Evaluasi Program Leadership Curriculum Menggunakan Model Cipp Di Sdit Ar-Rahmah Makassar
DOI:
https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v15i1.852Keywords:
Evaluasi Program, Leadership Curriculum, CIPP (Context, Input, Process, and Product).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Leadership Curriculum di SDIT Ar-Rahmah Makassar dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Jenis penelitian ini ialah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dari aspek kontekstualnya, Leadership Curriculum dibuat karena dunia di masa yang akan datang membutuhkan karakter-karakter positif, yaitu inovatif, problem solving, dan kolaboratif. Leadership Curriculum mencerminkan visi-misi SDIT Ar-Rahmah Makassar. Adapun tujuan Leadership Curriculum adalah membentuk pemimpin muda yang berintelektual, berakhlak mahmudah, dan religius. Dari segi inputnya, terlihat jelas bahwa beberapa perbaikan dibutuhkan pada bagian tertentu, terutama pada sarana prasarana berupa fasilitas perencanaan pembelajaran, fasilitas pelaksanaan pembelajaran, dan fasilitas evaluasi pembelajaran. Dalam prosesnya, disarankan bahwa program kegiatan peserta didik dipersingkat dan diperdalam programnya, sehingga guru tidak kewalahan. Terakhir, dalam hal produknya bahwa pelaksanaan Leadership Curcicculum sudah mampu menampakkan perubahan karakter pada diri sendiri.
Downloads
References
Ambiyar dan Muharika. Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Cet I; Bandung: Alfabeta, 2019.
Handrianto, dkk. "Konsep Kurikulum Leadership Ekstrakurikuler SMP Berbasis Sifat Kepemimpinan Umar Bin Abdul Aziz". Rayah Al-Islam 5, no. 1 (2021): h. 40-66.
Kirkpatrick, Donald L. dan James D. Kirkpatrick, Evaluating Training Program. San Francisco: Berrett Koehler Publishers, 2006.
R., Rahmat dan Dinn Wahyudin. “Penguatan Peran Kepemimpinan Kurikulum (Curriculum Leadership) Wakil Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Kepemimpinan Pembelajaran (Instructional Leadership)”. Inovasi Kurikulum 18, no. 1 (2021): h. 10-17.
Sabda, Syaifuddin. Pengembangan Kurikulum: Tinjauan Teoritis. Cet. I; Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.
Stufflebeam, Daniel L. dan Chris L. S. Coryn. Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Brand, 2014. https://id.b-ok.asia/book/2385056/275004 (23 Januari 2022).
Tayibnapis, Farida Yusuf. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Wirawan, Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi, edisi revisi. Cet. III; Jakarta: Rajawali Pers, 2016.