Konsep Pembelajaran Untuk Mengajar: Seberapa Efektif Pengajar IPA di Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Pemahaman Sains Calon Guru Sekolah Dasar
Keywords:
Konsep pembelajaran, pemahaman sains, IPA Perguruan TinggiAbstract
Dengan adanya pembelajaran IPA ini sebagai calon guru atau guru yang akan memberikan pelajaran kepada siswa hendaklah memiliki pemahaman tentang sains secara luas agar dapat disampsikan kepada siswa melalui teori maupun prakteknya secara langsung di lapangan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif pengajar IPA di dalam perguruan tinggi dalam meningkatkan pengetahuan sains sebagai calon guru dengan menggunakan konsep pembelajaran untuk mengajar. Pentingnya penelitian ini dilakukan dikarenakan satu dari salah satu program studi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong adalah program studi IPA. Program studi ini sebelumnya belum pernah dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektifitas pengajar IPA dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap sains yang dimana mereka merupakan calon pengajar atau calon guru yang akan memberikan edukasi yang baik kepada siswa yang nantinya mereka berikan pengajaran. Dalam metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis dan pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripti, Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong. Dari hasil wawancara yang dilakukan kepada 5 responden, dapat kita ketahui bahwa semua responden mempunyai jawaban dari wawancara mengarah kepada hal yang positif dalam jawaban-jawaban tersebut. kelima responden tersebut merupakan mahasiswa yang berada di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sorong yang aktif dalam bangku perkuliahan. Menurut kelima responden tersebut adanya dampak yang baik jika terdapat tambahan ektrakulikuler guna memberikan pemahaman yang luas terhadap calon guru sekolah dasar
References
Anisaul, H., Fitri, H., & Juhji. (2022). Peningkatan Pemahaman IPA Peserta Dididk SD: Sebuah Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pemecahan Masalah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar 14(2), 175. Doi: https://doi.org/10.32678/primary.v14i2.6715
Ari, S. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA di kelas 4 SD Menggunakan Metode Diskusi dan Media Gambar: Analisis Literatur: Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara 1(1), 31. Doi: https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i1.354
Asmah,. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN 53 Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang: Ekasakti Educational Journal 1(2), 300. Doi. https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.470
Astuti, W., & Laiyly, R. L. (2019). Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Calon Guru IPA Melalui Cooperative Learning Tipe Take and Give berbantuan Mind Mapping: Jurnal Pendidikan Ipa Veteran 3(2), 166. Doi: https://doi.org/;10.31331/jipva.v3i2.969
Ibrahim, et al. (2024). Pelatihan Penggunaan Phet Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan IPA Calon Guru SD Tahun 2024: Jurnal Interaktif 4(1), 33. Doi: https://doi.org/1029303/interaktif.v4i1.142
Ina, M., Hadana, N. F., & Raafiza, P. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya: Jurnal Pendidikan dan Sains 2(2), 13.
Liliasari, (2021). Model Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Calon Guru Sebagai Kecenderungan Baru Pada Era Globalisasi: Jurnal Pengajaran MIPA UPI 2(1), 1. Doi: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v2i1.34898
M. Khusniati & S. D. Pamelasari. (2014). Penerapan Critical Reiew Terhadap Buku Guru IPA Kurikulum 2013 Untuk Mengembangakan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyususn Perangkat Pembelajaran Berpendekatan Saintifik: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3(2), 171. Doi: Https://doi.org/1015294/jpii.v3i2.3117
Mohammad, B. H., & Ahmad, S. (2024). Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Aspek Psikomotorik Siswa Kelas Rendah Melalui Pembelajaran IPA Dengan Metode Eksplorasi Poster Rangka Tubuh Manusia: Jurnal Basicedu 8(1), 292. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7006
R., Anisya, D. S., Widjojoko & Deni, W. (2022). Implementasi Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Belajar Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Minat Membaca: Jurnal Perseda 5(2), 132. Doi: https://doi.org/10.37150/perseda.v5i2.1708
Ramdan, H., Mafruhah, & Anis, T. Y. (2022). Profil Mahasiswa Dengan Tugas Ganda Kuliah dan Berkerja: Jurnal Bimbingan dan Konseling 2(2), 125. Doi: https://doi.org/10.36379/shine.v2i2.217
Rohima, S., et al. (2024). Pentingnya Peranan IPA Dalam Kehidupan Sehari-hari: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1), 120. Doi: https://doi.org/10.37081/adam.v2i1.1380
Shinta, P., & Siti, N. (2021). Profil Sikap Terhadap Sains Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Etnosains: Jurnal Kajian Pendidikan IPA 1(1), 48. Doi: https://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v1i1.1060
Shulton, (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenagkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidayah (MI): Jurnal Elementary 4(1), 39. Doi: https://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Siti, A., Gusti, Y., & Muhammad, H. A. (2023). Hubungan Kemampuan Menerapkan Manajemen Kelas dan Etos Kerja Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Ddasar: Jurnal Basicedu 7(1), 39. Doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4231
Siti, H., Gilang, R. F., & Iwan, B. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash: Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi. 340.
Suci, Z. D. & H. Tatang, I. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Universitas Garut 13(1), 134. Doi: https://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.823
Syaiful, A., & Amalia, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powton Dalam Meningkatkan Kemampuan Respresentasi IPA di Tengah Pandemi Covid 19: Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA 5(1), 114. Doi: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i119779
Titin, F. Q. & Oktian, F. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddel Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang: Jurnal Perseda 4(3), 142.