Implementasi Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam dalam Penguatan Kualitas Psikomotorik Siswa

Authors

  • Dwi Yuliantika Universitas Haluoleo

Keywords:

Ilmu alam, Praktikum, Psikomotorik

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menguraikan pentingnya implementasi praktikum IPA dalam penguatan psikomotorik siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Hasil sintesis menemukan bahwa praktikum IPA bukan hanya tentang penguasaan konsep ilmiah tetapi juga tentang pengembangan keterampilan psikomotorik siswa. Dengan menyediakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, praktikum IPA memainkan peran krusial dalam memperkuat kualitas psikomotorik siswa, mempersiapkan mereka untuk tantangan praktis dan aplikasi dunia nyata di bidang ilmu pengetahuan.

References

Darmayanti, N. W. S., & Wijaya, I. (2020). Buku Panduan Praktikum IPA Terpadu Berpendekatan Saintifik dengan Berorientasi pada Lingkungan Sekitar:(Untuk SMP/MTs). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=I875DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=praktikum+ipa&ots=2wIB3gTEhv&sig=DY3Yjq6F336ey6jbX0afPgd0GFA

Dudung, A. (2018). Penilaian Psikomotor. K a R I M A, 1–220.

Fathurrahmaniah, F., Widia, W., & ... (2021). Pemanfaatan Iot (Internet Of Things) Untuk Praktikum IPA Pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid …. Jurnal Ilmiah …. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2483

Hannoum, R. T., & Muttaqiin, A. (2023). Analisis Peserta Didik Terhadap Video Demonstrasi Praktikum IPA SMP/MTs Berorientasi Berpikir Kritis pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Universe. http://universe.ppj.unp.ac.id/index.php/universe/article/view/228

Italian National Research Council, Conte, R., & Castelfranchi, C. (1995). Cognitive And Social Action. In Cognitive And Social Action. taylorfrancis.com. https://doi.org/10.4324/9780203783221

Kristiningtyas, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif Dan Psikomotorik Dalam Membuat Sketsa Dan Peta Wilayah Yang Menggambarkan Objek Geografi Melalui Metode Survei Lapangan. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1782

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.334

Mufidah, E. (2019). Pembelajaran Berbasis Praktikum IPA untuk Melatih Ketrampilan Komunikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa PGMI. In Karangan: Jurnal Bidang …. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2876729&val=25386&title=PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM IPA UNTUK MELATIH KETRAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH BAGI MAHASISWA PGMI

Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotorik Berbasis Peer Assessment Pada Kegiatan Praktikum IPA. Jurnal Tunas Bangsa. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/1127

Rabiudin. (2023). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/

Rabiudin, & Nurafifi, E. H. (2021). Development of USA method (understanding, sketching, analysing) as practical way to resolving classical mechanics problems for physics lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1), 0–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012043

Rabiudin, R., Oki, S. A., Erwinestri, H. N. A., & Arini, R. (2023). Pelatihan Pembelajaran Literasi Sains Menggunakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Sebagai Penyesuaian Terhadap Instrumen Assesmen Kompetensi Madrasah. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 88–102.

Suhirman, S. (2020). Penyelenggaraan Praktikum Pola Blok 1 X 10 dan 10 X 1 sebagai Acuan Kebijakan Praktikum Laboratorium IPA. … Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika. https://journal-center.litpam.com/index.php/e-Saintika/article/view/251

Winata, Anggun dan Cacik sri, I. S. R. W. (2016). Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016. Education and Human Development Journal, Vol. 01. No. 01, September 2016, 01(01).

Yosef Firman Narut, & Kanisius Supardi. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ipa Di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(Vol. 3 No. 1 (2019): JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar)). http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Dwi Yuliantika. (2022). Implementasi Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam dalam Penguatan Kualitas Psikomotorik Siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 12–22. Retrieved from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser/article/view/1233