Urgensi Kegiatan Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar dan Menengah

Authors

  • Amirah Nuai Universitas Negeri Manado
  • Silvi Nurkamiden Universitas Negeri Manado

Keywords:

Ilmu alam, Praktikum, Sekolah Menengah

Abstract

Artikel ini bermaksun menguraikan telaah epistemologi penggunaan metode praktikum dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada sekolah dasar dan menengah. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan pendekatan sistematic literatur Review. Hasil sintesis menemukan bahwa praktikum dalam pembelajaran IPA merupakan salah satu metode yang paling efektif dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sains secara konkret. Praktikum IPA melibatkan siswa dalam melakukan eksperimen atau kegiatan-kegiatan praktis di laboratorium atau di lapangan, yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep-konsep sains melalui pengalaman langsung dan observasi. Diantaranya mengembangkan keterampilan praktis, meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa, memfasilitasi pemahaman konsep, dan memperkuat hubungan teori dan praktik. Oleh karena itu, praktikum harus menjadi bagian penting dari pembelajaran IPA dan harus diintegrasikan dengan baik ke dalam kurikulum IPA di sekolah. Selain itu, kegiatan praktikum ini dilandasi oleh argumentasi teooretis secara psikologis dan kognitis serta landasan filosofis mencakup unsur unsur penting dalam percepatan akuisisi pengetahuan ilmiah. Sehingga pada akhirnya, praktikum akan dijadikan sebagai role model pembelajaran IPA masa modern yang menguatkan keteramplan praktik siswa

References

Bahtiar, B., & Dukomalamo, N. (2019). Basic science process skills of biology laboratory practice: improving through discovery learning. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/view/10397

Forman, E. A. (2018). The practice turn in learning theory and science education. Constructivist Education in an Age of Accountability. https://doi.org/10.1007/978-3-319-66050-9_5

Goodnough, K. (2010). Teacher learning and collaborative action research: Generating a “knowledge-of-practice” in the context of science education. Journal of Science Teacher Education. https://doi.org/10.1007/s10972-010-9215-y

Huang, Y. S., & Asghar, A. (2016). Science education reform in confucian learning cultures: policymakers’ perspectives on policy and practice in Taiwan. Asia-Pacific Science Education. https://brill.com/view/journals/apse/2/1/article-p1_3.xml

Ingles, D. M. (2023). Examining reflective practice in Science with Practice portfolios: An experiential learning program at Iowa State University.

Michael, K., Alemu, M., Desie, Y., Atnafu, M., Assefa, S., Regassa, C., Wodaj, H., & Abate, A. (2023). Understanding and practice of active learning among upper primary school science and mathematics teachers. In Heliyon (Vol. 9, Issue 6). cell.com. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16854

Nielsen, W., Jones, P., Georgiou, H., & ... (2019). Learning science through generating multimodal digital explanations: Contributions to multimodality in educational practice. … Thoughts and the …. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=yz3EDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA247&dq=science+learning+practice&ots=rQ_CHwZVMj&sig=GRpRyUHVJ4WYn-62gIs4y6IuasM

Patterson, E. W. (2011). Initial teacher development in science: The impact of constructivist-informed practice on learning. Teacher Development, 15(1), 69–86. https://doi.org/10.1080/13664530.2011.555225

Pretorius, E., Beer, J. De, & ... (2014). Professional development of science teachers: the A-team hybrid ecology of learning practice. In Proceedings of the ISTE …. repository.nwu.ac.za. https://repository.nwu.ac.za/bitstream/handle/10394/16116/OA-Ferreira-iste_past-conf-proceedings_2014.pdf?sequence=1%23page=390#page=553

Rabiudin, R., Ituga, A. S., & Rahmadana, A. (2022). Analisis Kausalitas Kemampuan Kognitif Siswa Papua dalam Belajar Sains. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 138–147.

Shah, A. M. (2011). Practicing the practice: Learning to guide elementary science discussions in a practice-oriented science methods course. search.proquest.com. https://search.proquest.com/openview/5a9562ad41c3c9910c2c2c2b93edc05e/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750

White, J. (2017). Practice-based learning as a tool for developing cultural competence in dietetics education and nutrition science: Connections with library and information science. Library Trends, 66(1), 52–65. https://doi.org/10.1353/lib.2017.0028

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Amirah Nuai, & Nurkamiden, S. (2022). Urgensi Kegiatan Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar dan Menengah. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 48–63. Retrieved from https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser/article/view/1240