Urgensi Kegiatan Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar dan Menengah
Keywords:
Ilmu alam, Praktikum, Sekolah MenengahAbstract
Artikel ini bermaksun menguraikan telaah epistemologi penggunaan metode praktikum dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada sekolah dasar dan menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Hasil sintesis menemukan bahwa praktikum dalam pembelajaran IPA merupakan salah satu metode yang paling efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sains secara konkret. Praktikum IPA melibatkan siswa dalam melakukan eksperimen atau kegiatan-kegiatan praktis di laboratorium atau di lapangan, yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep-konsep sains melalui pengalaman langsung dan observasi. Diantaranya mengembangkan keterampilan praktis, meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, memfasilitasi pemahaman konsep, dan memperkuat hubungan teori dan praktik. Oleh karena itu, praktikum harus menjadi bagian penting dari pembelajaran IPA dan harus diintegrasikan dengan baik ke dalam kurikulum IPA di sekolah. Selain itu, kegiatan praktikum ini dilandasi oleh argumentasi teooretis secara psikologis dan kognitis serta landasan filosofis mencakup unsur unsur penting dalam percepatan akuisisi pengetahuan ilmiah. Sehingga pada akhirnya, praktikum akan dijadikan sebagai role model pembelajaran IPA masa modern yang menguatkan keteramplan praktik siswa
References
Bahtiar, B., & Dukomalamo, N. (2019). Basic science process skills of biology laboratory practice: improving through discovery learning. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/10397
Forman, E. A. (2018). The practice turn in learning theory and science education. Constructivist Education in an Age of Accountability. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66050-9_5
Goodnough, K. (2010). Teacher learning and collaborative action research: Generating a “knowledge-of-practice” in the context of science education. Journal of Science Teacher Education. https://doi.org/10.1007/s10972-010-9215-y
Huang, Y. S., & Asghar, A. (2016). Science education reform in confucian learning cultures: policymakers’ perspectives on policy and practice in Taiwan. Asia-Pacific Science Education. https://brill.com/view/journals/apse/2/1/article-p1_3.xml
Ingles, D. M. (2023). Examining reflective practice in Science with Practice portfolios: An experiential learning program at Iowa State University.
Michael, K., Alemu, M., Desie, Y., Atnafu, M., Assefa, S., Regassa, C., Wodaj, H., & Abate, A. (2023). Understanding and practice of active learning among upper primary school science and mathematics teachers. In Heliyon (Vol. 9, Issue 6). cell.com. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16854
Nielsen, W., Jones, P., Georgiou, H., & ... (2019). Learning science through generating multimodal digital explanations: Contributions to multimodality in educational practice. … Thoughts and the …. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=yz3EDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA247&dq=science+learning+practice&ots=rQ_CHwZVMj&sig=GRpRyUHVJ4WYn-62gIs4y6IuasM
Patterson, E. W. (2011). Initial teacher development in science: The impact of constructivist-informed practice on learning. Teacher Development, 15(1), 69–86. https://doi.org/10.1080/13664530.2011.555225
Pretorius, E., Beer, J. De, & ... (2014). Professional development of science teachers: the A-team hybrid ecology of learning practice. In Proceedings of the ISTE …. repository.nwu.ac.za. https://repository.nwu.ac.za/bitstream/handle/10394/16116/OA-Ferreira-iste_past-conf-proceedings_2014.pdf?sequence=1%23page=390#page=553
Rabiudin, R., Ituga, A. S., & Rahmadana, A. (2022). Analisis Kausalitas Kemampuan Kognitif Siswa Papua dalam Belajar Sains. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 138–147.
Shah, A. M. (2011). Practicing the practice: Learning to guide elementary science discussions in a practice-oriented science methods course. search.proquest.com. https://search.proquest.com/openview/5a9562ad41c3c9910c2c2c2b93edc05e/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750
White, J. (2017). Practice-based learning as a tool for developing cultural competence in dietetics education and nutrition science: Connections with library and information science. Library Trends, 66(1), 52–65. https://doi.org/10.1353/lib.2017.0028