Kontribusi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Terhadap Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia

Pendidikan Islam

Authors

  • Syarof Nursyah Ismail STAI Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.849

Keywords:

Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan, Pembaharuan, Pendidikan Islam

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan terhadap pembaharuan  pendidikan Islam di Indonesia khususnya pada bidang pendidikan dan mampu memberikan sumbangsih pemikiran untuk mengatasi permasalahan-permasalahan pendidikan islam dan dapat diterima oleh semua kalangan khususnya pada bidang pendidikan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka dengan teknik pengumpulan data  yang digunakan penulis adalah dengan mengumpulkan dan mengkaji berbagai buku, jurnal, dan lainnya yang terkait dengan materi. Setelah itu, data yang telah didapatkan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha memberikan gambaran lengkap mengenai fakta sekitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dalam bidang pendidikan memberikan dampak kepada pendidikan di Indonesia karena dapat mengintegrasikan pendidikan umum dan pendidikan agama. Serta memberikan dampak kepada peserta didik selain peserta didik mendapatkan ilmu pengetahuan untuk dirinya dan dapat mengimplementasikan ilmunya dalam kehidupan nyata.

 

Kata kunci: Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan, Pembaharuan Pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Rahman. “Studi Komparatif Pendidikan Integratif Agama Islam Di Indonesia Menurut Persepsi K.H. Imam Zarkasyi Dan K.H. Ahmad Dahlan,” n.d.

Arlini, Indah, and Acep Mulyadi. “PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (Studi Penelitian Kepustakaan)” 14, no. 2 (2021): 41–70.

Asman, Wantini, and Betty Mauli Rosa Bustam. “Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Dan Implikasinya Pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 2 (2021): 262–81. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6119.

Awaluddin, Asep, and Anip Dwi Saputro. “Rekontruksi Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan Dalam Pendidikan Islam Berkemajuan.” Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman 1, no. 2 (2020): 182–204. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.3360.

Dahlan, Muh. “K. H. Ahmad Dahlan Sebagai Tokoh Pembaharu.” Adabiyah XIV (2014): 122–31.

Leyan Mustapa. “Pembaharuan Pendidikan Islam: Studi Atas Teologi Sosial Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan.” Al-Jauhari 2, no. 1 (2017): 1–14.

Marliza, Rima, and Hubaidah. “Dampak Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Pada Bidang Pendidikan Islam” 3, no. April 2021 (2021): 38–45.

Marliza, Rima, and Hudaidah. “DAMPAK PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN PADA BIDANG PENDIDIKAN ISLAM,” 2021.

Mayarisa, Diyah. “KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN.” Fitra 2, no. 1 (2016): 1–8.

Muhtarom, Asrori. Pemikiran Pendidikan Islam KH.Ahmad Dahlan. Desanta Muliavisitama. Vol. 7, 2020.

Tri Setiyarini. “Pandangan K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pembelajaran Kreatif-Produktif.” Photosynthetica, 2018.

Zainal Azman, Joni Helandri. “Pemikiran/Pembaharuan Islam KH. Ahmad Dahlan.” El-Ghiroh 20, no. 2 (2022): 181–202.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Ismail, S. N. (2023). Kontribusi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Terhadap Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia: Pendidikan Islam. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 15(1), 63–82. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.849