Implikasi Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kemajuan Kognitif Siswa
Keywords:
Ilmu alam, Praktikum, KognitifAbstract
Tujuan penulisan artikel ini untuk menguraikan implikasi teoretis metode praktikum dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Praktikum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan metode yang sangat penting dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sains secara konkret. Dalam tinjauan kognitif, praktikum dapat membantu siswa memperoleh pengetahuan dengan cara yang lebih menyeluruh dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka. Praktikum juga dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan mengaplikasikan konsep-konsep sains dalam situasi dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan minat siswa terhadap sains dan membantu mereka dalam memahami bagaimana konsep-konsep sains dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, praktikum harus menjadi bagian penting dari pembelajaran IPA dan harus diintegrasikan dengan baik ke dalam kurikulum IPA di sekolah yang akan fokus dalam ketuntasan praktikum dalam memenuhi tuntutan kognitif meliputi manfaat praktikum dalam meningkatkan ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi dan daya cipta atau kreasi siswa.
References
Beck, A. T., & Dozois, D. J. A. (2011). Cognitive therapy: current status and future directions. In Annual review of medicine. researchgate.net. https://www.researchgate.net/profile/David-Dozois/post/What-are-some-great-success-stories-in-the-history-of-clinical-psychology-and-what-are-the-underlying-theories-that-deserve-credit/attachment/59d62b3179197b80779898e7/AS%3A342156846878720%401458587957
Darmayanti, N. W. S., Wijaya, I., & ... (2020). Kepraktisan panduan praktikum IPA sederhana sekolah dasar (SD) berorientasikan lingkungan sekitar. ORBITA: Jurnal Kajian …. http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/3365
Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Buku Praktikum IPA Materi Gaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemandirian Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/4899
Rabiudin; E, H, N. (2021). Development of USA method (understanding, sketching, analysing) as practical way to resolving classical mechanics problems for physics lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1), 12043.
Rabiudin. (2023). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/
Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). TELAAH KOGNITIF: PEMETAAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13.
Rahmawati, A. (2018). Kesulitan Guru IPA dalam Pelaksanaan Praktikum IPA di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. eprints.ums.ac.id. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/68534
Semino, E. (2006). Narrative Theory and the Cognitive Sciences (review). Language, 82(4), 918–921. https://doi.org/10.1353/lan.2006.0227
Susanti, D. K., & Hadi, N. (2022). Analisis Praktikum IPA Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi. https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/5049