Supervisi Pendidikan dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer

Authors

  • Candra Wesnedi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Lias Hasibuan
  • Kasful Anwar.US

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.407

Keywords:

Supervisi, Pendidikan Islam, Kontemporer

Abstract

Adapun maksud dari tulisan iniadalah membahas bagaimana efektifitas supervisi yang dilakukan pengawas madrasah perspektif kontemporer.  Problematikanya adalah bahwa di beberapa daerah sekarang terjadi ketidakseimbangan antara jumlah madrasah dengan jumlah pengawas yang dibutuhkan. Satu hal yang menarik adalah bagaimana manajemen supervisi pendidikan yang dilakukan sedangkan jumlah pengawasnya belum tercapai. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian pustaka dengan metode penelitian kualitatif. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif-analitis yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis secara tepat supervisi Pendidikan dalam lingkup Pendidikan Islam. Dari data yang dikumpulkan, didapati bahwa di era kontemporer sekarang, yang bertindak sebagai supervisor madrasah adalah kepala madrasah. Oleh karena itu, selain bertugas sebagai pimpinan di madrasahnya, kepala madrasah juga diharapkan mampu memahami dan mampu melaksanakan supervisi dengan baik. Dengan kondisi seperti itu, dibutuhkan kompetensi yang memadai yang harus dimiliki oleh seorang pengawas madarasah yang merangkap sebagai kepala madrasah. Sehingga supervisi yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Alma, Buchari. 2009. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmosudirjo, Prajudi. 1982. Administrasi dan Manajemen Umum, Jakarta: Ghalia Indonesia

Bafadal, Ibrahim, 2001. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara

Cooper, Bruce S., Lance D. Fusarelli, dan E. VanceH Randell. 2004. Better Policies, Better School. New York: Pearson.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Engkoswara, Aan Komariah. 2011. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Cet ke-2.

Goetsch, David L. dan Stanley B. Davis. 2003. Quality Management. New Jersey: Mc Graw Hill.

Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan Mikro. cet. I Jakarta: PT Rineka Cipta

Marzano. Robert J., Ony Frontier, David Livingston. 2011. Effective Supervision. Alexandria: Virginia

Mulyasa, H. E.. 2012. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J., 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nawawi, Hadari. 1997. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Toko Gunung Agung

Nurtain. 1989. Supervisi Pengajaran. Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan kebudayaan

Pidarta, Made. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rinekacipta

Rifai, Mohd.. 1982. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Jemmars

Sabandi, 2013. “Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan”. Dalam Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(2).

Sagala, Saiful, 2008. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet. 2008. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta.

Supradi, Bambang. 2019. Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam, IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 2(1)

Surachmad, Winarno. 1970. Dasar dan Teknik Research: Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Wesnedi, C., Hasibuan, L., & Anwar.US, K. (2021). Supervisi Pendidikan dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 243–262. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.407