RELEVANSI PENDIDIKAN PERSPEKTIF HARUN NASUTION (RELIGIUS-RASIONAL) DENGAN DUNIA MODERN
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i2.280Keywords:
Pendidikan, Perspektif, Harun Nasution,Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemikiran Harun Nasution dalam pendidikan dan relevansinya dengan dunia modern. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pengumpulan data dokumentasi dan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan literatur. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Harun Nasution dikenal memiliki keahlian dalam bidang teologi dan filsafat yang bercorak rasional dan liberal. Islam rasional adalah Islam yang dalam menjelaskan ajaran-ajarannya tidak hanya mengandalkan pendapat wahyu, tetapi juga mengikutsertakan akal pikiran. Implikasi pemikiran pendidikan Harun Nasution terhadap dunia modern yaitu terlihat dari proses menjadikan IAIN Jakarta sebagai pusat studi pemikiran Islam dan pendidikan moral di semua apsek pendidikan yang lebih diutamakan. Dan dengan pemahaman agama yang rasional maka akan dapat berfikir secara rasioanal dalam menyikapi masalah umat manusia dan pemahamanya.
Downloads
References
Abd. Rahman Assegaf. Filsafat Pendidikan Islam; Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Intregatir-interkonektif,. Jakarta: PT. Raja Grafindo Parsada, 2014.
Abudin Nata. Metodologi Studi Islam,. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Budi Hadrianto. 50 Tokoh Islam Liberal Indonesia. Jakarta: Hujjah Press, 2007.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi, 2010.
Herlina Harahap. Pembaharuan Pendidikan Islam Perpektif Harun Nasution. Pontianak: STAIN Pontianak Press, 2006.
Hidayat, Muhammad Husnol. “Harun Nasution dan Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2015): 23–38.
Irfan, Muhammad. “Paradigma Islam Rasional Harun Nasution: Membumikan Teologi Kerukunan.” JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA (JISA) 1, no. 1 (30 Juni 2018): 109–27. https://doi.org/10.30829/jisa.v1i1.1784.
Jamal, Khairunnas. “Pemikiran Tafsir Harun Nasution (Studi Tentang Pola Penafsiran Al-Qur’an Dalam Karya Tulis).” Jurnal Ushuluddin 18, no. 1 (1 Juni 2012): 58–69. https://doi.org/10.24014/jush.v18i1.699.
Maragustam. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.
———. Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana, FITK UIN Sunan Kalijaga, 2019.
Nurisman. Pemikiran Filsafat Islam Harun Nasution. Yogyakarta: Teras, 2014.
Uyoh Sadulloh dkk. Pedagogik: Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta, 2018.
Yanti, Depi. “Konsep Akal dalam Perspektif Harun Nasution.” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains 6, no. 1 (5 Juli 2017): 51–62. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1300.