Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Atas Persepsi Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Smp Negeri Se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tentang Penerapan Sistem Zonasi
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.650Keywords:
Education Policy, Zoning System, SchoolsAbstract
Abstract: This research is a qualitative research that aims to analyze the perceptions of school principals, teachers, and students of public junior high schools in Kedungwuni District, Pekalongan Regency regarding the implementation of the zoning system. Data were collected by in-depth interviews, participatory observation, and documentation studies. Data analysis used an interactive analysis model proposed by Miles and Huberman. The results show that the perceptions of school principals, teachers, and students of public junior high schools in the Kedungwuni District, Pekalongan Regency, regarding the implementation of the zoning system differ. There are those who see it from a positive perspective, there are also negative ones. There are those who agree with the implementation of this system, some are not. There are those who feel benefited, but there are also views that are disadvantaged. But whatever it is, in a policy it is natural if there are pros and cons. For this reason, it is necessary to have an in-depth understanding and continuous outreach by various parties regarding this policy.
Downloads
References
Arifuddin, Irfan. dkk. Diunduh 17 Agustus 2022. Sistem Zonasi, Antara Realita dan Harapan. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta. ISSN 2714-5972.
detikJateng. Rabu (6/7/2022). https://www.detik.com/jateng/berita/d-6165377/9-nama-calon-siswa-jalur-zonasi-ppdb-sman-1-batang-mendadak-hilang.
Husaini, Usman. 2003. Metodoligi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahpudin. Diunduh 17 Agustus 2022. Hak Warganegara yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. “Jurnal”. TRANSFORMATIVE. Vol. 6. No. 2. Tahun 2020. DOI:10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2.
Moleong, J. Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningrum, Mallevi Agustin. dkk. Diunduh 11 Agustus 2020. Penerapan Sistem Zonasi Kebijakan Baru Berdasarkan Perspektif Orangtua sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan. “Jurnal”. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8. No. 3. Juli 2022. p-ISSN: 2442-7470. e-ISSN: 2579-4442. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2661.
Nurlailiyah, Aris. Diunduh 11 Agustus 2020. Analisis Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. “Jurnal”. Realita Vol. 17. No. 1. Januari 2019. ISSN: 1829-9571. e-ISSN: 2502-860X.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Wijaya, Candra. dkk., Diunduh 11 Agustus 2020. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Langkat. “Jurnal”. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial. 12 (1). 30 April 2020. ISSN 2085-482X (Print). ISSN 2407-7429 (Online). DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463.
Wawancara:
Daryono. 8 Februari 2020. Kepala SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Fitriyani, Nur. 25 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Hisyam, Moh. 25 Januari 2020. Guru SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara, Pribadi. Pekalongan.
Irawan, Ade. 25 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Kadafi, M. Muamar. 12 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Kamila, Nadya. 12 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Kasnadi. 8 Februari 2020. Guru SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Khumaero, Intan. 25 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Lutfiyah. 8 Februari 2020. Siswa SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Naqshabandi. 8 Februari 2020. Siswa SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Novia. 8 Februari 2020. Siswa SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Numri, Moh. Zamroni Numri. 12 Januari 2020. Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Rekhan. 8 Februari 2020. Guru SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Rochmalia, Emi. 25 Januari 2020. Guru SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Rofiq, Nur. 12 Januari 2020. Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Rokhilah. 8 Februari 2020. Guru SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Saefudin. 25 Januari 2020. Kepala SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Setyarini. 25 Januari 2020. Guru SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Suparmi, Sri. 12 Januari 2020. Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Usman. 12 Januari 2020. Kepala SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Zuhri, M. Ribkhi. 12 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.