Implementasi Pendidikan Pranatal Persepektif Islam

Implementasi Pendidikan Pranatal Persepektif Islam

Authors

  • Suryadi Suryadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
  • Imam Turmudi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i2.281

Keywords:

Keyword: Pendidikan Pranatal, Islam dan Implementasi

Abstract

Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan seseorang. Melalui pendidikan, manusia berbekal pengetahuan dan keterampilan sehingga manusia akan berkembang menjadi lebih baik. Pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam setiap tatanan masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan adalah suatu usaha untuk mengembangkan dan mengaktualisasikan diri seseorang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian dalam hal ini adalah ibu hamil di Desa Bloro. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: pendidikan pranatal menurut Islam yang diterapkan oleh ibu hamil dengan beberapa metode, yaitu: membaca Al-Qur’an, Sholat, berpuasa, berdzikir, mengikuti pengajian di majlis ta’lim, berdo’a serta menjada perilaku selama kehamilan. Faktor pendorong pendidikan pranatal yaitu motivasi keluarga, pemahaman pendidikan pranatal, dan motivasi dari suami. Serta faktor penghambat berupa kondisi fisik, ekonomi dan psikis. Pemahan ibu hamil di desa Bloro tentang pendidikan pranatal bisa dikatakan cukup baik. Mereka percaya bahwa anak dalam masa kandungan sudah bisa dididik dan direncanakan sesuai harapan orang tua. Pendidikan itu berupa stimulasi, sentuhan, komunikasi, dan juga pendidikan secara tidak langsung baik dalam bentuk fisik maupun psikis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-13

How to Cite

Suryadi, S., & Turmudi, I. (2020). Implementasi Pendidikan Pranatal Persepektif Islam: Implementasi Pendidikan Pranatal Persepektif Islam. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(2), 201–220. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i2.281