Strategi Guru Pendidikan Agama dalam Menanamkan Nilai-nilai Religiusitas pada Peserta Didik di MI Al-Maa’arif Fakfak

Authors

  • Djahra Djafar Bauw Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Syawaluddin Hanafi Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Fardan Abdillah Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v17i1.1573

Keywords:

Islamic Religious Education, Religiosity, strategy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru pendidikan agama Islam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada siswa MI Al-Maa'rif Fakfak. Metode yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam di MI Al-Maa’rif Fak-fak. Selanjutnya data yang diperoleh diperiksa keabsahannya yang bertujuan agar dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hasil penelitian dari strategi guru menemukan bahwa ada dua faktor penting yang mempengaruhi strategi guru pendidikan agama islam, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam sekolah sedangkan faktor eksternal berasal dari luar seperti lingkungan dan keluarga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Surya, Mohammad, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi Bandung: Alfabeta, 2014

Nurdin, Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2017

Mufron, Ali. Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: Aura Pustaka. 2013

Muhaimin, et. al., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Arwani, Agus, Peran Spiritualitas Dan Religiusitas Bagi Guru Dalam Lembaga Pendidikan,” Forum Tarbiyah 11, no. 1 (Juni 2013)

Fatchana, Diana Tofan, “Peningkatan Religiusitas Siswa Melalui Budaya Sekolah,”Tesis Surabaya: UIN Surabaya, 2018.

Mufid, Muhammad, “Kebijakan kepala sekolah tentang program literasi berbasis Pendidikan Agama Islam dan implementasinya dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik di SMK Bhakti Nusantara Salatiga”. Tesis, Salatiga : Program Pascasarjana IAIN Salatiga 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta,2013

Roqib Moh., Ilmu `Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat.. Cet.3; Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang.. 2018

Hawi, Akmal, Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014

Yasnel dan Susiba, Akidah Akhlak, Pekanbaru : CV. Mutiara Pesisir Sumatra, 2014

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Bauw, D. D., Hanafi, S., & Abdillah, F. (2025). Strategi Guru Pendidikan Agama dalam Menanamkan Nilai-nilai Religiusitas pada Peserta Didik di MI Al-Maa’arif Fakfak. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v17i1.1573