Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Pai Melalui Pendekatan Beyond Centers And Circle Time (BCCT)
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i1.151Keywords:
Children's Cognitive, BCCT Approach, PAIAbstract
This paper discusses the improvement of children's cognitive in learning of PAI using BCCT (Beyond Centers and Circle Time) approach. In this approach, the child is stimulated to actively perform the play activities while learning in the learning centers. Center a made based on the needs and development of children. Some centers used include 1) central role play; 2) beam center; and 3) worship centers; 4) preparation center; 5) art creativity center; and 6) centers of natural materials. The results of the study indicate that the BCCT approach improves children's cognitive development with the support of this approach.
Downloads
References
A. Martuti. Mendirikan dan Mengelola PAUD: Manajemen, Administrasi, dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2010.
____. Mengelola PAUD. Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2008.
Abdul Majid dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kerikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Ahmad, Muhamad Abdul Qadir. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
_____. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media, 2010.
_____. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Departemen Agama RI. Mushaf Qur’an Terjemah. Jakarta: Gema Insani, 2002.
Desmita. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
E. Mulyasa. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Fitriyani, Dety. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan pada Anak Usia Dini di PGIT Umar bin Khatab Kudus.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009.
Hartati, Netty, et.al. Islam dan Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.
Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press, 2010
Hurlock, Elizabeth Bergner. Child Development. Japan: McGraw-Hill, 1983.
Iskandar. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.
Ismail SM. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group, 2011.
M. Dalyono. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997.
Mansur. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Masyrikha, Iffah. “Upaya Pengembangan Kurikulum di PAUD Mekar Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2010.
Mendiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.
Muhaimin, et.al. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.
Nisrokh. “Model Pembelajaran Pendidikan Aanak Usia Dini di Lembaga PAUD Islam Terpadu Mutiara Hati Babagan Kec. Lasem
Kab. Rembang.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009.
Noorlaila, Iva. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2010.
Partini. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafino Litera Media, 2010.
Pramita, Eka W. Dahsyatnya Otak Anak Usia Emas. Yogyakarta: Interprebook, 2010.
Prasetyono. Metode Membuat Anak Cerdas Sejak Dini. Yogyakarta: Garailmu, 2008.
Psaek, Kathy Hirsh, et.al. Einstein Tak Pernah Mneghafal: Bagaimana Sesunguhnya anak-anak Belajar dan Mengapa Mereka Harus Banyak Bermain dan Sedikit Menghafal, terj. Fahmi Yamani. Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2006.
Rahman, Jamaal ‘Abdur. Tahapan Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2008.
S. Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sangadah, Naelis. “Implementasi Pendekatan Beyond Centers and Circles Time (BCCT) dalam Pengembangan Kreativitas Anak: Studi
pada Pendidikan Anak Usia Dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009.
Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Soejanto, Agoes. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.
Sujiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks, 2009.
Sukardi. Metodologi Penelitian Tindakan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Sunarto & B. Agung Hartono. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Suwarno. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Utsman, Akram Misbah. 25 Kiat Membentuk Anak Hebat, terj. Fitriah Wride. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.
Yahya, Mukhtar. Pertumbuhan Akal dan Memanfaatkan Naluri KanakKanak. Jakarta: Bulan Bintang, 1980.
Yulianti, Dwi. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Indeks, 2010.
Zuhairini, et.al. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.