Kajian Teoretik Penerapan Project Based Learning dalam Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam
Keywords:
Project Based Learning, Praktikum IPA, Pembelajaran IPAAbstract
Artikel ini bermaksud menguraikan telaah efektifitas implementasi project based learning (PBL) dalam praktikum ilmu pengetahuan alam (IPA) pada sekolah dasar dan menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Hasil penelitian ini menunjukan penggunaan Project Based Learning (PBL) dalam Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman dan keterampilan siswa. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa siswa yang mengikuti metode PBL cenderung menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses belajar, dibandingkan dengan metode konvensional. Mereka lebih aktif dalam eksplorasi konsep, merumuskan pertanyaan, dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Selain itu, PBL mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam kelompok, memperkuat keterampilan sosial dan komunikasi mereka. Data juga menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam PBL memiliki pemahaman konseptual yang lebih mendalam, karena mereka diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks tugas atau proyek nyata. Temuan lainnya mengungkap bahwa PBL memfasilitasi pengembangan keterampilan kritis, seperti analisis, sintesis, dan evaluasi, yang esensial dalam pemahaman ilmiah. Secara keseluruhan, hasil penelitian menegaskan bahwa penerapan PBL dalam Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam efektif dalam mempromosikan pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang mendorong keterlibatan aktif, pemahaman mendalam, dan pengembangan keterampilan kritis yang esensial bagi perkembangan akademik dan profesional siswa.baik.
References
Alpindo, O., Mahrizal, & Amir, H. (2014). Pengaruh Pemberian Pertanyaan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 2 PADANG. Pillar of Physics Education, 3(April), 113–120. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/1919
Chiazzese, G., Arrigo, M., Chifari, A., Lonati, V., & Tosto, C. (2019). Educational robotics in primary school: Measuring the development of computational thinking skills with the bebras tasks. Informatics, 6(4). https://doi.org/10.3390/informatics6040043
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231–248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549
Fink, G., & Rockers, P. C. (2014). Childhood growth, schooling, and cognitive development: Further evidence from the Young Lives study. American Journal of Clinical Nutrition, 100(1), 182–188. https://doi.org/10.3945/ajcn.113.080960
Harun, U. B. (2020). Project-Based Learning Integrated To Stem (Stem-Pjbl) To Enhance Arabic Learning Hots-Based. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 139–150. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i1.230
Mantzicopoulos, P., Patrick, H., & Samarapungavan, A. (2013). Science Literacy in School and Home Contexts: Kindergarteners’ Science Achievement and Motivation. Cognition and Instruction, 31(1), 62–119. https://doi.org/10.1080/07370008.2012.742087
Poldrack, R. A., Kittur, A., Kalar, D., Miller, E., Seppa, C., Gil, Y., Stott Parker, D., Sabb, F. W., & Bilder, R. M. (2011). The cognitive atlas: Toward a knowledge foundation for cognitive neuroscience. In Frontiers in Neuroinformatics (Vol. 5). frontiersin.org. https://doi.org/10.3389/fninf.2011.00017
Puspitasari, N. A., & Hidayatullah, S. (2020). Peningkatan Wawasan Penerapan Model Pembelajaran Berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skill) Bagi Guru MTs dan MA. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 128. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6131
Rabiudin. (2023). Belajar Bermakna Melalui Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam (p. 287). Jivaloka Mahacipta. https://eprints.iainsorong.ac.id/11/
Rabiudin, & Nurafifi, E. H. (2021). Development of USA method (understanding, sketching, analysing) as practical way to resolving classical mechanics problems for physics lesson. Journal of Physics: Conference Series, 1957(1), 0–11. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1957/1/012043
Rabiudin, R., Rusdin, R., & Maimuna, W. (2022). TELAAH KOGNITIF: PEMETAAN KEMAMPUAN MENGINGAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DAN MATEMATIKA. Jambura Physics Journal, 4(1), 1–13.
Yunarti, S., & Harmaningsih, D. (2022). Proyeksi Masyarakat 5 . 0 Melalui Model Pembelajaran Berlandaskan HOTS Di Perguruan Tinggi. In IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora (Vol. 6, Issue 1, pp. 94–101). journals.upi-yai.ac.id. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1489/1490