Kegiatan Menggambar Ekspresi Sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak PAUD

Studi Kasus di PAUD Nurul Kharomah Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember

Authors

  • Umi Nurhayati Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember
  • Siti Burhani Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.367

Keywords:

Drawing Expressions, Fine Motoric, PAUD Children

Abstract

Students' fine motor skills can be formed through drawing expressions. This drawing activity is very significant to be implemented in PAUD institutions, so many PAUD institutions implement these activities. One of the successful institutions is the PAUD Nurul Kharomah group B Baratan, Patrang District, Jember Regency. The focus of this research is how to improve children's fine motor skills through drawing expressions in PAUD Nurul Kharomah group B Baratan, Patrang District, Jember Regency, 2018-2019 Academic Year ?. To answer this focus, a qualitative research approach is used as a research method with the type of case study research. The results of his research indicate that efforts to improve children's fine motor skills through drawing expressions in PAUD Nurul Kharomah group B are carried out by the teacher explaining the various kinds of God's creations in the picture. Then, the teacher again invites the child to do different drawing activities from before, namely drawing expressions or freely. This activity runs well and optimally at the PAUD institution

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pres.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Devi, Ovilia Cintia. 2018. Pengaruh Kegiatan Menjahit Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Ilmu ALQURAN Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. UNEJ Jember: Tidak diterbitkan.

Istiqmala, Indah. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B1 Melalui Kegiatan Menganyam di TK Siswa Budhi Kelurahan Jember Kidul Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. UNEJ Jember: Tidak diterbitkan.

Izzaty, Rita Eka. 2017. Model Konseling Anak Usia Dini. Yogyakarta:PT Rosdakarya.

Lestari. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Buah-buahan Dengan Menggunakan Metode Demostrasi di Kelas VIII SMP Al-Fityan School Medan

M. Djunaidi Ghony & Fauzan Almanshur. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta:AR-Ruz Media.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pekerti, Widia. 2014. Metode Pengembangan Seni. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.

Purna, Rozi Sastra. 2012. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks

Rahyubi. 2010. Teori-Teori dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Saputra dan Rudyanto. 2012. Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Bambang. 2014. Metode Pengembangan Fisik. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Sujiono. 2014. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta:Universitas Terbuka.

Sumanto. 2011. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta:Depdiknas

Sumantri. 2012. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak. Jakarta:Depdiknas.

Suyadi. 2010. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Pedagogia.

Suyadi. 2010. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung:PT Rosdakarya.

Ulfa, Windri Rosania. 2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik Jumputan pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafaah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. UNEJ Jember: Tidak diterbitkan.

Widiyastuti. 2010. Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas B1 Melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi

Wiyani. 2013. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media

Yamin dan Sanan. 2012. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Nurhayati, U., & Burhani, S. (2021). Kegiatan Menggambar Ekspresi Sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak PAUD: Studi Kasus di PAUD Nurul Kharomah Baratan Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(1), 205–222. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.367