Strategi Guru Pendidikan Agama dalam Menanamkan Nilai-nilai Religiusitas pada Peserta Didik di MI Al-Maa’arif Fakfak
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v17i1.1573Keywords:
Islamic Religious Education, Religiosity, strategyAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru pendidikan agama Islam menanamkan nilai-nilai religiusitas pada siswa MI Al-Maa'rif Fakfak. Metode yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam di MI Al-Maa’rif Fak-fak. Selanjutnya data yang diperoleh diperiksa keabsahannya yang bertujuan agar dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Hasil penelitian dari strategi guru menemukan bahwa ada dua faktor penting yang mempengaruhi strategi guru pendidikan agama islam, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam sekolah sedangkan faktor eksternal berasal dari luar seperti lingkungan dan keluarga.
Downloads
References
Surya, Mohammad, Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi Bandung: Alfabeta, 2014
Nurdin, Muhammad, Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2017
Mufron, Ali. Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: Aura Pustaka. 2013
Muhaimin, et. al., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Arwani, Agus, Peran Spiritualitas Dan Religiusitas Bagi Guru Dalam Lembaga Pendidikan,” Forum Tarbiyah 11, no. 1 (Juni 2013)
Fatchana, Diana Tofan, “Peningkatan Religiusitas Siswa Melalui Budaya Sekolah,”Tesis Surabaya: UIN Surabaya, 2018.
Mufid, Muhammad, “Kebijakan kepala sekolah tentang program literasi berbasis Pendidikan Agama Islam dan implementasinya dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik di SMK Bhakti Nusantara Salatiga”. Tesis, Salatiga : Program Pascasarjana IAIN Salatiga 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta,2013
Roqib Moh., Ilmu `Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat.. Cet.3; Yogyakarta: LkiS Printing Cemerlang.. 2018
Hawi, Akmal, Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014
Yasnel dan Susiba, Akidah Akhlak, Pekanbaru : CV. Mutiara Pesisir Sumatra, 2014