Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MAN 1 Kendari

Authors

  • Kharis Sulaiman Hasri UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.330

Keywords:

Al-Qur’an Hadis, Teaching Style, MAN 1 Kendari

Abstract

The monotonous teaching style and cooking have made students ineligible for learning. While choosing the right teaching style is the key to an effective learning process. The purpose of this study was to examine the teaching style of teachers in learning the Qur'an Hadith in MAN 1 Kendari. The method used is a qualitative method. The results of this study indicate that the dominant teaching style used by teachers of the Qur'an in MAN 1 Kendari is that all the teachers of al-Al-Hadis use the classical teaching style. However, all teachers issue or integrate classical teaching styles with other teaching styles. Namely using a classical teaching style that is combined with interactional teaching styles and technological teaching styles that are combined with interactional teaching styles

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. V. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.

Al-Qattan, Manna’ Khalil. Mabahits Fi “Ulum Al-Qur”an. Mesir: Maktabah Wahbah, n.d.

Aminah. “Gaya Mengajar Guru Dan Kaitannya Dengan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” In Harmonisasi Pembelajaran Biologi Pada Era Revolusi Industri 4.0., 119–122, 2012.

Anwar, Muslem Daud, Abubakar, Zainuddin, and Fadhila Fonna. “Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Serambi Ilmu 21, no. 1 (2020): 64–85.

Arfianti, Fina, Lufri, and Farida F. “Kontribusi Gaya Mengajar, Komunikasi Dan Interaksi Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII IPA SMA Di Kabupaten Pasaman Barat.” Jurnal Kolaboratif 1, no. 3 (2013): 42–50.

Ariani, Trisna. “Gaya Mengajar Guru Kelas V Di SD Negeri Sayidan Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 16, no. 5 (2016): 572–583.

Astutie, Cintya Septiana Andri. “Pengaruh Gaya Mengajar Guru Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 1, no. 3 (2013): 1–15.

Atabik, Ahmad. “The Living Qur’an: Potret Budaya Tahfiz Al-Qur’an Di Nusantara.” Jurnal Penelitian 8, no. 1 (2014): 161–178.

Baharuddin, AH, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. “Metode Tahfizh Al-Qur’an Untuk Anak-Anak Pada Pesantren Yanbu'ul Qur'an Kudus Jawa Tengah.” Ta’dibuna Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2017): 162–172.

Deswita, Atika Prama, and Lovelly Dwinda Dahen. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di SMKN 1 Sawahlunto.” Journal of Economic and Economic Education 2, no. 1 (2013): 1–10.

Febrianto, Agung. “Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Materi Pembelajaran Pembangunan Ekonomi SMA N 2 Slawi.” Economic Education Analysis Journal 2, no. 3 (2014): 1–8.

Gunawan, Indra, Amrazi Zakso, and Izhar Salim. “Persepsi Siswa Terhadap Gaya Mengajar Guru IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 09 Pontianak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 7, no. 9 (2018): 1–10.

Khalaf, Abdul Wahab. “Ilmu Ushul Al-Fiqhi Wa Khulashoh Al-Tasyri” Al-Islamiy. Mesir: Dar al-Fikr al-’Arabiy, 1996.

Khumaidah, Siti, and Misbah. “Pengaruh Motivasi, Kebiasaan Belajar, Sarana Belajar, Dan Gaya Mengajar Guru Pada Prestasi Hasil Belajar Siswa MA Manbail Futuh Jenu Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Oportunitis Unirow Tuban 01, no. 01 (2020): 42–49.

Lestari, Indah Ayu, Hermansyah Amir, and Salastri Rohiat. “Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia ALOTROP 1, no. 2 (2017): 113–116.

Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Cet. 2. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

———. Strategi Pembelajaran. Cet. Ke-6. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Cet. II. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019.

Priyambada, Galih, Soegiyanto KS, and Oktia Woro Kasmini Handayani. “Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Pembelajaran Senam Lantai.” Journal of Physical Education and Sport 5, no. 1 (2016): 1–7.

Rahmat, Hery, and Miftahul Jannatin. “Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Jurusan PGMI 10, no. 2 (2018): 98–111.

Roly, Defit. “Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MAN Pagar Alam.” Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2017): 39–42.

Rusman. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cet. 2. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Sari, Monika Aprila, and Zafri. “Gambaran Minat Belajar Siswa Terhadap Variasi Gaya Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA.” Jurnal Halaqah 1, no. 4 (2019): 460–468.

Setiadi, Bagus Ariawan, and Imam Setyawan. “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Gaya Mengajar Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMA Negeri 5 Semarang.” Jurnal Empati 2, no. 4 (2013).

Setiawan, Dwi Agus. “Teaching Style Dosen Matakuliah Evaluasi Pembelajaran SD.” Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2019): 41–51.

Setiawan, R Aditya Budi, and Soni Nopembri. “Penggunaan Gaya Mengajar ‘Mosston’ Oleh Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Se-Kota Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Jasmani 9, no. April (2013): 7–14.

Thoifuri. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: ReSAIL Media Group, 2007.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Hasri, K. S. (2021). Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MAN 1 Kendari. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(1), 1–18. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.330