Pembelajaran Jarak Jauh di Madrasah Ibtidaiyah

Kajian Atas Persepsi Guru dan Siswa Sebagai Pelaksana Kebijakan Pemerintah

Authors

  • Nelli Murodah STAI Ki Ageng Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.422

Keywords:

pembelajaran jarak jauh, guru, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dan siswa terhadap penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh di 3 madrasah ibtidaiyah. Data dikumpulkan dengan interview mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oles Miles dan Hubermen. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh di madrasah ibtidaiyah berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan pilihan yang tepat; Ada yang mengatakan bahwa mau tidak mau kita harus mengikuti kebijakan Pemerintah; Ada yang mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh ini sulit, dan lebih mudah tatap muka; Ada yang berpandangan bahwa setiap kebijakan pasti ada tujuannya, akan tetapi harus dilihat dari kondisi daerah masing-masing, jangan disamaratakan sehingga tidak merugikan semua pihak, dan; yang terakhir mengatakan ketidaksetujuannya atas penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh ini. Adapun, dalam hal efektif atau tidaknya pembelajaran jarak jauh ini, guru-guru di madrasah ibtidaiyah merasa bahwa pembelajaran jarak jauh ini kurang efektif, bahkan tidak efektif untuk dilakukan. Pasalnya, banyak keluhan-keluhan yang disampaikan orang tua murid kepada guru. Keluhan-keluhan tersebut merupakan faktor penghambat yang muncul akibat diberlakukannya pembelajaran jarak jauh. Sementara itu, persepsi siswa juga menunjukkan perbedaan. Ada yang setuju, ada pula yang tidak. Yang setuju berpandangan bahwa pembelajaran jarak jauh ini cukup efektif. Sedang yang tidak, berpandangan bahwa pembelajaran jarak jauh ini tidak efektif bahkan sangat tidak efektif untuk dilakukan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A.. Diunduh 24 Januari 2021. “Virtual Learning During the Covid-19 Pandemic”. Journal of the American College of Cardiology. 75 (20). 2020. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.0 4.015.

Amilah, Nur. 5 September 2020. Guru Kelas VI MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Arava, Muhammad Arza. 25 Januari 2021. Siswa Kelas V MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Aurelia, Hayfa. 23 Januari 2021. Siswa Kelas V MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Darmawan, Rafi. 24 Januari 2021. Siswa Kelas VI MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Fadilah. 13 Oktober 2020. Guru Kelas IV, MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Fauziyah. 3 September 2020. Guru Kelas VI MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Firkhah, Naila. 3 September 2020. Guru Kelas IV MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Fuady, M. Fany. 25 Januari 2021. Siswa Kelas IV MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Hidayanti, Ita. 6 September 2020. Guru Kelas V MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Husaini, Usman. 2003. Metodoligi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Jalal, Muhaiminah. Diunduh 24 Januari 2021. “Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Covid 19”. Jurnal. SMART KIDS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 2. Nomor 1. Januari-Juni 2020. e-ISSN: 2598-2214. ISSN cetak: 2581-2548.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Diunduh 24 Januari 2021. “Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19”. 2020. https://kemdikbud.go.id/main/blog/20 20/03/mendikbud-terbitkanse- tentang-pelaksanaan-pendidikan- dalam-masa-darurat-covid-19.

Khamila, Nur. 13 Oktober 2020. Guru Kelas VI MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Khusaini. 9 September 2020. Guru Kelas IV MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Lestari, Dwi Putri. 23 Januari 2021. Siswa Kelas VI MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pratiwa, Nurma Fariska. 25 Januari 2021. Siswa Kelas VI MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Prawiyogi, Anggy Giri. dkk. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta”. Jurnal. Pendidikan Dasar (JPD). P-ISSN:2086-7433. E-ISSN:2549-5801. DOI:doi.org/10.21009/JPD.011.10.

Sari, Ria Puspita. dkk. Diunduh 15 Januari 2021. “Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19”. Jurnal. Ilmiah Kependidikan, Volume 2 – Nomor 1. April 2021. SSN 2721-8112 (print). ISSN 2722-4899 (online). DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Shafa. 24 Januari 2021. Siswa Kelas IV MIS Pandanarum Tirto. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Syifa, Naila. 23 Januari 2021. Siswa Kelas IV MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Tafsiroh, Umu. 30 Oktober 2020. Guru Kelas V MII Galangpengampon. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Zahiroh, Nihayati. 13 Oktober 2020. Guru Kelas V MI YMI Wonopringgo 03. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Zinira, Shafrina Maurisa. 24 Januari 2021. Siswa Kelas V MIS Pandanarum Tirto Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Downloads

Published

2021-10-17

How to Cite

Murodah, N. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh di Madrasah Ibtidaiyah: Kajian Atas Persepsi Guru dan Siswa Sebagai Pelaksana Kebijakan Pemerintah. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 361–380. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v13i2.422