PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SD AL-IRSYAD KOTA SORONG
Keywords:
School Literacy Movement, Reading AbilityAbstract
This study aims to determine: 1) the implementation of the school literacy movement; 2) determine students' reading ability after the school literacy movement is held; 3) the influence of the school literacy movement on students' reading ability. This study uses a quantitative approach to the type of survey research. The population of all students in grade 3 SD Al Irsyad, Sorong City. The sampling technique used a saturated sample by making the entire population the research sample. The data was collected by providing analysis and tests through google forms, then analyzed using simple linear regression test statistics. The results showed that: 1) the implementation of the school literacy movement at SD Al-Irsyad Sorong City was in the high category (74%); 2) the reading ability of grade 3 students at SD Al-Irsyad, Sorong City is in the high category (71%); 3) the school literacy movement has a positive and significant effect on the reading ability of 3rd graders at Al-Irsyad Elementary School, Sorong City. In conclusion, the school literacy movement at SD AL-Irsyad can improve students' reading skills
References
Ansori, Muslich. 2009. Buku ajar metodologi penelitian kuantitatif. Surabaya: UNAIR (AUP).
Antasari, Indah Wijaya. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah tahap pembiasaan di MI muhammadiyah gandatapa sumbang banyumas (Jurnal Libria).9 (1).
Ardian, Ratmi. 2017. Gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Banyuasin (,Jurnal Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang)
Asjari Musjafak dan Rikrik Triwiaty. 2019. Program literasi sekolah untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa tunanetra SDLB Di SLB CIMAHI (Jurnal Jassi Anakku). 2 (1).
Chairunnisa. 2017. Pengaruh literasi membaca dengan pemahaman bacaan (Jurnal STKIP KUSUMA NEGARA JAKARTA) 6 (1).
Dafit, Febriana. 2017. Pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar (Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar) 1 (1).
Danim, Sudarwan. 2003. riset keperawatan sejarah & mitodologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Hamid, Ahmad. 2009. Evaluasi pembelajaran. Darussalam: Syiah Kuala University Press.
Hemanto. 2019. Budaya literasi; studi atas mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong. (Al-riwayah jurnal kependidikan).11
Ismail Santoso, Arif.2018. Pengaruh pola asuh orang tua dan sikap bahasa terhadap kemampuan membaca pemahaman.(Jurnal pendidikan Bahasa Indonesia) 6 (2).
Iwayantri, Erni. 2019. Penerapan gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan dampaknya terhadap upaya menumbuhkan nilai-nilai karakter di SMPN 2 BOJONGSOANG (Jurnal Bahasa dan Sastra). 2 (1).
Kambu, Yulita. 2019. Peningkatan kemampuan baca pada siswa kelas 2 SD Negeri 6 Klablim Kota Sorong melalui media kartu huruf. Jurnal Papeda (Publikasi Pendidikan Dasar).
Keristina Sinaga, Enny, dkk. 2019. Buku ajar statistika : teori dan aplikasinya pada pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Kurnia, Rita. 2017. Pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Laboraturium FKIP Universitas Riau. (EDUCHILD).6 (2).
Laily, Indah Faridah. 2014. Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. (Jurnal Eduma) 3 (1).
Linus Yhani Chrystomo, Efray Wanimbo dan Puguh Sujatra. 2020. Peningkatan kemampuan literasi pemuda elelim di distrik elelim kabupaten yalimo papua. (Jurnal Pengabdian Papua).
Malawi, Ibadullah, dkk. 2018. Pembaharuan pembelajaran di sekolah dasar. jawa timur: CV. Ae Media Grafika.
Mardhatillah dan Esi Trisdania. 2018. Pengembangan media pembelajaran berbasis marcomedia flash untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SD Kelas II Negeri Paya PeunaganKecamatan Meureubo. (Jurnal bina gogik).5 (1).
Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi penelitian. Jakarta: Kencana.
Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi penelitian : skipsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Pugh, Barrat, dkk. 2000. Literacy learning in the early years. Australia: Perpetua. Putu Ayu Sri Setiawati, Made Tegeh dan Putu Rahaju Ujianti. 2018. Pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Gugus VII. (Jurnal pendidikan anak usia dini).
Rahim, F. 2008. Pengajaran membaca di sekolah dasar.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riyani, Rizky, Dkk. 2017.Uji validitas pengembangan test untuk mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII SMP. (Jurnal penelitian pembelajaran matematika sekolah. 1 (1).
Siregar, Annisarti. 2016. Model pop up book keluarga untuk mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah dasar (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Kearsipan). 5 (1).
Soraya Dewi Sri Utama. 2015. Pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelas awal sekolah dasar.(Jurnal Program Studi PGMI).3 (1).
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, r&d. Bandung: Alfabeta.
Wandasari, Yulisa. 2017. Implementasi gerakan literasi sekolah, (GLS) sebagai pembentuk pendidian berkarakter (Jurnal manajemen, kepemimpinan, dan supervisi pendidikan) 1 (1).
Windrawati, Wiyani Solehun & Harun Gafur. 2020. Analisis faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD Inpres 141 Matalamangi Kota Sorong (Jurnal Papeda Publikasi Pendidikan Dasar).
Xavier do Rego, Izabel. 2017. Pengaruh kepemimpinan kepala sekola dan sarana prasarana terhadap kinerja guru. Tesis, Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Upaya pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sdit Salsabila 2 Klaseman Sinduharjo Ngaglik Sleman. Jurnal Al-Bidayah: 0085-0034
Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Fikr: 83-94
Upaya Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SD IT Salsabila Klaseman Sindhuharjo Ngaglik Sleman. Skripsi. Tarbiyah and Teaching, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta
Manajemen dan Kebijakan Madrasah melalui Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Citra Publik Pendidikan. Al-Fikr: 33-38
Pembelajaran Pesantren Berbasis Luar Jaringan (Luring) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal A-Fikr: 134-143
SIKAP MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN SORONG TERHADAP PROFESI KEGURUAN Misool: 1-8
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN GOLONGAN PENGGALANG SD/MI BERBASIS SAINS SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI DASADARMA. Tesis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta