Strategi Implementasi Praktikum Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah

Authors

  • Yolanda Amakraw Pendidikan Biologi, Institut Agama Islam Negeri Ambon
  • Niermadani Kartika

Keywords:

Implementasi, , Pembelajaran IPA, Praktikum

Abstract

Artikel ini bermaksud menguraikan Strategi  Implementasi Praktikum Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, dimulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Materi IPA yang diajarkan pada tingkat SD dan SMP memiliki perbedaan dalam hal konsep dan tingkat kesulitan. Materi IPA pada tingkat SD memiliki karakteristik yang bersifat konseptual dan kurang mendalam. Materi IPA pada tingkat SD disajikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa dan diperkuat dengan kegiatan-kegiatan praktis dan pengamatan langsung di alam. Sedangkan Materi IPA pada tingkat SMP memiliki karakteristik yang lebih mendalam dan kompleks dibandingkan dengan materi IPA pada tingkat SD. Materi IPA pada tingkat SMP terdiri dari tiga bidang studi yaitu Fisika, Kimia, dan Biologi. Setiap bidang studi memiliki konsep dan teori yang lebih kompleks dan mendalam. Materi IPA pada tingkat SMP disajikan dengan menggunakan bahasa yang lebih teknis dan abstrak dibandingkan dengan materi IPA pada tingkat SD. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat dan keterampilan guru yang baik dalam mengajar agar siswa dapat memahami materi IPA

References

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. In Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya (Vol. 1, Issue 1, pp. 722–731). conference.unsri.ac.id. http://conference.unsri.ac.id/Index.Php/Semnasipa/Article/View/738

astuti Y.K. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. In Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 3, Issue 2).

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society ) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 270–277. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kpsda/article/view/5386

kumala, nur farida. (2016). Pembelajaran Ipa Sd (1) (pp. 1–4). staff.universitaspahlawan.ac.id. https://staff.universitaspahlawan.ac.id/web/upload/materials/4884-materials.pdf

Lukum, A. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa Smp Menggunakan Model Countenance Stake. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 25–37. https://doi.org/10.21831/pep.v19i1.4552

Mayhew, A. (2016). Physical activity predicting college students’ executive functioning dimensions. In ProQuest Dissertations and Theses. search.proquest.com. https://manchester.idm.oclc.org/login?url=https://search.proquest.com/docview/1754423581?accountid=12253%0Ahttp://man-fe.hosted.exlibrisgroup.com/openurl/44MAN/44MAN_services_page?genre=dissertations+%26+theses&atitle=&author=Mayhew%2C+Ashley&volume=&issu

Rabiudin. (2023). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/926

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394

Setyawan, B., Rufii, Nf., & Fatirul, A. N. (2019). Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Amakraw, Y., & Niermadani Kartika. (2022). Strategi Implementasi Praktikum Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Sekolah Dasar dan Menengah. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 34–41. Retrieved from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser/article/view/1236