,” 2018. https://www.semanticscholar.org/paper/a0e0b29c845a398e7d90e6c174c1879e625be30c.
Faizin, Afif, and Hesti Kusumaningrum. “Review Model-Model Evaluasi Program Untuk Pendidikan Dan Pelatihan Online.” EduManajerial 1, no. 1 (2023): 42–54. https://doi.org/10.15408/em.v1i1.32245.
Goncalves, A. “Generation and Evaluation of Synthetic Patient Data.” BMC Medical Research Methodology 20, no. 1 (2020). https://doi.org/10.1186/s12874-020-00977-1.
Ina, Magdalena, Septiyani Alina, Bahri Tauriska Aprilis Bunga, and Komsiah Ani Fitri. “Penyusunan Desain Dan Evaluasi Formatif.” Cendekia Pendidikan 1, no. 1 (2023): 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332.
Malcolm, S B. “Chester Barnard’s Moral Persuasion, Authenticity, and Trust: Foundations for Leadership.” Journal of Management History 16, no. 4 (2010): 454–67. https://doi.org/10.1108/17511341011073942.
Mardiah, Mardiah, and Syarifudin Syarifudin. “Model-Model Evaluasi Pendidikan.” MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 2, no. 1 (2019): 38–50. https://doi.org/10.46963/mash.v2i1.24.
Mardiah, and Syarifuddin. “MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN” 02, no. 01 (2007): 38–50.
Minsih, Minsih, and Aninda Galih D. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Profesi Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2018): 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144.
Murtafiaf, Nurul Hidayati. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.
Okoye, K. “Impact of Students Evaluation of Teaching: A Text Analysis of the Teachers Qualities by Gender.” International Journal of Educational Technology in Higher Education 17, no. 1 (2020). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00224-z.
Pereira, L. “Performance Evaluation in Non-Intrusive Load Monitoring: Datasets, Metrics, and Tools—A Review.” Wiley Interdisciplinary Reviews: Data Mining and Knowledge Discovery, 2018. https://doi.org/10.1002/widm.1265.
Putra, Andreas, T. A. “Evaluasi Program Pendidikan: Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach).” Jurnal IAIN, 2018, 55–68.
Putra, Tanwir Syah. “Model Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Diniyah Di SMPN 2 Banda Aceh,” 2018, 94. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/6665/2/Tanwir Syah Putra.pdf.
Rahman, Arief Aulia, and Cut Eva Nasryah. Evaluasi Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
Ramezan, C A. “Evaluation of Sampling and Cross-Validation Tuning Strategies for Regional-Scale Machine Learning Classification.” Remote Sensing 11, no. 2 (2019). https://doi.org/10.3390/rs11020185.
Sandhiyasa, I M S. “The Evaluation of the Academic Progress Information System SIsKA-NG Mobile Based on Heuristic and User Experience.” International Journal of Modern Education and Computer Science 14, no. 2 (2022): 55–64. https://doi.org/10.5815/ijmecs.2022.02.05.
SIREGAR, A B D AMRI. “Evaluasi Model Cipp.” Evaluasi Program Dan Kelembagaan Pendidikan Islam 9, no. 2 (2021): 163. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5904/1/EVALUASI PROGRAM DAN KELEMBAGAAN PENDIDIKAN ISLAM.pdf#page=170.
Siregar, Siti Wahyuni. “Model Dan Rancangan Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling.” Hikmah 11, no. 2 (2017): 271–90. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Hik/article/view/747.
Siti Robingah Pujianti. Evaluasi CIPPO Program Pendampingan Kurikulum 2013 Bagi Guru Kelas X SMA Di Kota Semarang, 2017. http://lib.unnes.ac.id/29547/1/1102413003.pdf.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2021.
Suyanto, and Asep Jihad. MENJADI GURU PROFESIONAL: Strategi Meningkatkan Kualifikasi Dan Kualitas Guru Di Era Global. Penerbit Erlangga, 2013.
Wahyudhiana, D.dan. “Model Evaluasi Program Pendidikan.” Islamadina 1, no. 1 (1993): 1–28.
Warsono, Sri. “Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa.” Manajer Pendidikan 10, no. 5 (2016): 469–76.
Wirahyuni, K. “Validity and Reliability of a Digital-Based Affective Evaluation Instrument on Indonesian MPK Learning at Ganesha University of Education.” International Journal of Early Childhood Special Education 13, no. 2 (2021): 1138–45. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211159.
Wurdinger, S D. Using Experiential Learning in the Classroom: Practical Ideas for All Educators. books.google.com, 2005. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=nsxgovtz8Z4C&oi=fnd&pg=PP1&dq=experiential+learning&ots=I6SZEytC0a&sig=mSxy3I2cho6de1jyTZB8JMBSnNY.
Yusof, M R. “The Measurement Model of Geo-Education among Trainee Teachers in Malaysia.” International Journal of Evaluation and Research in Education 10, no. 2 (2021): 714–19. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20706.