Metode Musyafahah Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP-IT As-Salam Ambon
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa SMP-IT As-Salam Ambon dengan menggunakan metode musyafahah. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dari 31 siswa didapati bahwa kualifikasi nilai “sangat baik” sebanyak satu orang siswa dengan frekuensi 3,23%, pada kualifikasi nilai “baik” sebanyak tiga siswa dengan frekuensi 9,68%, pada pada kualifikasi nilai “cukup” terdapat lima siswa dengan frekuensi 16,13%, dan pada kualifikasi nilai “kurang” terdapat 11 siswa dengan frekuensi 35,48%. Sedangkan yang memperoleh nilai “gagal” terdapat 11 siswa dengan frequensi 35,48%. Pada siklus kedua dari 31 siswa yang memiliki kualifikasi nilai “sangat baik” sebanyak delapan siswa dengan frekuensi 25,81%, sedangkan yang ada pada kualifikasi nilai “baik” sebanyak 21 siswa dengan frekuensi 67,74%, dan pada kualifikasi nilai “cukup” tersisa hanya tiga siswa saja dengan frekuensi 6,45%. Maka metode musyafahah ini dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an.
Kata kunci: Metode Musyafahah, meningkatkan kemampaun membaca Al-Qur’an
References
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, N. H. Z., Omar, N., & Yusuf, N. H. Konsep dan pelaksanaan kaedah talaqqi dan musyafahah dalam pembelajaran al-Qur’an. Malaysian Journal for Islamic Studies, 3(1).Nurul ( ا 27–35(2019).
Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA Bandung: PT. Irama Widya, 2008.
Arikunto, Suharmin. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Cet. III; PT Bumi Aksara, 2002.
Bin Muhamad, N., bin Hashim, A., Abdullah, W. H. B., Zaman, M. A. B. K., & Zamri, F. A. B. (2019). Kaedah Talaqqi Musyafahah dalam pengajaran Al Quran Wa Al-Hifz kurikulum dini SABK di Perak. International Journal of Education, 4(32), 273-283. TEACHING’, 2019, 273–83 <https://doi.org/10.35631/IJEPC.4320025>
Muhammad, Ahsin Sakho. Oase Al-Qur’an Penyejuk Kehidupan, Cet. Ketiga, Cirebon, Penerbit Qof, 2017.
Muslihch, Masnur. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Itu Mudah, Cet. Ketiga, Jakarta, BumiAksara, 2009.
Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: PT. Rosda Karya, 1984.
Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Cet. III: Jakarta: Gema Insani, 2006.
Syahrudin dkk, Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PAI FITK IAIN Ambon, Jurnal Al-Iltizam Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, No. 2 Desember 2021.
UU Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Th 2003), Jakarta: Redaksi Sinar Grafika, 2009.