Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTS NU Banat Kudus
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.393Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi Tik Tok, Akidah AkhlakAbstract
Absrak
Media pembelajaran di era digital harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi. Media pembelajaran haruslah menarik, dekat dan lekat dengan peserta didik. Aplikasi Tik Tok sangat dinikmati oleh anak generasi Z. Apabila digunakan serta dimediasi secara tepat maka Aplikasi Tik Tok akan menjadi sebuah media pembelajaran akidah akhlak yang menarik serta menyenangkan. Penggunaan Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan guru. Media pembelajaran interaktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi Tik Tok, guru dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran interaktif, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Tik Tok, Akidah Akhlak
Downloads
References
Dapertemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III, (Jakarta: Balai Pustaka, 2015), Hlm 710
Habib hanafi, dkk., “Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Website UB terhadapSikap Pengguna dengan Pendekatan TAM”.
Dapartemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta:Balai Pustaka, 2005), Hlm.711.
H. Mahmud Yunus, Kamus Arab-Indonesia, (Jakarta: PT Hidakarya Agung, 1972), hlm. 274.
Muhammad Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000), hlm.199
Abudin Nata, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002), hlm. 5
I Wayan Santyasa. 2007. Landasan Konsepsual Media Pembelajaran. Makalah Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung. hal.3.
Paulina Pannen, Purwanto. 2001. Penulisan bahan ajar. Jakarta
I Wayan Santyasa. 2007. Landasan Konsepsual Media Pembelajaran. Makalah Disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran bagi Guru-Guru SMA Negeri Banjar Angkan Pada tanggal 10 Januari 2007 di Banjar Angkan Klungkung. hal.3.
Paulina Pannen, Purwanto. 2001. Penulisan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No 2 Tahun 2008, op.cit., hlm. 21
Damayanti, Oleh Resti, Rudi Susilana, and Hana Silvana, HUBUNGAN ANTARA KOLEKSI PERPUSTAKAAN DENGAN MOTIVASI SISWA DALAM MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Studi Deskriptif Pada Perpustakaan SMA Negeri 6 Bandung)