Archives
-
Vol. 6 No. 2 (2024)
Edisi ini memuat berbagai kajian seputar pendidikan dasar dengan pendekatan inovatif dan karakter pembelajaran. Artikel pertama membahas peningkatan hasil belajar Fikih menggunakan metode Jigsaw berbantuan Canva di MI Al-Ishlah Kota Sorong. Selanjutnya, artikel kedua mengeksplorasi cara guru menilai pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA melalui ekspresi siswa. Artikel ketiga mengkaji persepsi anak terhadap pesan moral dalam animasi Nussa dan Rara, sedangkan artikel keempat menganalisis karakter Yaya dalam BoBoiBoy sebagai teladan bagi siswa sekolah dasar. Artikel kelima berfokus pada pengembangan media pembelajaran IPAS berbasis permainan ular tangga untuk materi energi. Terakhir, artikel keenam meneliti pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan guru sekolah dasar dalam menyampaikan materi IPA.
-
Vol. 6 No. 1 (2024)
Edisi 6 Nomor 1 dalam jurnal ini berfokus pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD), dengan menyoroti berbagai aspek yang berhubungan dengan kesiapan dan kompetensi calon guru. Artikel-artikel dalam edisi ini membahas isu-isu utama yang memengaruhi kualitas pendidikan IPA, mulai dari efektivitas pengajaran di perguruan tinggi hingga kemampuan kognitif dan inovasi calon guru dalam pembelajaran IPA.
-
Vol. 5 No. 2 (2023)
Edisi ini membahas isu-isu penting dalam pendidikan dasar di Papua Barat. Artikel pertama menganalisis self efficacy siswa Papua terhadap prestasi belajar di SD Al-Ma’arif 1 Klabinain. Artikel kedua mengkaji pengaruh perasaan insecure terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa SD Al-Irsyad Kota Sorong. Selanjutnya, artikel ketiga membahas dampak perilaku bullying di sekolah dasar serta upaya pencegahannya. Artikel keempat mengangkat problematika pembelajaran dengan metode sambil bermain di Raudhatul Athfal Darul Ulum Sorong. Terakhir, artikel kelima menyoroti peran guru kelas dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap penyandang disabilitas di SD Luar Biasa Inpres 73 Malaingkedi. Seluruh artikel memberikan kontribusi penting dalam mengatasi permasalahan psikologis, sosial, serta metode pengajaran yang efektif di lingkungan pendidikan dasar, khususnya di Papua Barat.
-
Vol. 5 No. 1 (2023)
Berikut deskripsi topik dan kajian dalam MISOOL: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 5 No. 1 (2023):
Edisi ini memuat lima artikel yang membahas berbagai isu penting dalam pendidikan dasar. Artikel pertama mengkaji strategi kepala Madrasah Ibtidaiyah di Sorong Timur dalam menarik minat calon peserta didik. Artikel kedua menyoroti upaya guru mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1 di MIN 6 Padang. Artikel ketiga membahas peran guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap penyandang disabilitas di SDLB Inpres 73 Malaingkedi, Sorong. Artikel keempat meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Matematika pada materi pengolahan data di MI Miftahul Ulum. Seluruh kajian ini fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran, penguatan karakter siswa, serta inovasi strategi pendidikan dasar, baik di lingkungan madrasah maupun sekolah dasar umum dan luar biasa.
-
Vol. 4 No. 2 (2022)
Edisi ini menghadirkan lima artikel yang membahas isu-isu penting dalam pendidikan dasar dan menengah. Artikel pertama mengkaji pengembangan nilai karakter melalui pendekatan Living Values Education di kelas tinggi MI Al-Ma’arif 1 Kabupaten Sorong. Artikel kedua menganalisis kesulitan siswa dalam memahami materi pengelolaan data di kelas VI SDN Kalideres 06 Pagi, menyoroti faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar. Artikel ketiga meneliti hubungan variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Matematika di SD Negeri 30 Banyuasin III, menunjukkan pentingnya keberagaman metode pengajaran. Artikel keempat membahas transformasi kepemimpinan kepala sekolah dalam pembinaan karakter di SMA Averos Kota Sorong, menyoroti peran kepemimpinan yang efektif. Terakhir, artikel kelima mengulas sistem pendidikan karakter di SD Alam Islami eLKISI dalam perspektif kitab Ta’lim Muta’allim, menawarkan pendekatan integratif antara pendidikan formal dan nilai-nilai keislaman. Seluruh artikel berkontribusi terhadap penguatan karakter, efektivitas pembelajaran, serta kepemimpinan pendidikan di berbagai jenjang.
-
Vol. 4 No. 1 (2022)
Edisi ini memuat enam artikel yang membahas tema-tema strategis dalam pendidikan dasar. Artikel pertama mengkaji penerapan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar, guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Artikel kedua membahas analisis kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan di Fakultas Tarbiyah IAIN Sorong, menyoroti aspek akademik dan administratif. Artikel ketiga meneliti pembinaan akhlakul karimah melalui kegiatan salat Duha di MI Darussalam, sebagai upaya penguatan karakter religius. Artikel keempat membahas penanaman nilai kearifan lokal melalui konsep Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, yang bertujuan membangun identitas budaya dan nasionalisme sejak dini. Artikel kelima mengulas orientasi pengelolaan kelas oleh guru dalam menciptakan lingkungan belajar kondusif. Terakhir, artikel keenam mengevaluasi strategi guru dalam meningkatkan motivasi membaca siswa kelas I di masa pandemi di SDI Al-Hakim Boyolangu. Seluruh kajian ini menawarkan kontribusi nyata terhadap penguatan karakter, keterampilan berpikir, pengelolaan kelas, serta adaptasi pembelajaran di era digital.