Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Atas Persepsi Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Smp Negeri Se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tentang Penerapan Sistem Zonasi

  • Nelli Murodah STAI Ki Ageng Pekalongan
  • Dian Nur Muniroh SMK YMI Wonopringgo
Keywords: kebijakan pendidikan, sistem zonasi, dan sekolah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis persepsi kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tentang penerapan sistem zonasi. Data dikumpulkan dengan interview mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikemukakan oles Miles dan Hubermen. Hasilnya menunjukkan bahwa persepsi kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tentang penerapan sistem zonasi berbeda-beda. Ada yang memandang dari segi positif, ada juga yang negatif. Ada yang setuju dengan penerapan sistem ini, ada pula yang tidak. Ada yang merasa diuntungkan, namun ada pula yang berpandangan dirugikan. Tapi apapun itu, dalam sebuah kebijakan tentu wajar jika terjadi pro dan kontra. Untuk itu, perlu adanya pemahaman yang mendalam dan sosialisasi terus menerus yang dilakukan oleh berbagai pihak tentang kebijakan ini.

Kata kunci: kebijakan pendidikan, sistem zonasi, dan sekolah

References

Arifuddin, Irfan. dkk. Diunduh 17 Agustus 2022. Sistem Zonasi, Antara Realita dan Harapan. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019. Universitas Muhammadiyah Surakarta. ISSN 2714-5972.

detikJateng. Rabu (6/7/2022). https://www.detik.com/jateng/berita/d-6165377/9-nama-calon-siswa-jalur-zonasi-ppdb-sman-1-batang-mendadak-hilang.

Husaini, Usman. 2003. Metodoligi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahpudin. Diunduh 17 Agustus 2022. Hak Warganegara yang Terampas: Polemik Kebijakan Sistem Zonasi dalam Pendidikan Indonesia. “Jurnal”. TRANSFORMATIVE. Vol. 6. No. 2. Tahun 2020. DOI:10.21776/ub.transformative.2020.006.02.2.

Moleong, J. Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, Mallevi Agustin. dkk. Diunduh 11 Agustus 2020. Penerapan Sistem Zonasi Kebijakan Baru Berdasarkan Perspektif Orangtua sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan. “Jurnal”. JCP: Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 8. No. 3. Juli 2022. p-ISSN: 2442-7470. e-ISSN: 2579-4442. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2661.

Nurlailiyah, Aris. Diunduh 11 Agustus 2020. Analisis Kebijakan Sistem Zonasi terhadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. “Jurnal”. Realita Vol. 17. No. 1. Januari 2019. ISSN: 1829-9571. e-ISSN: 2502-860X.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wijaya, Candra. dkk., Diunduh 11 Agustus 2020. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menegah Pertama Kabupaten Langkat. “Jurnal”. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial. 12 (1). 30 April 2020. ISSN 2085-482X (Print). ISSN 2407-7429 (Online). DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463.

Wawancara:

Daryono. 8 Februari 2020. Kepala SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Fitriyani, Nur. 25 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Hisyam, Moh. 25 Januari 2020. Guru SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara, Pribadi. Pekalongan.

Irawan, Ade. 25 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Kadafi, M. Muamar. 12 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Kamila, Nadya. 12 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Kasnadi. 8 Februari 2020. Guru SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Khumaero, Intan. 25 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Lutfiyah. 8 Februari 2020. Siswa SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Naqshabandi. 8 Februari 2020. Siswa SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Novia. 8 Februari 2020. Siswa SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Numri, Moh. Zamroni Numri. 12 Januari 2020. Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Rekhan. 8 Februari 2020. Guru SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Rochmalia, Emi. 25 Januari 2020. Guru SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Rofiq, Nur. 12 Januari 2020. Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Rokhilah. 8 Februari 2020. Guru SMP Negeri 3 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Saefudin. 25 Januari 2020. Kepala SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Setyarini. 25 Januari 2020. Guru SMP Negeri 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Suparmi, Sri. 12 Januari 2020. Guru SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Usman. 12 Januari 2020. Kepala SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Zuhri, M. Ribkhi. 12 Januari 2020. Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Wawancara Pribadi. Pekalongan.

Published
2022-10-13
How to Cite
Murodah, N., & Muniroh, D. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Atas Persepsi Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Smp Negeri Se-Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tentang Penerapan Sistem Zonasi. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 14(2), 251-266. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v14i2.650
Abstract viewed = 44 times
pdf downloaded = 19 times