Archives

  • In Press Desember 2025
    Vol. 7 No. 2 (2025)

    Edisi ini memuat enam artikel yang secara kolektif mengeksplorasi tantangan dan peluang pembelajaran dasar: integrasi teknologi yang memicu diskusi tentang bagaimana kecerdasan buatan dan keterampilan berpikir analitis saling memengaruhi dalam pemecahan soal matematika; peran pendidikan agama yang dikontekstualkan dalam memperkuat kesehatan mental, regulasi emosi, dan kesejahteraan psikologis anak; realitas guru multimapel yang menghadapi beban penguasaan materi, manajemen waktu, dan adaptasi pedagogis sekaligus mengembangkan strategi kreatif untuk mempertahankan kualitas pembelajaran; tingkat literasi TIK siswa dasar beserta faktor penentu seperti akses, kompetensi guru, dukungan orang tua, dan motivasi; serta perspektif holistik perkembangan peserta didik berdasarkan karakteristik belajar yang menekankan keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. 

  • Juni 2025
    Vol. 7 No. 1 (2025)

    Edisi ini menerbitkan artikel yang membahas model pembelajaran, kecemasan matematika, dan media instruksional di sekolah dasar. Pertama, kajian literatur menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif meningkatkan hasil belajar siswa dari berbagai mata pelajaran lewat peningkatan skor rata-rata, ketuntasan belajar, dan keterlibatan siswa. Sebuah survei menunjukkan bahwa sekitar 70 % siswa menghadapi kecemasan matematika pada tingkat moderat hingga tinggi, yang mengindikasikan perlunya intervensi emosional dalam pendidikan matematika. Artikel-lainnya meneliti kepuasan siswa dalam program kreativitas, pengaruh kekurangan media terhadap hasil belajar, media papan rahasia untuk komunikasi kolektif, dan penggunaan praktikum sains di kelas.

  • Desember 2024
    Vol. 6 No. 2 (2024)

    Edisi ini menampilkan artikel yang masing-masing mengulas strategi pembelajaran, literasi sains, dan media instruksional di sekolah dasar. Pertama, penelitian menunjukkan bahwa metode Jigsaw yang dibantu aplikasi Canva efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VI MI Al-Ishlah. Kedua, ada analisis bagaimana guru menilai pemahaman siswa dalam pelajaran sains melalui ekspresi belajar. Ketiga dan keempat artikel mengeksplorasi persepsi moral pada animasi (Nussa & Rara), serta karakter Yaya dalam Boboiboy sebagai teladan di sekolah dasar.  Kelima artikel membahas pengembangan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga untuk materi energi serta pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan guru SD dalam menyampaikan materi IPA/Sains.

  • Juni 2024
    Vol. 6 No. 1 (2024)

    Edisi ini memuat artikel yang semuanya fokus pada calon guru sekolah dasar dan konsep pembelajaran IPA / sains. Artikel-pertama menilai efektivitas pembelajaran oleh pengajar di perguruan tinggi dalam meningkatkan pemahaman sains calon guru. Selanjutnya ada analisis kemampuan kognitif calon guru SD dalam konsep IPA serta persepsi mereka terhadap penerapan “ice breaking” di kelas sains. Artikel lain mengeksplorasi penggunaan soal berbasis HOTS untuk meningkatkan berpikir kritis, hubungan antara kemampuan kognitif dan ide inovatif mengajar IPA, serta alasan preferensi tingkat kelas oleh calon guru SD. Keseluruhan menekankan perlunya pengembangan kompetensi profesional calon guru IPA agar pemahaman konseptual dan inovasi pengajaran meningkat.

  • Desember 2023
    Vol. 5 No. 2 (2023)

    Edisi ini membahas isu-isu penting dalam pendidikan dasar di Papua Barat. Artikel pertama menganalisis self efficacy siswa Papua terhadap prestasi belajar di SD . Artikel kedua mengkaji pengaruh perasaan insecure terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa. Selanjutnya, artikel ketiga membahas dampak perilaku bullying di sekolah dasar serta upaya pencegahannya. Artikel keempat mengangkat problematika pembelajaran dengan metode sambil bermain. Terakhir, artikel kelima menyoroti peran guru kelas dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap penyandang disabilitas di SD Luar Biasa. Seluruh artikel memberikan kontribusi penting dalam mengatasi permasalahan psikologis, sosial, serta metode pengajaran yang efektif di lingkungan pendidikan dasar.

  • Juni 2023
    Vol. 5 No. 1 (2023)

    Edisi ini memuat lima artikel yang membahas berbagai isu penting dalam pendidikan dasar. Artikel pertama mengkaji strategi kepala Madrasah Ibtidaiyah di Sorong Timur dalam menarik minat calon peserta didik. Artikel kedua menyoroti upaya guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di MIN 6 Padang. Artikel ketiga membahas peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap penyandang disabilitas di SDLB Inpres 73 Malaingkedi, Sorong. Artikel keempat meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Matematika pada materi pengolahan data di MI Miftahul Ulum. Seluruh kajian ini fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, penguatan karakter siswa, serta inovasi strategi pendidikan dasar, baik di lingkungan madrasah maupun sekolah dasar umum dan luar biasa.

  • Desember 2022
    Vol. 4 No. 2 (2022)

    Edisi ini menghadirkan lima artikel yang membahas isu-isu penting dalam pendidikan dasar dan menengah. Artikel pertama mengkaji pengembangan nilai karakter melalui pendekatan Living Values Education. Artikel kedua menganalisis kesulitan siswa dalam memahami materi pengelolaan data, menyoroti faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar. Artikel ketiga meneliti hubungan variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa, menunjukkan pentingnya keberagaman metode pengajaran. Artikel keempat membahas transformasi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan karakter siswa, menyoroti peran kepemimpinan yang efektif.

  • Juni 2022
    Vol. 4 No. 1 (2022)

    Edisi ini memuat enam artikel yang membahas tema-tema strategis dalam pendidikan dasar. Artikel pertama mengkaji penerapan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar, guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Artikel kedua membahas analisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan di Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, menyoroti aspek akademik dan administratif. Artikel ketiga meneliti pembinaan akhlakul karimah melalui kegiatan salat Duha di MI Darussalam, sebagai upaya penguatan karakter religius. Artikel keempat membahas penanaman nilai kearifan lokal melalui konsep Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, yang bertujuan membangun identitas budaya dan nasionalisme sejak dini. 

  • Desember 2021
    Vol. 3 No. 2 (2021)

    Edisi ini menghadirkan berbagai artikel yang menyoroti pembelajaran selama pandemi, evaluasi kebijakan dan peran guru di sekolah dasar. Artikel-utama mengevaluasi model CIPP pada pembelajaran luring SD Inpres 109 Sorong, menunjukkan semua aspek (konteks, input, proses, produk) berada pada kategori sangat tinggi. Ada juga kajian mengenai efektivitas pembelajaran daring di MI Al-Ikhtiar Al-Ma’arif 4 Sorong yang mengungkap kendala kesiapan siswa dan keterbatasan fasilitas teknologi. Secara keseluruhan edisi ini menekankan tantangan dan peluang dalam pelaksanaan pembelajaran selama masa Covid-19, terutama perlunya adaptasi metode dan infrastruktur untuk meningkatkan efektivitas pendidikan dasar di masa krisis.

  • Juni 2021
    Vol. 3 No. 1 (2021)

    Edisi ini mengangkat beragam artikel tentang isu pendidikan inklusif, model pembelajaran, dan kepercayaan diri siswa. Salah satu artikel membahas peran guru kelas dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan disabilitas di SDLB, menunjukkan pentingnya dukungan emosional dan pendekatan personal terhadap murid inklusif. Artikel lainnya menguji pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa dan menemukan bahwa penerapan metode ini secara signifikan meningkatkan prestasi akademik. Secara keseluruhan edisi ini menekankan pentingnya adaptasi metode pembelajaran dan peran aktif guru dalam mendukung keberhasilan belajar semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus.

  • Desember 2020
    Vol. 2 No. 2 (2020)

    Edisi ini menyajikan enam artikel penelitian yang mengeksplorasi sikap dan persepsi di ranah pendidikan dasar serta dampak kebijakan lokal di Sorong. Studi-termasuk sikap mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong terhadap profesi keguruan; pengaruh budaya sekolah terhadap karakter siswa; dampak pembelajaran daring di SD/MI selama pandemi COVID-19; efek era globalisasi terhadap pendidikan; peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar; serta persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi WhatsApp untuk pembelajaran Akidah Akhlak selama COVID-19. Secara keseluruhan edisi ini menyoroti tantangan perubahan sosial, teknologi, dan budaya sekolah dalam memperkuat kualitas pendidikan dasar melalui adaptasi kebijakan, metode pembelajaran, dan partisipasi guru serta siswa

  • Juni 2020
    Vol. 2 No. 1 (2020)

    Edisi ini menghadirkan enam kajian yang bersama-sama menggambarkan dinamika pendidikan dasar dalam konteks lokal dan pandemi: studi tentang sikap calon pendidik mengungkap motivasi, harapan, dan hambatan memasuki profesi keguruan; analisis budaya sekolah menyorot bagaimana norma, praktik, dan kepemimpinan sekolah membentuk pembentukan karakter siswa; evaluasi pembelajaran daring pada masa COVID-19 menampilkan kendala kesiapan teknologi, akses, dan strategi mitigasi guru-orang tua; telaah dampak globalisasi menyingkap tekanan kurikulum dan kebutuhan penguatan nilai lokal; penelitian tentang peran guru menegaskan pentingnya interaksi pedagogis, motivasi dan metode diferensial untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. 

  • Desember 2019
    Vol. 1 No. 2 (2019)

    Edisi ini secara konsisten menampilkan ragami yang menyorot isu strategis pendidikan dasar dan pengembangan profesional, memadukan kajian empiris, literatur, dan analisis kebijakan; topik yang berulang mencakup inovasi metode pembelajaran (kooperatif, tematik, saintifik), integrasi teknologi dan literasi digital, pendidikan karakter dan agama, pembelajaran IPA berbasis praktikum, serta tantangan guru multimapel terkait penguasaan materi dan manajemen waktu; Edisi ini juga mengangkat evaluasi pembelajaran daring selama pandemi, studi inklusi dan kebutuhan khusus, serta pengembangan media instruksional; temuan kolektif menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru, dukungan infrastruktur, kolaborasi sekolah-komunitas, dan kebijakan kurikulum yang kontekstual. 

  • Juni 2019
    Vol. 1 No. 1 (2019)

    Edisi ini menyajikan enam studi yang bersama-sama menggambarkan masalah dan solusi praktis dalam pendidikan dasar dan pendidikan tinggi: kajian tentang perolehan kemampuan kognitif dan psikomotorik pada pembelajaran IPA menekankan pentingnya pengalaman praktikum, media konkret, dan desain tugas yang mendorong observasi aktif; beberapa penelitian lain mengidentifikasi kesulitan fundamentaI pada operasi perkalian yang dipengaruhi oleh metode pengajaran, materi ajar, dan kesiapan awal siswa sehingga menuntut program remedial dan bahan manipulatif; studi tentang kolaborasi menunjukkan bahwa model kooperatif meningkatkan keterampilan sosial dan pemecahan masalah siswa.